Kamu Guru Baru? 5 Tips Manajemen Kelas Ini Bisa Jadikan Kamu Guru Favorit - Guruinovatif.id: Platform Online Learning Bersertifikat untuk Guru

Diterbitkan 13 Jun 2023

Kamu Guru Baru? 5 Tips Manajemen Kelas Ini Bisa Jadikan Kamu Guru Favorit

Pembelajaran yang kondusif tercipta apabila guru dapat mengelola kelas dengan baik sehingga pembelajaran menjadi efektif, efesien dan menyenangkan. Ketika Anda telah berhasil menghadirkan atmosfir tersebut di dalam ruang kelas, Anda akan menjadi guru favorit bagi para siswa Anda.

Seputar Guru

Evriyani Audila Sipayung

Kunjungi Profile
946x
Bagikan

Sebagai guru baru, memasuki dunia pendidikan dengan antusiasme dan semangat yang membara adalah sebuah langkah awal yang baik. Salah satu indikator untuk menilai kesuksesan Anda menjadi seorang guru adalah dengan terciptanya suasana kelas yang efektif, lingkungan belajar yang positif dan juga produktif. Atmosfer belajar yang kondusif tersebut dapat tercipta dengan manajemen kelas yang baik.

Berikut ini beberapa tips manajemen kelas untuk Anda guru baru, yang bisa membantu Anda membantu anda mencapai tujuan tersebut:

1. Tetapkan aturan kelas yang tegas diawal semester (Class Rules)

Gambar Class Rules (Sumber gambar: Unsplash)

Pada awal semester, buatlah peraturan yang disepakati oleh semua siswa di dalam kelas dan juga sanksi yang akan didapat apabila ada siswa yang melakukan pelanggaran. Peraturan kelas ini disusun dengan mengadakan forum diskusi dan negosiasi antara siswa dengan guru, hal ini agar siswa Anda merasa terlibat dan aware terhadap peraturan yang ada. Setelah disepakati, posting atau pajang di dalam kelas peraturan yang telah dibuat tersebut.

2. Berikan pujian dan rewards pada siswa

Pada dasarnya setiap manusia merasa lebih dihargai dengan mendapatkan sebuah pujian. Kapanpun itu, pastikan Anda memberikan pujian pada setiap hal baik walaupun kecil yang siswa Anda lakukan. Pujian yang Anda berikan tidak selalu harus “bagus”, “very good”, atau “excellent”, Anda bisa memberikan pujian dengan cara lainnya seperti “keren banget”, “good job” dan “perfect”. Selain itu, Anda bisa memberikan dua jempol (thumbs up), bertepuk tangan dan juga senyuman lebar. Hal ini sangat membantu siswa untuk merasa dihargai dan sudah menyelesaikan pekerjaannya dengan baik.

3. Pacu jiwa kompetitif siswa dengan games

Anda bisa mengadakan kontes siswa teraktif, dimana nantinya setiap siswa yang aktif bertanya, menjawab, dan bersikap baik akan diberikan sebuah reward. Anda bisa memberikan rewards pada siswa berupa stampel bintang yang dibubuhkan pada sebuah kartu prestasi, nantinya bagi siswa yang berhasil mengumpulkan bintang terbanyak pada akhir semester Anda tukarkan dengan hadiah seperti buku, alat tulis, ataupun voucher game.

4. Berikan instruksi lanjutan pada siswa yang mengerjakan tugas lebih awal (fast finishers)

Gambar siswa fast finisher yang sedang membaca buku (Sumber: Canva)

Pastikan Anda memberikan sebuah instruksi lanjutan atau kegiatan yang harus dilakukan siswa yang telah selesai mengerjakan tugas yang Anda berikan. Hal ini karena biasanya siswa akan berjalan-jalan, berbicara dengan temannya yang juga sudah selesai sehingga bisa mengganggu kondusifitias kelas dan juga mengganggu fokus siswa lain yang masih mengerjakan tugas.

Kegiatan yang diberikan tidak harus berupa tugas/soal tambahan, namun Anda bisa memberikan instruksi kepada mereka untuk membaca novel atau buku bacaan lainnya yang mereka bawa, menggambar, dan juga membantumu menyiapkan bahan materi selanjutnya sebelum kelas berakhir.

5. Menghadapi siswa nakal dengan sabar

Bertemu dengan siswa yang nakal atau bandel adalah sebuah mimpi buruk bagi setiap guru. Selain sabar, tetap ada cara lain yang bisa Anda lakukan untuk mengahadapi mereka. Pertama, jangan lupa untuk tetap terus memberikan pujian pada setiap hal baik yang mereka lakukan. Kedua, buatlah mereka menjadi ‘helpers’ Anda. Seperti membantu membagikan lembar ujian, membantu mengumpulkan tugas teman-temannya, dsb.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk manajemen kelas demi menciptakan atmosfir kelas yang efektif, efisien dan menyenangkan. Ketika Anda telah berhasil menghadirkan atmosfir kelas yang nyaman di dalam ruang kelas, Anda akan menjadi guru favorit bagi para siswa Anda.

Bedah tuntas topik dan kurikulum pelatihan beserta tips & trik menjadi seorang trainer dalam webinar Introduction to Learning and Teaching Process. GRATIS!


Penyunting: Putra

0

4

Komentar (0)

-Komentar belum tersedia-

Buat Akun Gratis di Guru Inovatif
Ayo buat akun Guru Inovatif secara gratis, ikuti pelatihan dan event secara gratis dan dapatkan sertifikat ber JP yang akan membantu Anda untuk kenaikan pangkat di tempat kerja.
Daftar Akun Gratis

Artikel Terkait

SEHAT-SEHAT KITA SEMUA
Literasi Digital di Madrasah anti Gadget?!?!

IKA ROSARIA

Sep 10, 2023
3 min
6 Persiapan yang Guru Harus Ketahui Menjelang Tahun Ajaran Baru!
3 min
Pentingnya Kesehatan Mental Guru

yunita ariyastuti

Dec 04, 2023
2 min
Meningkatkan Efisiensi dan Keamanan Administrasi Sekolah Melalui Tanda Tangan Digital
3 min
7 Tipe Guru di Sekolah
2 min

Guru Inovatif

Jam operasional Customer Service

06.00 - 18.00 WIB