Peran Wali Kelas dalam Meningkatkan Efektifitas Pembelajaran Siswa - Guruinovatif.id: Platform Online Learning Bersertifikat untuk Guru

Diterbitkan 27 Mar 2024

Peran Wali Kelas dalam Meningkatkan Efektifitas Pembelajaran Siswa

Peran wali kelas penting karena dapat menciptakan efektifitas pembelajaran. Hal ini karena wali kelas mampu memperoleh informasi lebih jauh terkait kondisi siswanya melalui pendekatan terhadap perannya. Apa saja peran wali kelas yang dapat diterapkan? Temukan jawabannya dalam artikel ini!

Seputar Guru

Redaksi Guru Inovatif

Kunjungi Profile
219x
Bagikan

Guru merupakan elemen penting dalam keberlangsungan lingkungan sekolah. Guru memiliki peran dalam kegiatan mengajar, mendidik, membimbing, melatih, mengarahkan, menilai dan mengevaluasi siswanya. Selain itu, beberapa guru memiliki tugas tambahan lainnya, salah satunya menjadi wali kelas. Dengan adanya wali kelas harapannya dapat menunjang hasil belajar siswa. Oleh karena itu, artikel ini akan membahas terkait peran wali kelas apa saja dalam meningkatkan efektifitas pembelajaran siswa?

Pengertian Wali Kelas

Guru memiliki berbagai tugas pokok dan beban kerja dalam pelaksanaannya. Selain mengajar, guru turut memiliki tugas tambahan dalam setiap aktivitasnya di sekolah. Tugas tambahan seorang guru diatur dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 15 Tahun 2018 Pasal 6 Ayat 1. Tugas tambahan tersebut salah satunya menjadi seorang wali kelas. Pemberian amanah menjadi wali kelas ditentukan oleh seorang kepala sekolah. Normalnya dalam satu kelas terdapat satu wali kelas.

Wali kelas merupakan orang tua siswa ketika berada di lingkungan sekolah. Keberadaan wali kelas cukup penting dalam menunjang keberlangsungan suatu kelas. Selain mengajar, tanggung jawab lainnya wali kelas yaitu penanggung jawab suatu manajemen kelas. Seorang wali kelas dituntut memiliki keterampilan dalam membantu perkembangan siswa ketika kegiatan belajar mengajar berlangsung. Tanggung jawab lainnya seorang wali kelas yaitu menciptakan efektifitas pembelajaran yang baik, maka dari itu diperlukan pemahaman terkait peran wali kelas apa saja yang dapat menunjang hal tersebut.

Peran Wali Kelas

Kegiatan belajar mengajar melibatkan interaksi elemen siswa dengan guru. Dalam setiap prosesnya wali kelas menjadi jembatan guru untuk memahami kondisi siswa lebih dalam terkait kebutuhan belajar siswa. Terdapat beberapa peran yang dapat diterapkan wali kelas dalam meningkatkan efektifitas pembelajaran siswa:

1. Peran sebagai fasilitator

Fasilitator dapat dimaknai sebagai seseorang yang memiliki kapabilitas dalam menyediakan fasilitas sebagai penunjang suatu aktivitas. Dalam sudut pandang wali kelas, fasilitator dapat dimaknai sebagai seseorang yang memberikan pelayanan dalam memenuhi kebutuhan siswa serta menciptakan suasana yang nyaman dan menyenangkan selama kegiatan pembelajaran. Apabila kebutuhan belajar terpenuhi akan memudahkan peserta didik dalam menangkap materi yang disampaikan oleh guru. Dengan begitu, hal ini akan menjamin efektivitas pembelajaran siswa saat kegiatan belajar mengajar di kelas yang efektif dan nyaman.

Contoh: Wali kelas dapat mendampingi siswanya dalam menyediakan fasilitas ruangan kelas yang bersih dan rapi agar kegiatan belajar terasa nyaman.

2. Peran sebagai mediator

Mediator dapat dimaknai sebagai pihak netral yang membantu menyelesaikan suatu masalah secara adil. Mediator dalam perspektif wali kelas yaitu seorang guru yang mampu membantu menyelesaikan masalah yang dialami peserta didik ketika berada di lingkungan sekolah. Wali kelas perlu memaksimalkan kemampuan berkomunikasi sehingga dapat memberikan solusi penyelesaian masalah dengan baik tanpa menyinggung pihak-pihak terkait. Jadi, wali kelas tidak hanya memiliki peran sebagai pengajar, tetapi turut memiliki andil menjadi penengah dalam dinamika proses belajar setiap siswa. Harapannya peran wali kelas sebagai mediator dapat menciptakan lingkungan belajar siswa yang baik dan kondusif.

Contoh: Ketika terjadi perselisihan antarsiswa, wali kelas perlu mendengarkan kronologi permasalahan dari berbagai perspektif sehingga dapat memberikan pendampingan penyelesaian masalah dengan baik.

3. Peran sebagai motivator

Motivator merupakan seseorang yang memberikan suatu dorongan dalam memotivasi orang lain untuk melakukan suatu hal. Motivasi dapat berupa sebuah ungkapan yang bersifat membangun seperti nasihat, teguran, pujian, dan lain sebagainnya. Motivator dalam pemahaman wali kelas dapat dimaknai sebagai perilaku seorang guru dalam mendorong dan memotivasi peserta didik agar memiliki rasa tanggung jawab dan semangat menuntut ilmu sebagaimana akan menjadi bekal menghadapi masa depan. Kegiatan belajar mengajar akan lebih bermakna apabila seorang wali kelas dapat memberikan motivasi belajar lebih baik. Selain itu, motivasi dapat memberikan arahan peserta didik dalam memilih suatu tindakan yang baik dan benar, berdasarkan pengalaman seorang wali kelas.

Baca Juga:
Pentingnya Menjadi Role Model bagi Siswa

Contoh: Setiap hari sebelum memulai kegiatan belajar mengajar, wali kelas memberikan motivasi belajar siswa berupa nasehat terkait pentingnya pendidikan.

Alasan Wali Kelas Perlu Memperhatikkan Peran di Kelas

Peran Wali Kelas dalam Meningkatkan Efektifitas Pembelajaran Siswa
Peran wali kelas dapat meningkatkan efektifitas pembelajaran murid di sekolah (Gambar: Canva/Satrio Ramadhan)

Guru merupakan katalisator dalam membantu peserta didik dalam bertumbuh dan berkembang di lingkungan sekolah. Guru merupakan elemen penting dalam keberhasilan seorang siswa dalam bidang pendidikan. Untuk mencapai keberhasilan yang optimal, guru perlu melakukan pendekatan lebih jauh dengan peserta didiknya. Hal ini bertujuan untuk mengetahui kebutuhan belajar yang diinginkan oleh setiap siswa. Untuk mengetahui kebutuhan tersebut, terdapat peran seorang wali kelas yang dapat menjembatani siswa menangani kebutuhan belajar selama kegiatan di sekolah berlangsung.

Baca Juga:
Pentingnya Peran Guru dalam Mengetahui Minat dan Bakat Siswa!

Peran wali kelas cukup penting dalam memaksimalkan kegiatan belajar mengajar di sekolah. Walaupun menjadi wali kelas merupakan tugas tambahan seorang guru, tetapi peran ini sangat dibutuhkan oleh setiap peserta didik. Wali kelas diharapkan dapat menciptakan suasana belajar yang efektif, efisien dan kondusif. Selain itu, wali kelas diharapkan dapat menyelesaikan permasalahan-permasalahan yang terjadi di lingkup lebih kecil yaitu dalam kelompok kelas.

Peran wali kelas diantaranya sebagai fasilitator, mediator dan motivator. Ketiga hal ini dibutuhkan karena dapat membantu siswa dalam memenuhi kebutuhan belajar Melalui peran wali kelas, seorang guru dapat memperoleh informasi lebih jauh terkait kondisi siswanya sehingga efektivitas pembelajaran dapat tercapai.

Itulah penjelasan mengenai peran wali kelas dalam meningkatkan efektifitas pembelajaran siswa. Semoga penjelasan terkait peran wali kelas dapat bermanfaat dan membantu untuk Bapak/Ibu wali kelas lebih mengenal perannya. Selain itu, semoga artikel ini dapat menjadi pemicu motivasi wali kelas untuk terus membantu peserta didik dalam bertumbuh dan berkembang di lingkungan sekolah.

Referensi:
Pentingnya Peranan dan Tugas Wali Kelas
Peran Wali Kelas Dalam Pengelolaan Problem Solving
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 15 Tahun 2018

Dapatkan pelatihan privat di sekolah Anda untuk meningkatkan kualitas akademik guru dan akademik sekolah bersama trainer pilihan.
Waktu dan tempat sesuai pilihan Anda!
Konsultasi GRATIS!


Penulis: Apheela Leony Nusantari Putri | Penyunting: Putra

3

0

Komentar (3)

Septian Dicky

Mar 28, 2024

keren banget kakk

Dewi Azizatul Kholqiyah

Mar 27, 2024

Informatif kaaaa

ADMIN EVENT

Mar 27, 2024

Mantul
Buat Akun Gratis di Guru Inovatif
Ayo buat akun Guru Inovatif secara gratis, ikuti pelatihan dan event secara gratis dan dapatkan sertifikat ber JP yang akan membantu Anda untuk kenaikan pangkat di tempat kerja.
Daftar Akun Gratis

Artikel Terkait

Mental Guru Harus Sehat
Waspada Sindrom Guru Gosong (Burnout Teacher)
3 min
KIAT GURU BAHAGIA, SEHAT FISIK, DAN MENTAL
Kesehatan Mental Guru: Tantangan dan Solusinya
Mengapa Analisis Kebutuhan Siswa Penting dalam Pengembangan Kurikulum dan Media Pembelajaran?
4 min
Literasi Digital Pemrograman Asyik dengan Flowgorithm

era suci pratiwi

Sep 05, 2023
1 min

Guru Inovatif

Jam operasional Customer Service

06.00 - 18.00 WIB