Asyiknya Membuat Video Pembelajaran Menggunakan Canva - Guruinovatif.id: Platform Online Learning Bersertifikat untuk Guru

Diterbitkan 29 Des 2023

Asyiknya Membuat Video Pembelajaran Menggunakan Canva

Video pembelajaran sangat diperlukan bagi seorang pendidik untuk menyajikan pembelajaran yang menarik bagi peserta didik. Lalu, bagaimanakah seorang guru menyajikan video pembelajaran yang menarik?

Metode Mengajar

Dwi Saptarini, S.Pd

Kunjungi Profile
667x
Bagikan

Serunya Membuat Video Pembelajaran Menggunakan Canva
By: Dwi Saptarini, S.Pd.

Canva adalah salah satu aplikasi desain grafis yang digunakan untuk membuat grafis media sosial, presentasi, poster, dokumen dan konten visual lainnya. Sekarang ini, aplikasi ini sudah tidak asing lagi. Ada dua jenis layanan yang tersedia, yaitu gratis dan berbayar. Siapa saja yang bisa menggunakan aplikasi ini? Tentu semua orang bisa menggunakan aplikasi canva. Syaratnya cukup mudah, sobat bisa login menggunakan email sendiri.

Saat ini Canva memiliki fitur bagi pengguna di dunia pendidikan. Canva untuk Pendidikan (Canva for Education) merupakan paket peningkatan gratis dari Canva yang khusus disediakan untuk pendidik, peserta didik, dan tenaga kependidikan jenjang PAUD hingga SMA/SMK/Sederajat untuk mendukung kreativitas dan kolaborasi di kelas. Wah, tentu hal ini sangat menguntungkan bagi pengguna yang berprofesi sebagai tenaga pendidik. Karena Canva for Education memiliki fitur-fitur yang menarik di dalamnya. 

Jika sobat merupakan tenaga kependidikan dan memiliki akun belajar, sobat bisa mendaftar menggunakan akun tersebut. Sobat dapat dengan mudah membuat materi dalam format visual (gambar) yang menarik dengan template dan materi-materi visual lainnya yang siap pakai dan dapat dimodifikasi. Keunggulan dari Akun Belajar.id adalah Pendidik, Peserta Didik, dan Tenaga Kependidikan jenjang PAUD hingga SMA/SMK/Sederajat yang telah mengaktifkan Akun Belajar.id dapat menikmati akses langsung Canva for Education. Jika menggunakan Akun Belajar.id, akses ke Canva for Education tidak perlu melakukan verifikasi data diri dengan Canva.

Dengan Canva for Education, Sobat dapat membuka berbagai fitur premium yang tidak didapatkan pada akun reguler. Keuntungan fitur premium seperti jutaan gambar, font, grafis, video, animasi, dan template. Selain itu, Canva for Education juga memiliki beragam fitur khusus pendidikan seperti ruang kelas khusus untuk berkolaborasi dengan peserta didik maupun rekan pendidik.

Lalu, bagaimana membuat video pembelajaran bagi seorang pendidik? Caranya cukup mudah, sobat guru masuk ke aplikasi canva menggunakan akun belajar, kemudian pilih buat design (create design) dan klik video pada kolom pilihan suggested. 

Untuk memulai membuat desainnya, bisa langsung memanfaatkan fitur templates. Pilih templates yang dibutuhkan kemudian ubah tulisannya, sesuaikan dengan materi pelajaran yang akan dibuat. Jika ingin membuat desain sendiri, langkah pertamanya bisa dengan mengubah warna background. Setelah itu bisa menambahkan grafis supaya tampilannya lebih menarik. Jika ingin mengubah huruf, ukuran huruf, warna huruf, dan posisi tulisan tersedia pada dasbor di atas. Klik elements untuk menambahkan gambar ataupun animasi gambar.

Namun dibalik kemudahan dalam pembuatannya, ada beberapa kendala yaitu membuat video pembelajaran sendiri membutuhkan proses dan waktu yang cukup lama serta jaringan internet harus stabil. Selain bermanfaat untuk diri sendiri, video pembelajaran yang telah dibuat dapat bermanfaat untuk orang lain yaitu dengan cara mengunggahnya melalui channel YouTube milik pribadi, situs web, atau sosial media.

Diharapkan dengan pembuatan video pembelajaran dengan Canva ini dapat mengasah kreativitas dan keterampilan pendidik serta dapat membantu pendidik memudahkan menyampaikan materi pelajaran, pembelajaran lebih interaktif, menyenangkan, bermakna, dan memudahkan peserta didik memahami konteks mata pelajaran sehingga tujuan pembelajaran yang diharapkan pun tercapai. Selain untuk membuat video pembelajaran, Canva juga dapat dimanfaatkan pendidik untuk membuat presentasi, media pembelajaran, serta modul pelajaran. 

Bagaimana, apakah sobat tertarik menggunakan Canva untuk membuat video pembelajaran yang kreatif?

Akses kursus online menggunakan Canva di untuk menciptakan media pembelajaran yang kreatif disini


Penyunting: Putra

0

0

Komentar (0)

-Komentar belum tersedia-

Buat Akun Gratis di Guru Inovatif
Ayo buat akun Guru Inovatif secara gratis, ikuti pelatihan dan event secara gratis dan dapatkan sertifikat ber JP yang akan membantu Anda untuk kenaikan pangkat di tempat kerja.
Daftar Akun Gratis

Artikel Terkait

Pendekatan Konvensional di SD Kelas Satu

Ibrohim,S.Pd

Mar 09, 2023
1 min
FLEKSIBILITAS FINANSIAL DARING DAN LURING PADA KUIS BERBASIS HTML SEBAGAI PENGEMBANGAN KURIKULUM MERDEKA DALAM MEMBANGUN KARAKTER SMART-NETIZEN SISWA SMAN 2 KOTA MOJOKERTO
7 min
Guru Wajib Tahu Model Pembelajaran di Abad 21!
3 min
GI Academy #7 "Mahir Mendesain P5 di Sekolah"
2 min
Game RPG Sebagai Alternatif Penguatan Literasi Digital

DENI SUHARYANTO

Sep 02, 2023
1 min
Kegiatan Intrakurikuler dalam Kurikulum Merdeka
2 min

Guru Inovatif

Jam operasional Customer Service

06.00 - 18.00 WIB

Kursus Webinar