5 Kisah Guru Inspiratif di Dunia - Guruinovatif.id: Platform Online Learning Bersertifikat untuk Guru

Diterbitkan 14 Mei 2024

5 Kisah Guru Inspiratif di Dunia

Kisah-kisah mengenai guru-guru inspiratif di berbagai belahan dunia selalu menyentuh hati dan memberikan inspirasi bagi banyak orang.

Refleksi

Redaksi Guru Inovatif

Kunjungi Profile
296x
Bagikan

Kisah-kisah mengenai guru-guru inspiratif di berbagai belahan dunia selalu menyentuh hati dan memberikan inspirasi bagi banyak orang. Dibalik setiap kisah tersebut terdapat dedikasi, pengorbanan, dan semangat yang luar biasa dalam membentuk masa depan generasi muda. Melalui artikel ini, kita akan menjelajahi lima kisah menginspirasi para pendidik yang telah memberikan dampak positif yang tak terlupakan dalam dunia pendidikan. Yuk simak artikel ini baik-baik!

1. Susan - Mendirikan Pendidikan Ditempat Pengungsian

5 Kisah Guru Inspiratif di Dunia

Susan mengalami kerugian besar ketika Israel melakukan serangan ke Gaza pada tahun 2014, membuatnya menjadi pengungsi. Namun, dia tidak ingin pengungsian hanya menjadi masa sulit belaka. Susan merasa bahwa di tengah kondisi sulit tersebut, pendidikan dan kebudayaan harus tetap ada. "Saya mengerti apa yang dibutuhkan mereka karena pada bulan Juli 2014, saya juga kehilangan rumah saya seperti mereka," ungkap Susan, wanita Palestina ini. Dengan hadirnya sekolah dan guru di tempat pengungsian, anak-anak di sana memiliki kesempatan untuk mendapatkan pendidikan dan motivasi, membantu mereka meredakan emosi dan trauma yang mereka alami. Selain itu, Susan juga melihat banyak wanita di pengungsian yang tidak aktif. Oleh karena itu, dia mendirikan tempat workshop keterampilan bagi para wanita di sana.

Baca juga:
5 Puisi Menarik Hari Pendidikan Nasional

2. Edward Gabada - Keterbatasan Bukan Halangan

5 Kisah Guru Inspiratif di Dunia

Di sebuah daerah pedesaan di Afrika Selatan yang dihadapkan pada berbagai keterbatasan, keberadaan Edward di Sekolah Menengah Mpondombini adalah seperti cahaya di tengah kegelapan. Meskipun kebutuhan dasar seperti air dan listrik seringkali tidak terpenuhi, Edward berhasil meningkatkan tingkat kelulusan siswa dari hanya sekitar 23 persen menjadi mencapai 96 persen. Menurut Edward, peran mereka di sekolah ini adalah memberikan arahan dan motivasi kepada para siswa. Dia percaya bahwa orang tua yang mengirimkan anak-anak mereka ke sekolah memiliki harapan besar, dan Edward berkomitmen untuk tidak mengecewakan mereka dengan terus mendorong kemampuan belajar siswa-siswanya.

3. Sarwendah Kongtesha - Mengajar di Sekolah Pedalaman Flores

5 Kisah Guru Inspiratif di Dunia

Sarwendah Kongtesha mengambil bagian dalam program Sarjana Mendidik di Daerah Terluar, Terdepan, dan Tertinggal (SM3T), di mana dia ditugaskan untuk mengajar di Desa Wai Kela, Kecamatan Adonara, Kabupaten Flores Timur, yang mayoritas penduduknya beragama Katolik. Meskipun sebagai seorang Muslim yang memakai jilbab, Sarwendah tidak merasa terhalang oleh perbedaan keyakinan tersebut. Meskipun pada awalnya merasa canggung, Sarwendah merasa didukung oleh masyarakat dan kepala sekolah, yang bahkan membantunya mencari tempat tinggal tanpa meminta bayaran. Masalah berjilbabnya pun ia diskusikan dengan istri kepala sekolah dan mendapat tanggapan positif. Pengalaman Sarwendah ini menyoroti keindahan toleransi suku dan agama di tengah keragaman masyarakat Indonesia.

4. Anders Godoy- Memotivasi murid dari ketidaksempurnaan

5 Kisah Guru Inspiratif di Dunia

Seorang pria dari Chili ini bukanlah seorang musisi konvensional, melainkan seorang yang memiliki bakat luar biasa. Sejak usia 14 tahun, Anders kehilangan kedua tangannya, tetapi hal itu tidak menghalangi kreativitasnya dalam berkarya. Dia bahkan sering diundang untuk memberikan motivasi kepada siswa di berbagai sekolah. Selain itu, Anders juga aktif dalam mengembangkan program pendidikan untuk narapidana di berbagai negara, dari Santiago hingga Shanghai.

Baca juga:
Jenis-Jenis Artikel yang Perlu Anda Ketahui Beserta Contohnya

5. Zully Hijah - Mandi dengan Air Hitam

5 Kisah Guru Inspiratif di Dunia

Zully Hijah Yanti AD, seorang perempuan asal Aceh berusia 23 tahun, turut serta dalam program SM3T dan ditempatkan di daerah Sambas, Kalimantan Barat. Dia mengajar di SMP Negeri 4 Satu Atap di Desa Sungai Tomab, Kecamatan Salatiga, Kabupaten Sambas. Meskipun menghadapi cuaca panas ekstrem yang menyebabkan hidungnya berdarah dan menggunakan air sungai sebagai sumber kehidupan sehari-hari, Zully merasa bersyukur karena mendapat perlakuan baik dari masyarakat setempat.

Inilah beberapa kisah inspiratif dari para guru. Semoga kisah-kisah tersebut dapat memberikan motivasi bagi guru dan siswa untuk semakin bersemangat dalam belajar. Jangan lupa untuk terus mengembangkan potensi diri dan bersyukur atas segala hal.

Referensi:
5 Kisah guru inspiratif yang berjuang di daerah pedalaman Indonesia
Kisah 5 Guru yang Mengabdi di Daerah Pedalaman, Inspiratif!
Kisah Tiga Guru Inspiratif dari Berbagai Belahan Dunia

Ingin tingkatkan kualitas mengajar Anda? Bingung dimana tempatnya?
Daftar di GuruInovatif.id sekarang untuk mendapatkan 7 hari gratis layanan premium! dan akses ke seluruh materi online course serta fasilitas lainnya!

Gabung membership guruinovatif.id

Penulis: Francois Rynasher Mamarimbing | Penyunting: Putra

0

0

Komentar (0)

-Komentar belum tersedia-

Buat Akun Gratis di Guru Inovatif
Ayo buat akun Guru Inovatif secara gratis, ikuti pelatihan dan event secara gratis dan dapatkan sertifikat ber JP yang akan membantu Anda untuk kenaikan pangkat di tempat kerja.
Daftar Akun Gratis

Artikel Terkait

Apa itu Authoritarian Parenting? Pola Asuh yang Otoriter!
2 min
Menjadi Teman Bagi Remaja
4 min
10 Ucapan Hari Raya Idul Fitri 2024 M /1445 H Penuh Makna untuk Guru
4 min
Tips & Trik Bijak Mengelola Uang THR untuk Masa Depan yang Gemilang
4 min
Filsafat Pendidikan dalam Film 3 Idiots
3 min
Cara Guru Menciptakan & Menjaga Kenyamanan Suasana Kelas

Guru Inovatif

Jam operasional Customer Service

06.00 - 18.00 WIB

Kursus Webinar