Quizizz Sebagai Media Penunjang Pembelajaran Pasca Pandemi - Guruinovatif.id: Platform Online Learning Bersertifikat untuk Guru

Diterbitkan 31 Mei 2023

Quizizz Sebagai Media Penunjang Pembelajaran Pasca Pandemi

Quizizz Sebagai Media Penunjang Pembelajaran Pasca Pandemi

Dunia Pendidikan

ASMAR A.M.D

Kunjungi Profile
1978x
Bagikan
Canva. com

Pendidikan pasca pandemi menghadapi tantangan baru yang memerlukan adaptasi dan transformasi dalam metode pembelajaran. Pembelajaran jarak jauh atau pembelajaran hybrid telah menjadi norma baru, dan teknologi memainkan peran kunci dalam memfasilitasi proses ini. Guru-guru harus melihat teknologi sebagai alat yang dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran dan memperluas aksesibilitas bagi siswa.

Atas dasar itulah, saya akan memperkenalkan aplikasi penunjang pembelajaran yang dapat membantu mempercepat dan meningkatkan mutu pembelajaran. Aplikasi yang dimaksud adalah Quizizz. Namun sebelum membahas lebih lanjut, saya ingin menegaskan bahwa ini bukan konten promosi. Ini saya lakukan untuk membantu pelatihan Guru demi menciptakan sertifikasi Guru yang baik di bidang IT (Informasi dan Teknologi). Jika kualitas guru baik, maka kualitas murid juga akan baik.

Oke, sekarang saya akan menjelaskan pengertian dan bagaimana cara menggunakan Quizizz serta keuntungan aplikasi ini. Tolong disimak baik-baik.

Apa itu Quizizz?

Quizizz adalah sebuah platform pembelajaran interaktif yang memungkinkan guru untuk membuat kuis online dan siswa untuk berpartisipasi dalam kuis tersebut. Platform ini dirancang untuk membuat pembelajaran lebih menyenangkan dan interaktif dengan cara yang memungkinkan siswa untuk belajar dengan cara yang lebih santai dan menyenangkan. Dalam Quizizz, guru dapat membuat kuis dengan berbagai macam pertanyaan seperti pilihan ganda, jawaban singkat, dan pertanyaan benar atau salah. Siswa dapat berpartisipasi dalam kuis tersebut dengan menggunakan perangkat mereka sendiri, seperti laptop atau smartphone, dan dapat melihat hasil mereka secara langsung setelah selesai menjawab semua pertanyaan. Quizizz juga menyediakan fitur untuk melacak kemajuan siswa dan memberikan umpan balik yang berguna untuk membantu siswa memperbaiki pemahaman mereka tentang materi yang dipelajari.

Alasan Penggunaan Quizizz?

Quizizz dianggap relevan sebagai upaya mengurangi penggunaan kertas karena kebanyakan siswa di zaman sekarang lebih banyak menghabiskan waktu dengan gadget daripada meluangkan waktu untuk menulis. Akibatnya, banyak halaman buku yang tidak terpakai dan ketika siswa naik kelas, biasanya mereka akan membeli buku baru sebagai bentuk apresiasi dari orangtua atas usaha keras mereka. Hal ini membuat buku lama tergantikan dan biasanya terbuang sebagai sampah. Oleh karena itu, Quizizz diharapkan mampu mengatasi permasalahan tersebut dengan menghadirkan kegiatan pembelajaran baru yang relevan dengan kebiasaan siswa di masa sekarang. Dibandingkan menghabiskan waktu untuk bermain game, lebih baik gadget dimanfaatkan untuk mendukung kegiatan pembelajaran.

Cara Menggunakan Quizizz

Quizizz Sebagai Media Penunjang Pembelajaran Pasca Pandemi
Smartmockups. com

A. Langkah pertama adalah mendownload dan mendaftar sebagai pengguna Quizizz. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka Aplikasi Quizziz di Playstore;
  2. Klik tombol "Sign Up" di sudut kanan atas halaman;
  3. Pilih opsi "Sign up with email" atau "Sign up with Google".
  4. Jika Anda memilih opsi "Sign up with email", masukkan alamat email Anda dan buat kata sandi yang kuat.
  5. Jika Anda memilih opsi "Sign up with Google", pilih akun Google yang ingin Anda gunakan untuk masuk ke Quizizz.
  6. Setelah mengisi formulir pendaftaran, klik tombol "Sign Up".
  7. Akun Quizizz Anda sekarang sudah dibuat dan siap digunakan. Anda juga dapat mendaftar dengan menggunakan akun Facebook atau Microsoft jika ingin. 

B. Selanjutnya adalah membuat kelas di Quizizz:

  1. Masuk ke akun Quizizz Anda;
  2. Klik tombol "Buat K Baru" di halaman utama;
  3. Pilih opsi "Kelas" di bagian atas halaman;
  4. Klik tombol “Buat Kelas Baru”;
  5. Beri nama kelas Anda dan pilih tingkat pendidikan yang sesuai;
  6. Setelah itu, Anda dapat memilih untuk mengundang siswa keelas Anda dengan membagikan kode kelas atau mengundang mereka melalui email;
  7. Jika Anda ingin menambahkan pertanyaan kuis ke kelas Anda, Anda dapat melakukannya dengan mengklik tombol "Tambah Pertanyaan" di bagian bawah halaman;
  8. Setelah selesai membuat kelas dan menambahkan pertanyaan kuis klik tombol "Simpan" untuk menyimpan kelas Anda.

C. Setelah kelas Anda siap, bagikan kode kelas atau tautan undangan ke siswa agar mereka dapat bergabung di Quizizz. Setelah siswa bergabung, kemudian, berikan materi pembelajaran sebelum memberikan tugas kuis atau materi lainnya.

Langkah-langkah membuat materi di Quizizz sebagai berikut:

  1. Masuk ke akun Quizizz Anda dan klik tombol “Buat K Baru”;
  2. Pilih opsi "Slide" di bagian atas halaman;
  3. Pilih tata letak slide yang Anda inginkan dan tambahkan teks, gambar, atau video ke dalam slide tersebut;
  4. Anda juga dapat menambahkan pertanyaan kuis di antara slide presentasi Anda untuk membuat presentasi lebih interaktif;
  5. Setelah selesai membuat slide presentasi, klik tombol "Simpan" untuk menyimpan presentasi Anda.

D. Saat presentasi Anda disimpan, Anda dapat membagikannya dengan siswa Anda melalui tautan yang disediakan oleh Quizizz. Namun, perlu diingat bahwa Quizizz lebih fokus pada kuis dan game. Untuk membuat kuis, Anda bisa mengikuti langkah berikut:

  1. Masuk ke akun Quizizz Anda;
  2. Klik tombol "Buat K Baru" di halaman utama;
  3. Pilih opsi "K" di bagian atas halaman;
  4. Beri nama kuis Anda dan pilih tingkat pendidikan yang sesuai;
  5. Klik tombol "Tambah Pertanyaan" untuk menambahkan pertanyaan kuis;
  6. Pilih jenis pertanyaan yang ingin Anda tambahkan, seperti pilihan ganda, jawaban singkat, atau urutan;
  7. Tulis pertanyaan dan pilihan jawaban yang sesuai;
  8. Jika Anda ingin menambahkan gambar atau video ke pertanyaan, Anda dapat melakukannya dengan mengklik tombol "Tambah Gambar" atau “Tambah Video”;
  9. Setelah menambahkan pertanyaan, klik tombol "Simpan" untuk menyimpan kuis Anda;
  10. Anda dapat menambahkan lebih banyak pertanyaan atau mengedit pertanyaan yang sudah ada dengan mengklik tombol "Edit" di sebelah pertanyaan tersebut;
  11. Setelah selesai membuat kuis, klik tombol "Simpan" untuk menyimpan kuis Anda.

Sekarang kuis Anda sudah siap dan Anda dapat membagikan kode kuis atau tautan undangan ke siswa Anda agar mereka dapat mengikuti kuis di Quizizz. Setelah siswa selesai menjawab kuis, Anda dapat melihat hasilnya dan memberikan umpan balik atau nilai kepada mereka.

Keuntungan Menggunakan Quizizz

Quizizz Sebagai Media Penunjang Pembelajaran Pasca Pandemi
Canva. com

1. Kegiatan Pembelajan Mempercepat Proses Pembelajaran

Quizizz memberikan pengalaman pembelajaran yang interaktif dengan pertanyaan-pertanyaan yang dapat dijawab secara langsung oleh siswa. Ini membantu siswa mempercepat proses belajar karena mereka dapat segera melihat hasil dan umpan balik dari jawaban mereka.

2. Pembelajaran Menjadi Lebih Efektif

Guru dapat mengatur kuis di Quizizz dengan menyesuaikan waktu yang diberikan untuk menjawab, memberikan petunjuk, atau mengatur tingkat kesulitan. Ini memungkinkan guru untuk merancang kuis yang sesuai dengan kebutuhan siswa, sehingga meningkatkan efektivitas pembelajaran.

3. Pembelajaran Tidak Membosankan

Quizizz menawarkan tampilan yang cerah dan menarik dengan animasi yang menyenangkan. Ini membantu menciptakan lingkungan pembelajaran yang tidak membosankan dan menjaga motivasi siswa tetap tinggi.

4. Memudahkan Guru Dalam Pelatihan In House Training

Dalam pelatihan In House Training, Quizizz juga bisa menjadi teman yang membantu guru dalam membuat pembelajaran menjadi lebih personal dan sesuai dengan kebutuhan peserta. Dengan Quizizz, guru dapat membuat kuis yang disesuaikan dengan tingkat pemahaman dan kebutuhan peserta. Ini memastikan bahwa materi yang disampaikan benar-benar relevan dan tepat sasaran. Dengan kemampuan untuk menyesuaikan kuis, pelatihan bisa disesuaikan dengan kecepatan belajar dan gaya belajar masing-masing peserta. Hal ini akan meningkatkan efektivitas pembelajaran dan membuat pengalaman pelatihan menjadi lebih baik secara keseluruhan.

Kesimpulan

Dengan adanya Quizizz, aktivitas pembelajaran menjadi lebih lancar dan efisien. Motivasi siswa juga meningkat drastis karena tampilan aplikasi yang menarik, interaktif, dan dilengkapi dengan animasi yang menyenangkan. Hal ini membantu menciptakan lingkungan pembelajaran yang tidak membosankan dan menjaga minat serta keterlibatan siswa selama sesi pembelajaran.

Selain itu, Quizizz juga menawarkan fleksibilitas dalam membuat kuis online yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan tingkat kesulitan materi pembelajaran. Guru dapat dengan mudah mengatur kuis dengan menentukan jumlah pertanyaan, waktu yang diberikan untuk menjawab, serta memberikan petunjuk atau panduan tambahan. Dengan demikian, guru memiliki kontrol penuh dalam mendesain pengalaman pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan siswa.


Penyunting: Putra

6

0

Komentar (6)

BITET

Jun 01, 2023

Yakin guru Indonesia maju

JURGAM

Jun 01, 2023

Ini enak sih ulangan gak membosankan

HERAN

Jun 01, 2023

Efektif untuk ulangan

Lihat Komentar Lainnya

Buat Akun Gratis di Guru Inovatif
Ayo buat akun Guru Inovatif secara gratis, ikuti pelatihan dan event secara gratis dan dapatkan sertifikat ber JP yang akan membantu Anda untuk kenaikan pangkat di tempat kerja.
Daftar Akun Gratis

Artikel Terkait

Manfaat Penguatan Literasi Digital Melalui Platform Digital Bagi Peserta Didik dan Guru
Pentingnya Literasi Digital dalam Pendidikan

BUSTANOL ARIFIN

Aug 19, 2023
3 min
Dongkrak Kemampuan Literasi Digital Siswa dengan Aplikasi Storyjumper

HENI DWI UTAMI

Sep 06, 2023
3 min
Eksplor Sidig Pustaka, Lejitkan P5

RR. ALISA

Sep 10, 2023
49 sec
Pemanfaatan chromebook dalam kegiatan literasi

Titi Suryansah

Sep 10, 2023
53 sec
Penguatan Literasi Digital bagi Siswa dan Guru Melalui Platform Digital: Peluang dan Tantangan

Bahri Ilmiawan

Aug 15, 2023
5 min

Guru Inovatif

Jam operasional Customer Service

06.00 - 18.00 WIB