RAHASIA ULANGAN jadi MENYENANGKAN
Penulis: Naimulloh. ST
Smk Darut taqwa Purwosari Pasuruan
Abstrak Tujuh dari sepuluh siswa di kelas mayoritas tidak lebih cenderung jika program pembelajaran yang mereka dapat selama di sekolah menyukai pembelajaran yang berbasis " we " bukan me to me, karna jaman sekarang perkembangan siswa dalam hal pengetahuan guru tertinggal, faktor utamanya adalah DIGITAL. pembelajaran yang berpihak ke siswa cukup berpengaruh penting bagi kenyamanan proses belajar, oleh karena itu guru harus mengikuti jamannya, karna hadish berbicara: " ajarkanlah ilmu sesuai dengan jamannya ". oleh karna itu guru menjadi penyeimbang agar supaya tidak tertinggal. Di artikel kali ini saya akan mengajak bagaimana cara untuk mengikuti pembelajaran yang berbasih " we " oleh karena itu sebelum guru melakukan eberapa program tersebut, guru harus lebih aktif di media sosial untuk menjaring beberapa informasi terkait pengembangan metode pembelajaran, dengan melakukan aksi nyata melalui ilmu yang di dapat dari webbinar, pelatihan maupun diklat guru, di tahun ini pemerintah sudah membuka peluang bagi guru indonesia untuk dapat beberapa informasi pelatihan melalui KURIKULUM MERDEKA BELAJAR . Dari kurikulum merdeka belajar itulah guru bisa mengakses banyak sekali pelatihan yang dilakukan rekan sejawat maupun di adakan oleh pemerintah langsung, seperti pelatihan Kuis, pelatuhan orbit guru merdeka dan masih banyak lagi lainnya. Selain guru mendapatkan Ilmu pengetahuan bertambah, guru juga bisa berkesempatan untuk meraih hadiah atau sejenisnya termasuk fasilitas Sertifika t guru. Adanya hadiah dan sertifikat yang diberikan, pemerintah berharap pada guru indonesia lebih semangat lagi dalam menyongsong pendidikan di di indonesia termasuk juga di kurikulum merdeka belajar ini. Kali ini saya akan mengajak para guru untuk melakukan aksi nyata berupa metode kuis yang menyenangkan. Bukti dokumentasi pelatihan metode kuis Quizizz
Kecemasan siswa terhadap ulangan Bagi siswa, nilai hasil ulangan harian dapat digunakan untuk mengetahui kemajuan belajarnya, menjadi pendorong agar lebih giat belajar, dan untuk mengetahui apakah cara belajar yang sudah dilakukannya tepat atau belum, namun sangat banyak pula siswa yang merasa terbebani dan menjadi pemicu masalah termasuk masalah waktu dan jatuh tempo tugas dan materi sebelum ulangan, ada beberapa tips bagi guru menjadikan pola pikir siswa dan mengurangi kecemasan siswa dalam melaksanakan ulangan dan menerima hasil ulangan. yaitu metode ulangan yang harus dirubah dengan salah satunya guru merubah metode yang selama ini dipakai menjadi proses kegiatan ulangan harian mapun bulanan menjadi metode ulangan yang menyenangkan, yakni metode Quizizz
Apa itu kuis Quizizz ? metode dan pembelajaran interaktif antara siswa dan guru sehingga keterlibatan keduanya lah yang menjadi pembeda dalam penerapan ulangan kali ini,Kuis interaktif yang dibuat memiliki hingga 5 pilihan jawaban termasuk jawaban yang benar dan dapat ditambahkan gambar ke latar belakang pertanyaan.Quizizz merupakan aplikasi pendidikan dalam bentuk permainan kuis interaktif. Permainan ini merupakan salah satu media dalam e-learning berbasis online. Dapat dilakukan dalam permainan tim dan individu sehingga peserta didik akan lebih aktif dan dapat berkolaborasi dengan timnya untuk mengalahkan tim lainnya.
Dokumentasi penerapan metode Quizizz.
Latar belakang pembuatan artikel usia saya sekarang 29 tahun, awal saya mengajar usia saya 25 tahun, tergolong masih muda dan masih ingat akan menjadi siswa latar belakang itulah yang mendorong saya yang berkesempatan menyalurkan ide dan gagasan keilmuan dijaman sekarang saya tuangkan dalam aktif mengikuti pelatihan supaya saya merubah pola pikir siswa yang saya ingat adalah : sekolah adalah beban hiduonya. merubah dari cara saya mengajar dengan menerapkan susana yang menyenangkan termasuk metode Quizizz inilah yang sekarang saya lakukan dalam menyongsong pendidikan di indonesia belajar lebih menyenangkan itulah harapan saya selama ini, terima kasih @guru inovaatif berkat ajang lomba kali ini saya secara pribadi mendapatkan tombak dalam percaya diri saya untuk meneruskan cita-cita saya dalam pendidikan belajar.
Kesimpulan Jadi guru itu mudah yang sulit bertahan didalam kondisi kelas dan lingkungannya, profesi guru mungkin semua orang bisa menyandangnya namun menjadi guru inovatif jarang diperoleh guru, karna banyak rintangan didalamnya sebuah wacana saya sebagai guru saat ini, guru tidak boleh lebih pintar akan pengetahuannya didalam ilmu digital boleh lebih pintar namun guru harus lebih cepat menerima digital. salam guru swasta saya dari smks darut taqwa yakin bisa menuai buah dimasa yang akan datang.
Penyunting: Putra