Ketahui Cara Efektif E-Kinerja dan Aksi Nyata PMM - Guruinovatif.id: Platform Online Learning Bersertifikat untuk Guru

Diterbitkan 15 Mei 2024

Ketahui Cara Efektif E-Kinerja dan Aksi Nyata PMM

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikburistek) telah merumuskan Platform Merdeka Mengajar (PMM) sebagai inisiatif terkini dalam memajukan dunia pendidikan.

Seputar Guru

Event Guru Inovatif

Kunjungi Profile
288x
Bagikan

Dalam era di mana teknologi semakin meresap ke dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk dunia pendidikan, upaya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran menjadi semakin penting. Artikel ini akan membahas tentang strategi efektif e-kinerja dan langkah-langkah nyata yang diambil dalam Program Merdeka Belajar Melalui Peningkatan Mutu (PMM). Yuk simak baik-baik artikel ini!

Apa itu Platform Merdeka Mengajar (PMM)?

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikburistek) telah merumuskan Platform Merdeka Mengajar (PMM) sebagai inisiatif terkini dalam memajukan dunia pendidikan. Platform ini tidak hanya menjadi alat bantu bagi para pendidik, tetapi juga menjadi sahabat yang membimbing dalam mewujudkan visi Pelajar Pancasila. Dengan fitur-fitur seperti Belajar, Mengajar, dan Berkarya, PMM menyediakan referensi, perangkat ajar, serta asesmen untuk membantu guru dan tenaga kependidikan mengembangkan diri, menerapkan kurikulum merdeka, dan menganalisis kemampuan peserta didik secara cepat.

Melalui fitur-fitur yang disediakan, PMM memberikan kesempatan yang setara bagi guru untuk terus belajar, mengembangkan kompetensi, dan berbagi praktik baik. Fitur Belajar, misalnya, tidak hanya memberikan pelatihan mandiri berkualitas, tetapi juga menyediakan video inspiratif untuk membantu guru meningkatkan kualitas kompetensinya. Sementara fitur Berkarya memungkinkan guru dan tenaga kependidikan untuk membagikan hasil karyanya, membangun portofolio, dan berkolaborasi dengan sesama pendidik. Dengan semangat kolaborasi dan saling berbagi, PMM diharapkan dapat menjadi mitra yang efektif bagi guru dalam menerapkan kurikulum merdeka.

Pentingnya Optimalisasi Pengelolaan E-Kinerja

Optimalisasi pengelolaan e-kinerja merupakan langkah krusial dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Dengan memiliki sistem yang efisien dan terintegrasi, pengelolaan kinerja guru dapat dilakukan dengan lebih tepat dan akurat. Hal ini memungkinkan untuk identifikasi kebutuhan pengembangan profesional guru secara lebih spesifik, serta memberikan umpan balik yang lebih baik untuk mendukung pertumbuhan mereka.

Ketahui Cara Efektif E-Kinerja dan Aksi Nyata PMM
Ilustrasi penerapan program merdeka mengajar oleh guru (Gambar: Odua Images/ODUA)

Aksi Nyata dalam PMM

PMM telah membuktikan komitmennya dalam optimalisasi pengelolaan e-kinerja dan memberikan aksi nyata yang signifikan dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan. Beberapa langkah konkret yang dilakukan dalam platform ini antara lain:

1. Pengembangan modul e-kinerja

PMM menyediakan modul khusus untuk pengelolaan e-kinerja yang dapat diakses oleh guru dan pihak terkait. Modul ini memungkinkan untuk pencatatan dan pemantauan kinerja guru secara real-time.

2. Pelatihan dan bimbingan

PMM menyelenggarakan pelatihan dan bimbingan secara rutin untuk membantu guru dalam memahami dan menggunakan sistem e-kinerja dengan baik. Ini membantu meningkatkan pemahaman dan penerapan praktik terbaik dalam pengelolaan kinerja.

3. Pemantauan dan evaluasi berkelanjutan

Melalui PMM, pengelola sekolah dapat melakukan pemantauan dan evaluasi kinerja guru secara berkala. Ini memungkinkan untuk mengidentifikasi tantangan dan peluang, serta memberikan bimbingan yang dibutuhkan untuk meningkatkan kinerja guru.

4. Penggunaan data untuk pengambilan keputusan

Data yang terkumpul melalui sistem e-kinerja dapat digunakan untuk pengambilan keputusan yang lebih baik dalam pengembangan kebijakan pendidikan. Hal ini memungkinkan adopsi strategi yang lebih tepat dan efektif untuk meningkatkan mutu pendidikan.

Nah, sayangnya cuma segini saja, mau tahu lebih lanjut mengenai cara mengembangkan minat dan bakat siswa yang lebih jelas? Temukan jawabannya dalam workshop online yang akan membahas mengenai Menuju Kualitas Pembelajaran Unggul: Strategi Efektif E-Kinerja dan Aksi Nyata di PMM berikut ini!

Klik untuk daftar

Referensi:
Optimalisasi Pengelolaan E-Kinerja & Aksi Nyata dalam Platform Merdeka Mengajar (PMM)
Peran Platform Merdeka Mengajar dalam Impelemnatsi Kurikulum Merdeka

Penulis: Francois Rynasher Mamarimbing | Penyunting: Putra

0

0

Komentar (0)

-Komentar belum tersedia-

Buat Akun Gratis di Guru Inovatif
Ayo buat akun Guru Inovatif secara gratis, ikuti pelatihan dan event secara gratis dan dapatkan sertifikat ber JP yang akan membantu Anda untuk kenaikan pangkat di tempat kerja.
Daftar Akun Gratis

Artikel Terkait

Tambah Penghasilanmu sebagai Trainer di Guruinovatif.id
2 min
URGENSI KESEHATAN MENTAL GURU TERHADAP KINERJA GURU

Sufitri, S.Kom

Dec 27, 2023
2 min
Alasan Guru Harus Naik Jabatan
1 min
Tips & Trik Menjadi Guru Inovatif
4 min
GURU BAHAGIA, MURID CERDAS: KAITAN LANGSUNG ANTARA KESEHATAN MENTAL DAN KUALITAS PENDIDIKAN

AMM QURROTA A'YUN

Nov 24, 2023
3 min
Peran Guru dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Digital

Guru Inovatif

Jam operasional Customer Service

06.00 - 18.00 WIB