Jenis-Jenis Artikel yang Perlu Anda Ketahui Beserta Contohnya - Guruinovatif.id: Platform Online Learning Bersertifikat untuk Guru

Diterbitkan 08 Mei 2024

Jenis-Jenis Artikel yang Perlu Anda Ketahui Beserta Contohnya

Menulis artikel adalah proses yang melibatkan pembuatan sebuah karya tulis yang terstruktur dan informatif tentang suatu topik atau tema. Setiap langkah memainkan peran penting, mulai dari mengidentifikasi topik, menyusun kerangka, mengumpulkan informasi, menulis konten.

Refleksi

Redaksi Guru Inovatif

Kunjungi Profile
131x
Bagikan

Menulis artikel adalah proses yang melibatkan pembuatan sebuah karya tulis yang terstruktur dan informatif tentang suatu topik atau tema. Setiap langkah memainkan peran penting, mulai dari mengidentifikasi topik, menyusun kerangka, mengumpulkan informasi, menulis konten, hingga tahap revisi dan penyuntingan. Kualitas tulisan, keaslian ide, kejelasan, dan ketepatan informasi menjadi kunci agar artikel bermanfaat bagi pembaca. Selain itu, gaya penulisan yang menarik, bahasa yang jelas, serta penggunaan referensi yang akurat turut meningkatkan kualitas tulisan. Tak hanya itu, penulis juga perlu memahami setiap jenis artikel yang ingin dibuat, seperti artikel edukasi yang membahas seputar pendidikan, artikel ilmiah membahas mengenai karya tulis baru, dan artikel feature membahas mengenai cerita unik. Mau tahu lebih lanjut? Yuk simak baik-baik tulisan ini untuk lebih paham!

Jenis-Jenis Artikel

Dalam menulis sebuah artikel, penulis harus tau artikel apa yang ingin dibuat. Untuk itu perlu memahami jenis artikel, seperti:

1. Artikel berita

Artikel berita bertujuan untuk memberikan informasi terkini tentang suatu peristiwa atau kejadian. Biasanya, artikel berita ditulis secara objektif dan menggunakan format piramida terbalik, di mana informasi terpenting diberikan pada bagian awal artikel dan diikuti dengan informasi tambahan yang mendukung.

2. Artikel feature

Artikel feature lebih mendalam dan lebih fokus pada cerita. Artikel ini seringkali membahas topik yang unik, menarik, atau menginspirasi, dan memberikan ruang lebih bagi penulis untuk mengekspresikan gaya pribadi mereka. Biasanya, artikel feature memiliki gaya penulisan yang lebih kreatif dan naratif.

3. Artikel opini

Artikel opini berisi pandangan atau pendapat penulis tentang suatu topik atau isu tertentu. Penulis biasanya memberikan analisis atau evaluasi subjektif mereka terhadap topik tersebut dan memberikan argumen yang mendukung pendapat mereka. Artikel opini sering menjadi tempat bagi penulis untuk menyuarakan pandangan atau pemikiran mereka.

4. Artikel ilmiah

Artikel ilmiah merupakan karya tulis yang didasarkan pada penelitian atau studi ilmiah. Artikel ini biasanya dipublikasikan dalam jurnal ilmiah dan mengikuti format yang ketat, termasuk pendahuluan, metode, hasil, dan kesimpulan. Tujuan artikel ilmiah adalah untuk menyampaikan pengetahuan baru atau temuan hasil penelitian kepada komunitas ilmiah.

5. Artikel edukasi

Artikel edukasi bertujuan untuk memberikan informasi atau pengetahuan kepada pembaca tentang suatu topik tertentu. Artikel ini sering digunakan dalam konteks pendidikan formal atau non-formal untuk memberikan pembelajaran tambahan atau penjelasan tentang suatu konsep atau materi.

6. Artikel review

Artikel review memberikan evaluasi atau tinjauan tentang suatu produk, karya seni, buku, atau layanan. Penulis biasanya memberikan analisis mendalam tentang kelebihan dan kekurangan dari objek yang direview serta memberikan rekomendasi kepada pembaca.

Contoh Artikel Menarik berbagai Tema

Setelah memahami jenis artikel pada bagian sebelumnya, maka Anda harus melihat contoh sebuah artikel dari berbagai tema, seperti:

Jenis-Jenis Artikel yang Perlu Anda Ketahui Beserta Contohnya
Ilustrasi menulis artikel (Gambar: Pexels/Bongkarn Thanyakij)

1. Contoh Artikel Pendidikan

Mengenal Jenis-jenis Teks Bahasa Inggris Beserta Struktur & Contohnya

Oleh: Intan Aulia Husnunnisa

Reading merupakan salah satu aspek yang dinilai dalam tes kemahiran bahasa Inggris seperti pada TOEFL atau pun IELTS. Nah, kalau berbicara tentang reading pasti tak lepas dari yang namanya kalimat dan teks bahasa Inggris.

Pada umumnya, macam-macam teks yang akan kamu pelajari di artikel ini nggak jauh berbeda dengan jenis teks dalam bahasa Indonesia. Masing-masing teks tersebut memiliki tujuan atau fungsi sosial masing-masing. Jadi, yuk kita cari tahu definisi, fungsi, struktur, dan contoh paragraf dari setiap teks-nya!

Pengertian teks

Teks adalah sebuah tulisan yang disusun dengan kalimat yang memiliki konteks. Kalau dalam teori sastra, teks adalah segala benda yang dapat “dibaca”, baik benda tersebut berupa karya sastra, tanda jalan, atau gaya pakaian.

Tapi, dalam hal ini, cakupannya hanya akan seputar “tulisan” saja ya, guys. Maka dari itu, setiap teks bahasa Inggris memiliki struktur dan kaidah kebahasaan (language feature) dalam penulisannya.

Jenis-jenis teks bahasa Inggris

Beberapa jenis teks bahasa inggris yang perlu diketahui, seperti:

1. Descriptive text

Descriptive text bertujuan untuk menggambarkan/menjelaskan kepada pembaca mengenai seseorang, tempat, benda, hewan, dan hal lainnya secara detail. Pada teks ini, suatu objek akan dipaparkan secara rinci. Fungsinya supaya pembaca bisa membayangkan bagaimana bentuk, suasana, atau wujud dari suatu objek. Struktur dari descriptive text adalah identification dan description.

2. Explanation text

Sederhananya, descriptive text itu berisi mengenai penjelasan yang menjawab pertanyaan “what” atau “apa”. Nah, sementara, explanation text adalah jenis teks untuk menjawab pertanyaan “how”, alias bagaimana. Jadi, teks eksplanasi berfungsi untuk menjelaskan bagaimana suatu hal bisa terjadi, sifatnya logis dan mendetail.

Umumnya explanation text digunakan banyak orang untuk memaparkan fenomena alam, sosial, dan juga budaya. Supaya pembaca bisa semakin mudah untuk memahami isi teks, biasanya sang penulis akan melengkapi teks dengan gambar yang relevan. Struktur dari explanation text adalah general statement, explanation, dan ada juga yang menambahkannya dengan conclusion.

3. Recount text

Kamu hobi mengabadikan pengalaman melalui tulisan? Nah, berarti recount text bisa jadi salah satu teks yang cocok untuk kamu tulis. Jadi, recount adalah teks yang menjelaskan cerita/pengalaman dari kejadian lampau, misal cerita traveling, mengikuti lomba, dan lain-lain.  Struktur teks recount adalah orientation, series of event, kemudian diakhiri dengan reorientation.

4. Narrative text (Teks Naratif)

Apakah kamu sering mendengarkan kisah Cinderella dan sepatu kacanya? Yap! Itu merupakan salah satu contoh dari narrative text atau narasi yang bersifat fiktif dan menghibur. Narrative text merupakan sebuah teks yang biasa dijadikan sebagai bahan story telling atau dongeng bahasa Indonesia mau pun bahasa Inggris. Generic structure dari narrative text adalah orientation, complication, resolution, dan yang terakhir reorientation.

5. Report text

Kalau membaca kata “report”, biasanya kita akan langsung teringat dengan “laporan”. Yap, teks ini digunakan untuk menuliskan laporan/informasi dari suatu objek, atau bisa juga dari hasil penelitian. Hmm, apa bedanya dengan descriptive text?

Kalau tujuan dari teks deskripsi itu menceritakan sesuatu secara detail dan lebih spesifik. Nah, dalam report text, sebuah objek akan digambarkan secara umum. Contohnya adalah mengenai “My Cat”, lalu kamu menuliskan bagaimana warna kucing itu, siapa namanya, apa jenisnya, bagaimana ciri-cirinya, etc.

Teks report akan memberikan deskripsi terhadap “Cat” pada umumnya. Misal kakinya ada berapa, bagian tubuhnya ada apa saja, and many more. Dalam teks ini, generic structure yang akan kamu temukan adalah  general classification dan description.

Meskipun jenis teks bahasa Inggris-nya cukup banyak, kamu nggak perlu galau. Soalnya, English Academy kan sudah memberikan penjelasan masing-masing jenis teks yang populer pada artikel terpisah. Jadi, kamu bisa belajar dengan lebih detail melalui artikel tersebut. Semangat!

2. Contoh Artikel Ilmiah Populer

Pentingnya Kesehatan Mental di Dunia Kerja dan Cara Mengelolanya

Oleh: Kusariani Adinda

Belakangan ini, isu kesehatan mental sering diperbincangkan oleh banyak kalangan, salah satunya di dunia kerja. Di lingkungan kerja sendiri, kesehatan mental yang stabil dan terjaga akan membuat para karyawan lebih bahagia dan produktif dalam bekerja. Hal ini didorong oleh perusahaan serta para atasan yang suportif dan apresiatif, sehingga para karyawan menjadi lebih semangat dalam mencapai target perusahaan serta menimbun ilmu dari pekerjaan yang dilakukan.

Menurut Celestinus Eigya Munthe selaku Direktur Kesehatan Jiwa dan NAPZA Kementerian Kesehatan, terjadi peningkatan gangguan kesehatan mental saat pandemi terjadi di tahun 2020, seperti 6,8% meningkatnya penderita gangguan kecemasan dan 8,5% mengalami depresi. Kemudian, Kementerian Kesehatan RI juga mencatat bahwa lebih dari 1.000 orang melakukan percobaan bunuh diri. Munculnya gangguan kesehatan jiwa ini berawal dari burnout yang berkepanjangan.

Dalam dunia kerja, hal ini dipicu oleh banyaknya tekanan dari perusahaan yang berimbas secara psikologis dan emosional pekerja. Kemudian, terjadilah gejala psikosomatis yang mempengaruhi kesehatan fisik tubuh. Misalnya, rasa sakit perut hingga mual dan muntah saat perjalanan kantor, sakit kepala menjelang tidur malam.

Tanda-tanda pekerja mengalami gangguan kesehatan mental

Menurut Jasmine Patel dalam peoplescout.com, berikut adalah tanda-tanda karyawan yang sedang mengalami stres dan gangguan kesehatan pada mental mereka:

  • Rendahnya produktivitas dan motivasi untuk bekerja.

  • Mood karyawan mudah sekali berubah, seperti mudah nervous, mudah tersinggung, banyak diam.

  • Absen dalam beberapa hari. Bisa dengan alasan sakit, akan tetapi karyawan sedang butuh istirahat dan menghindari berbagai hal yang dapat menyerang mentalnya di kantor.

  • Emosional pekerja tidak stabil, bisa sedih hingga berhari-hari.

  • Menghindar dari interaksi sosial di kantor, baik dengan para atasan maupun rekan tim. Hal ini dikarenakan rasa takut berlebih jika obrolan akan menyinggung kepada kinerja dan suasana hati yang sedang tidak baik.

  • Sulit tidur karena memikirkan hal seperti apa yang akan terjadi di esok hari.

Cara mengelola kesehatan mental yang terganggu dari diri sendiri

Menurut seorang psikolog di bidang karir, rasa stres dan cemas yang mengganggu dapat dipulihkan secara perlahan dengan kesadaran diri sendiri. Meskipun perasaan itu akan terus datang dan pergi, berkali-kali, akan tetapi kamu sendiri dapat menghalangi kesehatan mental yang sedang terganggu dengan aktivitas yang menyenangkan. Berikut beberapa contoh healing yang bisa kamu coba untuk relaksasi jiwa dan raga.

  • Membiasakan diri untuk hidup work life balance, yaitu menjalani kehidupan personal dan pekerjaan dengan seimbang.

  • Olahraga untuk membangun kesehatan fisik dan memperbaiki mood, minimal 3 kali dalam seminggu. Cobalah untuk tersenyum saat dan setelah olahraga, ya!

  • Makan makanan yang sehat dan penuh gizi, tapi tetap lezat!

  • Luangkan waktu untuk melakukan hobi yang kamu suka. Bisa kamu coba di hari libur kerja, atau setelah jam kerja.

  • Menjalin komunikasi dengan keluarga, sahabat, dan orang terkasih dengan obrolan yang positif.

Cara perusahaan mengelola kesehatan mental karyawan

Selain kesadaran diri, kesehatan mental juga perlu disadari oleh manajemen perusahaan. Untuk itu, jika kamu sebagai karyawan sedang bekerja di perusahaan dengan kesadaran kesehatan mental yang tinggi, kamu amat beruntung!

Lalu, bagaimana cara perusahaan dalam membantu para karyawan agar selalu terjaga kesehatan mental mereka?

  • Membuat program asistensi karyawan sebagai review apa saja kendala, kritik, serta saran para karyawan selama bekerja di perusahaan. Program ini gratis, tim manajemen bisa mengumpulkan berbagai testimoni kerja karyawan melalui email, telepon, atau pertemuan tatap muka.

  • Memberlakukan sistem kerja work from home atau hybrid dengan jam kerja yang fleksibel. Dikutip dari supportroom.com, studi dari The Bupa di Inggris menyatakan bahwa sistem kerja ini sangat membantu mengontrol mental karyawan dalam bekerja.

  • Menyediakan jasa konsultasi bersama psikolog yang biayanya ditanggung oleh perusahaan.

  • Memberi fasilitas asuransi kepada karyawan. Di Indonesia umumnya perusahaan yang peduli terhadap kesejahteraan para pekerja menyediakan fasilitas BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan.

  • Tim keuangan perusahaan bersedia menerima pengembalian dana ke karyawan jika berobat ke psikolog atau psikiater.

Suasana dan lingkungan di dunia kerja sangatlah kompleks dan kita tidak bisa duga sebelumnya. Jika perusahaan tempat kamu bekerja tidak memberikan ruang kesejahteraan dengan jelas, para atasan yang memiliki ekspektasi tinggi terhadap kerjamu, ditambah lagi dengan segala kerumitan pekerjaan yang membuatmu lelah secara mental hingga mengalami gangguan, kamu sangatlah butuh bantuan.

3. Contoh Artikel Ilmiah

Analisis Fonetik pada Realisasi Konsonan dalam Bahasa Indonesia

oleh: Salsabila Nanda

Abstrak

Artikel ini bertujuan untuk melakukan analisis fonetik terhadap realisasi konsonan dalam bahasa Indonesia. Dalam lingkup ini, penelitian difokuskan pada konsonan-konsonan tertentu dan variasi-variasi fonetik yang mungkin terjadi dalam produksi suara. Metode penelitian yang digunakan melibatkan rekaman percakapan sehari-hari dari berbagai penutur bahasa Indonesia dari berbagai daerah.

Pendahuluan

Fonetik merupakan cabang linguistik yang mempelajari produksi, transmisi, dan penerimaan bunyi. Dalam konteks bahasa, fonetik membantu kita memahami bagaimana suara-suaranya dihasilkan oleh manusia. Penelitian fonetik pada bahasa Indonesia memiliki relevansi penting untuk pemahaman lebih dalam tentang variasi fonetik dalam konteks linguistik yang lebih luas.

Metode penelitian

Pengumpulan data dilakukan melalui rekaman percakapan informal antara penutur bahasa Indonesia dari berbagai latar belakang geografis. Penggunaan perangkat perekam suara berkualitas tinggi memastikan bahwa data yang diperoleh dapat dianalisis dengan akurat. Seleksi penutur dilakukan secara acak untuk mencakup variasi dialek dan gaya bicara.

Pembahasan

Pada bagian ini akan membahas seperti:

Analisis Fonetik

Pada tahap ini, fokus utama adalah pada realisasi konsonan dalam bahasa Indonesia. Konsonan-konsonan tertentu seperti /p/, /t/, dan /k/ dianalisis untuk melihat variasi fonetik dalam konteks berbeda. Faktor-faktor seperti posisi konsonan dalam kata, pengaruh konsonan sekitarnya, dan variasi dialek diidentifikasi sebagai elemen-elemen yang dapat memengaruhi realisasi fonetik.

Temuan

Analisis data menunjukkan variasi fonetik yang signifikan dalam realisasi konsonan tertentu. Misalnya, konsonan /t/ mungkin mengalami aspirasi yang berbeda tergantung pada posisi dalam kata. Variasi ini dapat dihubungkan dengan pengaruh fonetik dari konsonan sekitarnya atau fitur-fitur fonologis khusus dalam dialek tertentu.

Simpulan

Hasil penelitian ini memberikan kontribusi pada pemahaman kita tentang variasi fonetik dalam bahasa Indonesia. Implikasi dari temuan ini dapat melibatkan perbaikan dalam transkripsi fonetik bahasa Indonesia, pengembangan teknologi pengenalan suara, dan pemahaman lebih baik tentang proses produksi suara dalam konteks linguistik yang lebih luas.

Saran

Penelitian selanjutnya dapat memperdalam pemahaman tentang faktor-faktor yang mempengaruhi variasi fonetik, termasuk pengaruh lingkungan sosial dan budaya terhadap produksi suara. Selain itu, pengumpulan data dari kelompok penutur bahasa Indonesia yang lebih luas dan representatif dapat memperkaya analisis fonetik dalam konteks yang lebih holistik.

Itulah beberapa contoh artikel dari berbagai tema, setelah memahami jenis-jenis artikel, Anda dapat mengembangkan kemampuan menulis Anda salah satunya dengan cara mengikuti lomba artikel dan menampilkan karya terbaik Anda dalam lomba artikel yang diselenggarakan oleh GuruInovatif dan KampusInovatif. Disini Anda dapat menguji kemampuan menulis, mengekspresikan ide-ide brilian, dan meraih pengakuan untuk karya Anda. Jangan biarkan kesempatan ini terlewatkan! Ayo tunjukkan bakat dan kreativitas Anda dengan ikut serta dalam lomba artikel sekarang di link berikut ini!

Simak syarat & ketentuan lomba disini

Referensi:
10 Contoh Artikel Bahasa Indonesia Lengkap dengan Strukturnya
Contoh Artikel dalam Berbagai Jenis beserta Penjelasannya

Penulis: Francois Rynasher Mamarimbing | Penyunting: Putra

0

0

Komentar (0)

-Komentar belum tersedia-

Buat Akun Gratis di Guru Inovatif
Ayo buat akun Guru Inovatif secara gratis, ikuti pelatihan dan event secara gratis dan dapatkan sertifikat ber JP yang akan membantu Anda untuk kenaikan pangkat di tempat kerja.
Daftar Akun Gratis

Artikel Terkait

Pembelajaran Diferensiasi Yang Menarik Dengan Media Literasi Digital Visual
Ibu, Cinta, dan Kasih yang Abadi dalam Sanubari
3 min
Meningkatkan Keterampilan Berbahasa dan Kosakata Bahasa Inggris dengan Aplikasi Spelling Bee
4 min
Growth Mindset Untuk Berakhlak Mulia

AFWAN YAZID

Oct 27, 2023
3 min
Tapak Tilas Perjuangan Raden Dewi Sartika dalam Merdeka Belajar
4 min
Guru di Zaman Now: Menyulam Literasi Digital melalui Inovasi Pendidikan Cemerlang

Guru Inovatif

Jam operasional Customer Service

06.00 - 18.00 WIB