Ketahui Manfaat Skala Prioritas bagi Tenaga Pendidik! Manfaat ke-2 Sering Dipandang Sebelah Mata! - Guruinovatif.id: Platform Online Learning Bersertifikat untuk Guru

Diterbitkan 28 Feb 2024

Ketahui Manfaat Skala Prioritas bagi Tenaga Pendidik! Manfaat ke-2 Sering Dipandang Sebelah Mata!

Pentingnya skala prioritas bagi pendidik sehingga perlu adanya panduan untuk menetapkan prioritas yang tepat dalam mengelola tugas-tugas sehari-hari dan mencapai hasil pembelajaran yang lebih baik. Dengan demikian, pendidik dapat paham skala prioritas bagi dirinya dan dampak kepada siswa-siswi.

Refleksi

Event Guru Inovatif

Kunjungi Profile
283x
Bagikan

Manusia memiliki beragam kebutuhan dalam hidupnya, termasuk makanan, pakaian, dan tempat tinggal. Selain itu, ada kebutuhan penting lainnya seperti pendidikan dan kesehatan. Maka dari itu, menetapkan prioritas untuk setiap kebutuhan tersebut sangatlah krusial. Hal ini juga berlaku untuk para pendidik atau guru di Indonesia, mereka memiliki prioritas yang dianggap penting dalam mengajar atau memberi ilmu.

Skala prioritas menjadi sebuah kunci terutama untuk para pendidik atau guru. Hal ini bertujuan untuk mengatur prioritas ketika ingin melakukan sebuah kegiatan atau tindakan. Oleh karena itu, artikel kali ini akan membahas skala prioritas terutama untuk para pendidik! Mari baca lebih lanjut yuk Bapak dan Ibu guru!

Apa itu Skala Prioritas?

Skala prioritas adalah sebuah konsep yang digunakan untuk mengidentifikasi dan mengatur berbagai kebutuhan seseorang atau suatu situasi dengan mengurutkannya berdasarkan tingkat kepentingan atau urgensinya. Skala prioritas menjadi cara yang sangat penting untuk mengatur tugas atau aktivitas seorang pendidik sehari-hari. Karena sebagai seorang pendidik, terdapat beragam tanggung jawab yang harus diselesaikan. Mulai dari merencanakan dan melaksanakan pembelajaran hingga menilai kemajuan siswa dan berkomunikasi dengan orang tua.

Dengan menggunakan skala prioritas, seorang guru dapat menentukan tugas-tugas yang paling penting dan mendesak, seperti persiapan pembelajaran untuk kelas yang akan datang atau memberikan dukungan tambahan kepada siswa yang membutuhkan. Selain itu, skala prioritas juga membantu seorang pendidik dalam memastikan bahwa fokus mereka tetap pada tujuan utama pembelajaran dan perkembangan siswa.

Misalnya, menetapkan prioritas pada penilaian formatif dan memberikan respon kepada siswa secara teratur. Hal ini dapat membantu guru memahami perkembangan siswa dan menyesuaikan instruksi mereka sesuai kebutuhan. Dengan demikian, penggunaan skala prioritas bukan hanya membantu guru dalam mengelola tugas-tugas sehari-hari, tetapi juga dalam mencapai hasil pembelajaran yang lebih baik bagi siswa mereka.

Baca juga:
Refleksi Mutu Pendidikan Sekolah dengan Asesmen Nasional

Manfaat Skala Prioritas Bagi Pendidik

Dalam mengemban tugas sebagai pendidik, mengelola beragam tanggung jawab sehari-hari merupakan hal yang tak terhindarkan. Dari perencanaan pembelajaran hingga menilai kemajuan siswa, pendidik harus mampu menjalankan berbagai peran dengan efisien. Di sinilah pentingnya skala prioritas untuk para pendidik. Melalui pembahasan tentang manfaat skala prioritas ini, kita akan melihat bagaimana hal ini dapat mempermudah pendidik, seperti:

1. Memfasilitasi pengambilan keputusan yang lebih rasional

Skala prioritas dapat membantu guru dalam mengenali hal-hal yang paling krusial dalam konteks pengambilan keputusan. Ini memungkinkan mereka untuk membuat keputusan yang lebih bijak dan berfokus pada aspek yang memiliki dampak signifikan dalam lingkup pendidikan. Sebagai contoh, ketika dihadapkan pada pilihan antara mengalokasikan dana untuk meningkatkan fasilitas belajar atau untuk kegiatan ekstrakurikuler, seorang guru akan lebih mudah menentukan prioritasnya.

2. Meningkatkan kendali terhadap pengelolaan keuangan sekolah

Dengan menyusun skala prioritas kebutuhan keuangan, seorang guru dapat membantu mengelola anggaran sekolah dengan lebih efisien. Hal ini karena skala prioritas membuat guru lebih menyadari apa yang benar-benar diperlukan dalam pengelolaan dana sekolah, tidak hanya berdasarkan keinginan semata. Tujuannya mengurangi kemungkinan pemborosan dan memastikan dana sekolah dialokasikan dengan tepat sesuai prioritas pendidikan.

3. Mendorong perencanaan kurikulum yang lebih efektif

Dengan menggunakan skala prioritas, seorang guru dapat memprioritaskan tujuan pembelajaran yang esensial bagi perkembangan siswa. Ini tidak hanya membantu dalam menyusun rencana pembelajaran yang lebih terfokus, tetapi juga memastikan bahwa waktu dan sumber daya yang tersedia digunakan secara optimal untuk mencapai hasil pembelajaran yang diinginkan.

4. Menilai kemajuan siswa dengan lebih efektif

Penerapan skala prioritas memungkinkan seorang guru untuk menilai kemajuan siswa secara lebih sistematis. Dengan mengidentifikasi kebutuhan utama siswa dan memprioritaskan area pembelajaran yang perlu ditingkatkan. Seorang guru dapat memberikan bimbingan yang lebih tepat dan mendukung perkembangan akademik siswa secara lebih efektif.

5. Mengoptimalkan rencana pengembangan profesional guru

Skala prioritas juga dapat digunakan untuk merencanakan pengembangan profesional guru dengan lebih efektif. Dengan menetapkan prioritas pada bidang-bidang yang perlu diperbaiki atau dikembangkan. Seorang guru dapat memfokuskan upaya mereka pada pengembangan keterampilan dan pengetahuan yang paling relevan dengan tuntutan profesi mereka. Hal ini akan membantu meningkatkan kualitas pengajaran dan pembelajaran di sekolah.

Ketahui Manfaat Skala Prioritas bagi Tenaga Pendidik! Manfaat ke-2 Sering Dipandang Sebelah Mata!
Ilustrasi menulis skala prioritas (Gambar: Pexels/Abed albaset Alhasan)

Cara Menentukan Skala Prioritas

Dalam menjalankan peran sebagai pendidik, mengatur prioritas menjadi kunci utama untuk menjaga produktivitas dan efisiensi dalam mengelola berbagai tugas dan tanggung jawab. Melalui pembahasan tentang cara menentukan skala prioritas ini, kita akan menjelajahi langkah-langkah praktis yang dapat membantu pendidik dalam memprioritaskan tugas, seperti:

1. Prioritaskan berdasarkan tingkat pentingnya

Mengatur skala prioritas kebutuhan berdasarkan tingkat urgensi menjadi langkah pertama yang penting bagi seorang guru atau pendidik. Urgensi menentukan seberapa cepat suatu kebutuhan harus dipenuhi atau tindakan harus diambil. Dalam konteks pendidikan, ini bisa berarti menangani masalah siswa yang mendesak, seperti masalah perilaku atau kesulitan belajar yang perlu segera ditangani untuk mendukung kemajuan akademik mereka.

2. Sesuaikan dengan peluang yang ada

Dalam konteks ini, penting bagi seorang guru untuk menyusun kebutuhan mereka sesuai dengan peluang yang tersedia. Ini bisa mencakup peluang untuk pengembangan profesional, seperti pelatihan atau seminar yang relevan dengan bidang pengajaran mereka. Dengan memprioritaskan peluang. Seorang guru dapat terus meningkatkan keterampilan dan pengetahuan mereka pada akhirnya mendukung peningkatan kualitas pengajaran dan pembelajaran di kelas.

3. Pertimbangkan kemampuan dan kondisi pribadi

Seorang pendidik juga perlu menyusun kebutuhan mereka berdasarkan kemampuan dan kondisi pribadi. Ini mencakup mempertimbangkan faktor-faktor seperti waktu, energi, dan ketersediaan sumber daya finansial. Misalnya, jika seorang guru memiliki keterbatasan waktu karena tanggung jawab di luar sekolah, mereka mungkin perlu memprioritaskan tugas-tugas yang dapat diselesaikan dengan efisien dalam jangka waktu yang terbatas.

Baca juga:
Manfaat Menggunakan Media Pembelajaran Interaktif dalam Pembelajaran

4. Selalu memikirkan semua aspek

Dalam menyusun skala prioritas, seorang guru harus mempertimbangkan semua aspek yang relevan. Ini termasuk jumlah, kualitas, dan relevansi kebutuhan dengan tujuan pembelajaran dan perkembangan siswa. Selain itu, juga penting untuk mempertimbangkan faktor-faktor seperti biaya, waktu, dan dampak potensial dari setiap keputusan terhadap siswa dan lingkungan belajar mereka. Dengan mempertimbangkan semua pertimbangan ini, seorang guru dapat membuat keputusan yang lebih terinformasi dan efektif dalam mengelola tugas dan tanggung jawab mereka sebagai pendidik.

5. Evaluasi secara berkala

Seorang guru perlu melakukan evaluasi terhadap skala prioritasnya secara berkala. Ini memastikan bahwa skala prioritas tetap relevan dengan perubahan situasi dan kebutuhan, serta memungkinkan penyesuaian yang diperlukan. Dengan meninjau kembali prioritas secara teratur, seorang guru dapat memastikan bahwa fokusnya tetap pada hal-hal yang paling penting dalam mencapai tujuan pendidikan mereka.

Itulah penjelasan mengenai skala prioritas. Semoga artikel ini dapat memberikan sudut pandang baru bagi pendidik mengenai skala prioritasnya. Semoga juga siswa-siswa Indonesia terus maju dalam segala bidang karena memiliki guru yang berintegritas untuk memperbaiki dan mengembangkan pendidikan di Indonesia.

Referensi:
Anak Muda Masih Belum Banyak Paham Skala Prioritas
Cara Menyusun Skala Prioritas, Manfaat dan Faktor yang Mempengaruhiya
Mudah! Begini Cara Menyusun Skala Prioritas
Skala Prioritas: Faktor, Manfaat, dan Cara Menentukannya


Penulis: Francois Rynasher Mamarimbing | Penyunting: Putra

0

0

Komentar (0)

-Komentar belum tersedia-

Buat Akun Gratis di Guru Inovatif
Ayo buat akun Guru Inovatif secara gratis, ikuti pelatihan dan event secara gratis dan dapatkan sertifikat ber JP yang akan membantu Anda untuk kenaikan pangkat di tempat kerja.
Daftar Akun Gratis

Artikel Terkait

Temukan Jati Dirimu Lewat 3 Cara Berikut Ini!
6 Kecerdasan Inilah yang Mempengaruhi Kemampuan Berpikir dan Kesuksesan Tiap Manusia
3 min
Tapak Tilas Perjuangan Raden Dewi Sartika dalam Merdeka Belajar
4 min
Manajemen Stress untuk Meningkatkan Produktivitas

SANDYKA KURNIAWAN

Sep 14, 2021
2 min
Pentingnya Keluarga dalam Memperingati Hari Keluarga Nasional: Menyatukan Makna dan Merayakan Ikatan Keluarga yang Kuat
2 min

Guru Inovatif

Jam operasional Customer Service

06.00 - 18.00 WIB