Inovasi PAUD? Bermain Sambil Belajar adalah Kunci! - Guruinovatif.id

Diterbitkan 10 Mar 2025

Inovasi PAUD? Bermain Sambil Belajar adalah Kunci!

Pemerintah senantiasa mengupayakan langkah pembaruan maupun perbaikan di dunia pendidikan, tak terkecuali pada ranah PAUD. Pendidik anak usia dini dituntut siap siaga atas perubahan tersebut. Langkah konkret dalam berinovasi dapat direalisasikan dengan aneka strategi bermain sambil belajar.

Metode Mengajar

ERNI WIJAYANTI SURYA, S.Pd.

Kunjungi Profile
6x
Bagikan

Pergantian pemerintahan identik dengan perubahan kurikulum pembelajaran pada lembaga pendidikan di Indonesia. Melansir dari laman kemdikbud.go,id., Menteri Pendidikan Dasar dan Menengah (Mendikdasmen), Abdul Mu'ti memberikan penegasan bahwa dalam rangka peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia dibutuhkan pendekatan deep learning. Dengan penerapan pembelajaran deep learning, siswa diupayakan memahami konsep secara menyeluruh, lalu mengaitkannya terhadap disiplin ilmu dan pengaplikasiannya dalam kehidupan nyata. Hal ini akan dilaksanakan sebagai ikhtiar untuk membawa perubahan kualitas pendidikan nasional menjadi lebih baik lagi.

Implementasi pembelajaran deep learning mau tidak mau memantik daya kreasi guru untuk tetap menyelenggarakan kegiatan yang harapannya tetap menarik bagi siswa. Hal inilah yang menuntut inovasi tiada henti dari pengampu pembelajaran di setiap lembaga pendidikan di Indonesia. Inovasi tersebut akan menggerakkan minat, kreativitas dan daya kritis siswa sehingga terwujud kegiatan belajar yang memberikan stimulasi pemecahan masalah-masalah yang terjadi di kehidupan sehari-hari.

Spepisifikasi di ranah Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), khususnya di tingkat Taman Kanak-kanak, inovasi merupakan daya cipta guru yang mampu memberikan aneka solusi tentang cara belajar siswa secara mendalam dan menyeluruh serta tidak meninggalkan metode permainannya. Seperti telah diketahui, pendidikan bagi anak usia dini merupakan strategi pembelajaran yang dilakukan seraya bermain. Hal ini tidak bisa dihindari meskipun terjadi perubahan-perubahan sistem pendidikan atau pun kurikulum di Indonesia.

Secara mendasar, penggunaan alat bermain maupun metode dan strategi pembelajaran biasanya akan berubah mengikuti pendekatan pembelajaran yang diperbarui. Namun demikian, kenyataan tersebut tidak akan mengubah bahwa sistem pembelajaran yang paling tepat untuk anak usia dini adalah belajar sambil bermain. Dua elemen tersebutlah yang akan membuat kegiatan belajar dalam dunia PAUD menjadi bermakna. Hal ini sesuai dengan tingkat usia dan tahap perkembangan serta hak anak, yakni usia untuk bermain.


Penyunting: Putra

0

0

Komentar (0)

-Komentar belum tersedia-

Buat Akun Gratis di Guru Inovatif
Ayo buat akun Guru Inovatif secara gratis, ikuti pelatihan dan event secara gratis dan dapatkan sertifikat ber JP yang akan membantu Anda untuk kenaikan pangkat di tempat kerja.
Daftar Akun Gratis

Artikel Terkait

Gamifikasi Pembelajaran Bahasa Arab Di Pondok Pesantren
Pembelajaran Berbasis Proyek dan Manfaat Penerapannya di Kelas
6 min
Tips Menjadi Guru Inovatif dengan Bergerak Seiring Perkembangan Zaman
4 min
Tingkatkan Kompetensi Mengajar dengan Teaching Mastery Learning (TMF)
4 min
Pendekatan Pembelajaran Berbasis Masalah: Meningkatkan Keterampilan Siswa dalam Pemecahan Masalah
5 min
Membangun Karakter Anak dan Murid dengan Pendekatan Disiplin Positif
5 min
Kursus Webinar