Pentingnya Mengetahui Tentang Tunaganda! - Guruinovatif.id: Platform Online Learning Bersertifikat untuk Guru

Diterbitkan 15 Mei 2024

Pentingnya Mengetahui Tentang Tunaganda!

Tunaganda adalah istilah yang mungkin belum familiar bagi sebagian orang, namun memiliki dampak serius dan penting untuk dipahami.

Dunia Pendidikan

Redaksi Guru Inovatif

Kunjungi Profile
58x
Bagikan

Tunaganda adalah istilah yang mungkin belum familiar bagi sebagian orang, namun memiliki dampak serius dan penting untuk dipahami. Artikel ini akan membahas secara mendalam tentang konsep tunaganda, menggali maknanya, dan menguraikan pentingnya pemahaman akan fenomena ini. Mari simak bersama-sama, terutama bagi Bapak dan Ibu guru!

Apa itu Tunaganda?

Tunaganda adalah istilah yang mengacu pada individu yang memiliki dua kondisi yang sering kali dianggap sebagai hambatan atau keterbatasan, seperti tunanetra dan tunarungu secara bersamaan. Dalam konteks ini, "tuna" berarti individu yang mengalami keterbatasan atau cacat dalam suatu aspek tertentu. Seorang tunaganda, oleh karena itu, memiliki gangguan penglihatan dan pendengaran secara simultan. Kondisi ini mempengaruhi cara mereka berinteraksi dengan lingkungan sekitar dan memerlukan pendekatan khusus dalam pendidikan, perawatan kesehatan, dan integrasi sosial.

Karakteristik Tunaganda

Karakteristik tunaganda meliputi adanya kombinasi dua kondisi keterbatasan yang signifikan, yaitu tunanetra dan tunarungu. Secara spesifik, karakteristik ini mencakup:

1. Gangguan penglihatan dan pendengaran:

Tunaganda mengalami gangguan penglihatan dan pendengaran secara bersamaan. Gangguan penglihatannya dapat bervariasi, mulai dari kehilangan penglihatan sebagian hingga kebutaan total. Sementara itu, gangguan pendengarannya dapat mencakup berbagai tingkat kehilangan pendengaran, dari gangguan pendengaran ringan hingga tuli total.

2. Keterbatasan komunikasi

Keterbatasan dalam kemampuan komunikasi merupakan ciri khas tunaganda karena mereka menghadapi kesulitan dalam menerima informasi dari lingkungan sekitar dan dalam menyampaikan pesan secara efektif kepada orang lain.

Baca juga:
Jenis-Jenis Tunadaksa: Menyelami Keragaman Tantangan Individu

3. Tantangan dalam mobilitas

Keterbatasan penglihatan dan pendengaran dapat menyulitkan tunaganda dalam bergerak dan berinteraksi dengan lingkungan sekitar. Mereka mungkin menghadapi tantangan dalam navigasi, pengenalan rute, dan pergerakan mandiri.

4. Ketergantungan pada bantuan

Karena keterbatasan penglihatan dan pendengaran yang signifikan, tunaganda sering kali membutuhkan bantuan dan dukungan ekstra dalam kegiatan sehari-hari, seperti pendidikan, pekerjaan, dan kegiatan sosial.

5. Kreativitas dan ketekunan

Meskipun menghadapi tantangan yang signifikan, tunaganda seringkali menunjukkan kreativitas, ketekunan, dan kegigihan yang luar biasa dalam mengatasi hambatan yang mereka hadapi untuk mencapai tujuan mereka. Ini termasuk penggunaan teknologi bantu, strategi komunikasi alternatif, dan adaptasi terhadap lingkungan sekitar.

Pentingnya Mengetahui Tentang Tunaganda!
Ilustrasi tunawicara dalam kehidupan (Gambar: Pexels/SHVETS Production)

Solusi bagi Tunaganda

Solusi bagi tunaganda melibatkan pendekatan yang holistik dan beragam, yang mencakup aspek pendidikan, rehabilitasi, aksesibilitas, dan dukungan sosial. Beberapa solusi yang dapat membantu meningkatkan kualitas hidup tunaganda antara lain:

1. Pendidikan khusus

Memberikan akses kepada tunaganda untuk mendapatkan pendidikan khusus yang sesuai dengan kebutuhan mereka, termasuk pembelajaran bahasa isyarat, pelatihan keterampilan hidup, dan pengembangan keterampilan komunikasi alternatif.

2. Aksesibilitas fisik

Meningkatkan aksesibilitas lingkungan fisik, seperti transportasi publik yang ramah disabilitas, aksesibilitas bangunan dan fasilitas umum, serta infrastruktur yang mendukung mobilitas tunaganda.

3. Pengembangan teknologi bantu

Mendukung pengembangan dan akses terhadap teknologi bantu yang dapat membantu tunaganda dalam berkomunikasi, belajar, bekerja, dan berpartisipasi dalam kegiatan sehari-hari.

Baca juga:
Tunagrahita: Memahami Gangguan Intelektual yang Kompleks

4. Rehabilitasi dan pelatihan

Menyediakan program rehabilitasi yang komprehensif, termasuk pelatihan keterampilan hidup, keterampilan kerja, pelatihan orientasi dan mobilitas, serta dukungan psikososial bagi tunaganda dan keluarganya.

5. Dukungan sosial dan kesadaran masyarakat

Mendorong kesadaran masyarakat tentang kebutuhan dan potensi tunaganda, serta mempromosikan inklusi sosial dan dukungan yang positif bagi mereka dalam berbagai aspek kehidupan, seperti pendidikan, pekerjaan, dan kehidupan masyarakat.

6. Kebijakan inklusi

Mendorong penerapan kebijakan inklusi yang mendukung partisipasi aktif dan kesetaraan hak bagi tunaganda dalam semua aspek kehidupan, termasuk akses terhadap layanan kesehatan, pendidikan, pekerjaan, dan kegiatan sosial.

Itulah penjelasan seputar tunaganda. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat bagi semua pihak dan peduli akan sesama. Selain itu, dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Indonesia!

Referensi:
Model Bimbingan untuk Meningkatkan Aspek Sosial dan Motorik Anak Tunaganda di Sekolah Dasar

Ingin tingkatkan kualitas mengajar Anda? Bingung dimana tempatnya?
Daftar di GuruInovatif.id sekarang untuk mendapatkan 7 hari gratis layanan premium! dan akses ke seluruh materi online course serta fasilitas lainnya!

Daftar membership guruinovatif.id

Penulis: Francois Rynasher Mamarimbing | Penyunting: Putra

0

0

Komentar (0)

-Komentar belum tersedia-

Buat Akun Gratis di Guru Inovatif
Ayo buat akun Guru Inovatif secara gratis, ikuti pelatihan dan event secara gratis dan dapatkan sertifikat ber JP yang akan membantu Anda untuk kenaikan pangkat di tempat kerja.
Daftar Akun Gratis

Artikel Terkait

Tranformasi Guru dan Siswa melalui Literasi Digital Menuju Era Society 5.0
“Kurikulum Merdeka : Solusi Pendidikan untuk Mewujudkan Indonesia Emas 2045”

DEDE SUHENDY14

May 05, 2023
1 min
Kenalkan Literasi Digital Mapel Bahasa Inggris melalui Fun E-Learning

VIKKY ANDRIAN

Sep 11, 2023
3 min
3 Fungsi ANBK yang Guru Harus Tahu!
3 min
PENGUATAN LITERASI MELALUI PLATFORM DIGITAL
Inovasi Pembelajaran Modern dan Menyenangkan dengan Platform Digital “pHelper”
4 min

Guru Inovatif

Jam operasional Customer Service

06.00 - 18.00 WIB