Pentingnya Model Pembelajaran Baru Berbasis Teknologi yang Guru Harus Tahu! - Guruinovatif.id: Platform Online Learning Bersertifikat untuk Guru

Diterbitkan 21 Mei 2024

Pentingnya Model Pembelajaran Baru Berbasis Teknologi yang Guru Harus Tahu!

Di era digital saat ini, model pembelajaran berbasis teknologi semakin menjadi andalan dalam dunia pendidikan

Metode Mengajar

Redaksi Guru Inovatif

Kunjungi Profile
160x
Bagikan

Di era digital saat ini, model pembelajaran berbasis teknologi semakin menjadi andalan dalam dunia pendidikan. Pemanfaatan teknologi dalam proses belajar-mengajar tidak hanya membuat pembelajaran lebih menarik dan interaktif, tetapi juga memungkinkan akses pendidikan yang lebih luas dan fleksibel. Dengan berbagai alat dan platform digital seperti e-learning, aplikasi pembelajaran, dan alat kolaborasi online, siswa dapat belajar kapan saja dan di mana saja, tanpa terbatas oleh ruang dan waktu. Artikel ini akan membahas berbagai model pembelajaran berbasis teknologi yang inovatif, serta bagaimana penerapannya dapat meningkatkan efektivitas dan kualitas pendidikan di Indonesia. Yuk, simak artikel ini baik-baik!

Apa itu Model Pembelajaran Berbasis Teknologi?

Model pembelajaran berbasis teknologi adalah pendekatan dalam pendidikan yang memanfaatkan berbagai perangkat dan platform digital untuk mendukung proses belajar-mengajar. Model ini mencakup penggunaan alat-alat seperti komputer, tablet, aplikasi pendidikan, internet, dan perangkat lunak khusus yang dirancang untuk memfasilitasi pembelajaran.

Baca juga:
Guru Wajib Tahu Model Pembelajaran di Abad 21!

Tujuan utamanya adalah untuk membuat pembelajaran lebih interaktif, efektif, dan mudah diakses oleh semua siswa, terlepas dari lokasi geografis mereka. Dengan model ini, siswa dapat mengakses materi pelajaran, mengikuti kelas virtual, berpartisipasi dalam diskusi online, dan mengerjakan tugas melalui platform digital. Pembelajaran berbasis teknologi juga memungkinkan pengajaran yang lebih adaptif, dimana materi dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan masing-masing siswa, sehingga dapat meningkatkan hasil belajar secara signifikan.

Manfaat Pembelajaran Berbasis Teknologi

Pembelajaran berbasis teknologi memiliki sejumlah manfaat yang signifikan, baik bagi siswa maupun pengajar. Berikut adalah beberapa di antaranya:

1. Aksesibilitas yang lebih baik

Teknologi memungkinkan akses ke materi pendidikan dari mana saja dan kapan saja, sehingga siswa di daerah terpencil pun dapat menikmati kualitas pendidikan yang sama dengan siswa di daerah perkotaan.

2. Pembelajaran yang lebih interaktif dan menarik

Penggunaan multimedia, seperti video, animasi, dan simulasi, dapat membuat pembelajaran lebih menarik dan memudahkan siswa memahami konsep-konsep yang kompleks.

3. Personalisasi pembelajaran

Teknologi memungkinkan pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing siswa. Platform pembelajaran adaptif dapat menyesuaikan materi dan kecepatan pembelajaran berdasarkan kemampuan dan kemajuan siswa.

Baca juga:
Model Pembelajaran Discovery Learning, Salah Satu Rekomendasi dari Pemerintah untuk Kegiatan Belajar Mengajar

4. Kolaborasi dan komunikasi yang efektif

Alat komunikasi digital seperti forum diskusi, video konferensi, dan aplikasi kolaborasi memungkinkan siswa dan guru untuk berinteraksi lebih intensif dan produktif, baik di dalam maupun di luar kelas.

5. Efisiensi dan manajemen waktu

Dengan teknologi, tugas administratif seperti penilaian, pemberian umpan balik, dan pengelolaan kelas dapat dilakukan lebih cepat dan efisien, sehingga guru memiliki lebih banyak waktu untuk fokus pada pengajaran.

Pentingnya Model Pembelajaran Baru Berbasis Teknologi yang Guru Harus Tahu!
Ilustrasi pembelajaran berbasis teknologi (Gambar: Flickr)

Tantangan Pembelajaran Berbasis Teknologi

Berikut adalah beberapa tantangan dalam pembelajaran berbasis teknologi di sekolah:

1. Ketersediaan infrastruktur

Banyak sekolah, terutama di daerah terpencil, masih kekurangan infrastruktur teknologi dasar seperti akses internet yang stabil dan perangkat keras yang memadai.

2. Pelatihan guru

Guru sering kali kurang mendapatkan pelatihan yang memadai untuk menggunakan teknologi dalam pembelajaran, sehingga tidak dapat memanfaatkannya secara efektif.

3. Anggaran dan biaya

Implementasi teknologi pendidikan memerlukan investasi yang signifikan dalam perangkat keras, perangkat lunak, dan pelatihan, yang bisa menjadi beban bagi anggaran sekolah.

Baca juga:
Peran Wali Kelas dalam Meningkatkan Efektifitas Pembelajaran Siswa

4. Kesetaraan akses

Tidak semua siswa memiliki akses yang sama ke perangkat dan internet di rumah, sehingga menciptakan kesenjangan digital.

5. Manajemen Kelas

Penggunaan teknologi dalam kelas dapat menyebabkan gangguan jika tidak dikelola dengan baik, karena siswa mungkin terdistraksi oleh penggunaan perangkat untuk hal-hal non-pembelajaran.

Dari penjelasan di atas, guru atau tenaga pendidik perlu memberikan pembelajaran dengan menerapkan teknologi dalam pembelajaran. Hal ini penting untuk memberikan dampak yang baik bagi siswa. Perkembangan teknologi yang semakin masif perlu diimbangi dengan pengetahuan juga, seperti pengunaan laptop pada pembelajaran atau aplikasi lainnya. Oleh karena itu, pentingnya penggunakan teknologi dalam pendidikan secara merata.

Referensi:
Model Pembelajaran Berbasis Teknologi

Butuh kursus yang bersertifikat? Yuk, ikuti online course GuruInovatif.id
Akses berbagai topik seputar pengajaran dan softskill yang menarik sesuai kebutuhan guru!

Pilih kursus yang Anda inginkan disini


Penulis: Francois Rynasher Mamarimbing | Penyunting: Putra

0

0

Komentar (0)

-Komentar belum tersedia-

Buat Akun Gratis di Guru Inovatif
Ayo buat akun Guru Inovatif secara gratis, ikuti pelatihan dan event secara gratis dan dapatkan sertifikat ber JP yang akan membantu Anda untuk kenaikan pangkat di tempat kerja.
Daftar Akun Gratis

Artikel Terkait

Menggabungkan Edukasi dan Kreativitas: Belajar PABP dengan Quizizz Berbasis Kertas

AFWAN YAZID

Nov 24, 2023
2 min
Guru Inovatif Class #6 “Membuat Sistem Ujian Online Digital dari Persiapan hingga Penilaian”
1 min
Tips Menjadi Guru Inovatif dengan Bergerak Seiring Perkembangan Zaman
4 min
Mengenal Gartic.io, Permainan Ice Breaking dalam Kelas yang Kreatif dan Inovatif
4 min
Cara Menggunakan Aplikasi “Spinning Wheel Names” Agar Guru Semakin Kreatif dalam Mengajar

ROMI SAPUTRA

Sep 09, 2023
1 min
Pembelajaran Adaptif ( Adaptive Learning )

ABDUL KHOLIS

May 22, 2024
4 min

Guru Inovatif

Jam operasional Customer Service

06.00 - 18.00 WIB

Kursus Webinar