Guru Wajib Tahu Model Pembelajaran di Abad 21! - Guruinovatif.id: Platform Online Learning Bersertifikat untuk Guru

Diterbitkan 17 Mei 2024

Guru Wajib Tahu Model Pembelajaran di Abad 21!

Model pembelajaran merupakan kerangka kerja atau pendekatan yang digunakan oleh pendidik untuk menyampaikan materi pelajaran secara efektif.

Metode Mengajar

Redaksi Guru Inovatif

Kunjungi Profile
263x
Bagikan

Model pembelajaran merupakan kerangka kerja atau pendekatan yang digunakan oleh pendidik untuk menyampaikan materi pelajaran secara efektif. Dengan adanya berbagai macam model pembelajaran, pendidik dapat memilih metode yang paling sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik siswa, serta tujuan pembelajaran yang ingin dicapai.

Model-model ini mencakup pendekatan tradisional hingga yang inovatif, seperti pembelajaran berbasis proyek, pembelajaran kolaboratif, pembelajaran berbasis teknologi, dan banyak lagi. Setiap model memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri, serta penerapan yang berbeda tergantung pada konteks dan situasi pembelajaran. Pemahaman yang baik tentang macam-macam model pembelajaran dapat membantu pendidik dalam merancang pengalaman belajar yang lebih menarik dan efektif bagi siswa. Yuk simak baik-baik artikel ini!

Ciri-Ciri Model Pembelajaran

Beberapa ciri-ciri pada model pembelajaran yang harus diketahui, seperti:

1. Rasional dan berpikiran logis

Model tersebut haruslah rasional dan didasarkan pada teori-teori pembelajaran yang telah dikembangkan oleh peneliti sebelumnya. Perkembangan studi tentang model pembelajaran dilakukan secara terus-menerus dengan harapan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran dari waktu ke waktu.

2. Berorientasi pada landasan pemikiran tentang apa dan bagaimana siswa belajar

Ciri kedua dari model pembelajaran yang baik adalah berorientasi pada landasan pemikiran tentang bagaimana siswa belajar. Hal ini menekankan pentingnya memahami kondisi siswa serta kebutuhan mereka dalam proses pembelajaran.

Baca juga:
Model Pembelajaran Discovery Learning, Salah Satu Rekomendasi dari Pemerintah untuk Kegiatan Belajar Mengajar

3. Sikap mengajar yang diperlukan agar model pembelajaran yang ditentukan

Selanjutnya, model pembelajaran yang baik juga memerlukan sikap mengajar yang mendukung agar dapat dilaksanakan dengan baik dan membantu mencapai tujuan pembelajaran. Hal ini mengacu pada strategi dan metode pembelajaran yang tidak hanya menuntut siswa berperilaku tertentu, tetapi juga menekankan peran guru dalam mendukung model pembelajaran yang dipilih.

4. Mendukung lingkungan belajar yang diperlukan

Ciri terakhir adalah dukungan terhadap lingkungan belajar yang diperlukan agar tujuan pembelajaran dapat tercapai. Memahami kondisi lingkungan belajar yang ada dan berupaya meningkatkannya menjadi hal penting karena lingkungan yang baik akan sangat mendukung kinerja siswa dalam proses pembelajaran.

Guru Wajib Tahu Model Pembelajaran di Abad 21!
Ilustrasi metode pembelajaran kooperatif (Gambar: Canva/Africa images)

Beberapa Model Pembelajaran

Terdapat berbagai model pembelajaran yang digunakan dalam dunia pendidikan, namun lima model berikut dianggap sangat penting karena efektivitasnya dalam meningkatkan proses belajar mengajar:

1. Pembelajaran Berbasis Proyek (Project-Based Learning)

Model ini mengajak siswa untuk belajar melalui pengerjaan proyek yang kompleks dan menantang. Proyek-proyek ini biasanya berhubungan dengan situasi dunia nyata, sehingga siswa dapat mengembangkan keterampilan berpikir kritis, kolaborasi, dan kreativitas.

2. Pembelajaran Kooperatif (Cooperative Learning)

Dalam model ini, siswa bekerja dalam kelompok kecil untuk mencapai tujuan bersama. Pembelajaran kooperatif menekankan kerja tim, tanggung jawab individu dan kelompok, serta keterampilan sosial yang diperlukan untuk bekerja efektif dalam kelompok.

3. Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem-Based Learning)

Model ini menantang siswa untuk memecahkan masalah nyata tanpa solusi yang telah ditentukan sebelumnya. Siswa harus mencari informasi, membuat hipotesis, dan menguji solusi, sehingga mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan pemecahan masalah.

Baca juga:
Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa Melalui Cara Sederhana Dan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share

4. Pembelajaran Inkuiri (Inquiry-Based Learning)

Pembelajaran inkuiri mendorong siswa untuk mengeksplorasi pertanyaan atau masalah melalui proses penemuan sendiri. Siswa aktif dalam proses belajar dengan melakukan penelitian, eksperimen, dan penyelidikan, yang meningkatkan rasa ingin tahu dan kemampuan analisis mereka.

5. Pembelajaran Berbasis Teknologi (Technology-Enhanced Learning)

Model ini memanfaatkan teknologi digital untuk mendukung dan memperkaya proses pembelajaran. Teknologi dapat digunakan untuk menyediakan sumber belajar interaktif, mengakses informasi secara global, serta mengembangkan keterampilan digital yang esensial dalam era modern.

Inilah beberapa model pembelajaran yang guru harus tau. Semoga artikel ini dapat memberikan sudut pandang baru bagi guru untuk bisa mengajarkan murid dengan model-model pembelajaran yang sudah dijelaskan diatas. Semangat untuk guru dan maju terus pendidikan Indonesia!

Referensi:
9 Model - Model Pembelajaran di Abad 21
13 Macam Model Pembelajaran yang Wajib Diketahui Guru
Inilah Jenis-Jenis Model Pembelajaran dan Metode Belajar yang Bisa Digunakan Guru di Kelas
Model Pembelajaran: Pengertian, Ciri, dan Jenis

Ingin tingkatkan kualitas mengajar Anda? Bingung dimana tempatnya?
Daftar di GuruInovatif.id sekarang untuk mendapatkan 7 hari gratis layanan premium! dan akses ke seluruh materi online course serta fasilitas lainnya!

Daftar membership guruinovatif.id


Penulis: Francois Rynasher Mamarimbing | Penyunting: Putra

0

0

Komentar (0)

-Komentar belum tersedia-

Buat Akun Gratis di Guru Inovatif
Ayo buat akun Guru Inovatif secara gratis, ikuti pelatihan dan event secara gratis dan dapatkan sertifikat ber JP yang akan membantu Anda untuk kenaikan pangkat di tempat kerja.
Daftar Akun Gratis

Artikel Terkait

Optimalisasi Keterampilan Proses pada pembelajaran
Menumbuhkan Semangat Wirausaha Murid di Sekolah
4 min
Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Dalam Mewujudkan Indonesia Emas 2045

IIS MARWATI,M.PD

May 05, 2023
3 min

Guru Inovatif

Jam operasional Customer Service

06.00 - 18.00 WIB

Kursus Webinar