10 Ucapan Hari Raya Idul Fitri 2024 M /1445 H Penuh Makna untuk Guru - Guruinovatif.id: Platform Online Learning Bersertifikat untuk Guru

Diterbitkan 08 Apr 2024

10 Ucapan Hari Raya Idul Fitri 2024 M /1445 H Penuh Makna untuk Guru

Bulan Ramadhan sebentar lagi berakhir, Hari Raya Idul Fitri 2024 M /1445 H sudah di depan mata. Tradisi mengucapkan selamat hari lebaran sudah lazim dilakukan di Indonesia. Terdapat berbagai referensi ucapan terbaik untuk setiap guru dalam menyongsong lebaran tahun 2024. Yuk, simak artikel ini!

Refleksi

Redaksi Guru Inovatif

Kunjungi Profile
4904x
Bagikan

Hari Raya Idul Fitri merupakan sebuah momen yang ditunggu-tunggu oleh seluruh umat muslim di seluruh dunia. Bahkan, tahun ini di Indonesia lebaran Idul Fitri terasa lebih bermakna, dengan tingkat toleransi antarumat beragama yang semakin baik dan erat. Banyak momen yang dirasa menyentuh hati, seperti ‘war takjil’ yang saat ini sedang marak di sosial media. Fenomena ini menciptakan dinamika baru, bahwa perayaan Hari Raya Idul Fitri mendapatkan atusiasme dari seluruh umat beragama.

Momentum Hari Raya Idul Fitri dapat digunakan untuk mengucapkan permintaan maaf dan bersilaturahmi dengan siapa saja. Disamping itu, momen lebaran ini dapat dimanfaatkan warga sekolah sebagai wadah dalam apresiasi dan ungkapan terima kasih, misalnya untuk guru. Ungkapan tersebut dapat mewakili permintaan maaf atas kesalahan disengaja maupun tidak selama beraktivitas di kelas maupun di lingkungan sekolah.

Tradisi Ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri

Menjelang lebaran beberapa orang berbondong-bondong mencari ungkapan yang tepat untuk merayakan momen tersebut. Dalam syariat Islam, menganjurkan umatnya mengucapkan selamat Hari Raya Idul Fitri. Dengan memberikan ucapan selamat akan memiliki makna dalam mempererat tali persaudaraan dan sebagai simbol kegembiraan antarumat beragama di hari raya.

Kalimat yang diucapkan ketika menyongsong momen lebaran harapannya dapat mengandung doa atau harapan yang baik bagi setiap orang. Ucapan-ucapan yang lazim diucapkan hingga menjadi tradisi oleh umat muslim di Indonesia dalam meyambut Hari Raya Idul Fitri yaitu:

تَقَبَّلَ اللَّهُ مِنَّا وَمِنْك

Latin: Taqaballahu minna wa minkum

Artinya: "Semoga Allah menerima amal ibadah kami dan amal ibadah kalian."

‏مِنَ الْعَائِدِيْن وَالْفَائِزِيْن‎

Latin: Minal 'aidiin wal faaiziin

Artinya: “Semoga kita tergolong orang-orang yang kembali dan berhasil."

Kedua ungkapan tersebut dapat dimanfaatkan ketika berkomunikasi sesama umat muslim. Selain itu, ucapan tersebut juga dapat digunakan sebagai ungkapan doa untuk semua orang, salah satunya guru. Ucapan ini secara tersirat mengungkapkan permintaan maaf dan mengajak setiap guru untuk mengharapkan keberkahan dan kebahagiaan atas Hari Raya Idul Fitri.

Selain itu, terdapat referensi ucapan lainnya yang dapat ditujukan untuk guru dalam menyambut lebaran 2024.

10 Ucapan Hari Raya Idul Fitri 2024 M /1445 H Penuh Makna untuk Guru
Hari Raya Idul Fitri menjadi momen untuk kumpul keluarga (Gambar: Canva/Odua Images)

10 Ucapan Hari Raya Idul Fitri Penuh Makna untuk Guru

Berikut ini 10 ucapan selamat Hari Raya Idul Fitri 2024 M /1445 H yang cocok dibagikan kepada guru melalui pesan singkat:

  1. Air tak selalu jernih, begitu juga ucapanku. Langit tak selalu indah, begitu juga harapanku. Jalan tak selalu lurus, begitu juga langkahku. Maka di hari yang fitri ini izinkan aku mengetuk pintu maafmu atas kesalahan yang mungkin di sengaja atau tidak selama menjadi siswamu. Taqabbalallahu minna wa minkum, Selamat Hari Raya Idul Fitri 2024 M /1445 H.
  2. Bukan bingkisan mewah yang mampu saya berikan, namun hanya seuntai kata maaf atas kesalahan yang telah saya perbuat selama menjadi siswamu. Bapak/Ibu guruku, mohon maaf lahir batin. Selamat Hari Raya Idul Fitri 2024 M /1445 H.
  3. Bapak/Ibu guru terima kasih atas kesabaran, keihklasan dan ilmu bermanfaat yang telah engkau berikan. Tanpa sadar diri ini mungkin melakukan banyak hal yang tidak berkenan di hati. Mohon maaf lahir dan batin, Selamat Hari Raya Idul Fitri Bapak/Ibu Guru.
  4. Bapak/Ibu Guru, kami memang tidak bisa mempersembahkan kata-kata indah. Namun, ilmumu telah menjadikan kami manusia bermartabat. Terima kasih Bapak dan Ibu Guru, taqabbalallahu minna wa minkum, Selamat Hari Raya Idul Fitri 2024 M /1445 H.
  5. Lantunan takbir telah berkumandang sebagai pertanda hari kemenangan telah tiba. Untuk Bapak/Ibu Guru tercinta, mohon maaf lahir dan batin selamat Hari Raya Idul Fitri 2024 M/1445 H.
  6. Apabila jemari tak mampu berjabat, tetapi seuntai kata maaf mampu menjunjung hormat. Maka di hari yang fitri ini izinkan aku menebus dosa yang telah ku perbuat, mohon maaf lahir dan batin guruku tercinta. Selamat Hari Raya Idul Fitri 2024 M/1445 H.
  7. Bapak/Ibu guru terima kasih atas dedikasi mulia yang telah engkau berikan. Semoga ilmu yang telah engkau berikan dapat menjadi manfaat dan amal jariyah. Terima kasih Bapak dan Ibu Guru, taqabbalallahu minna wa minkum, Selamat Hari Raya Idul Fitri 2024 M /1445 H.
  8. Bersama lantunan takbir telah berkumandang, saya ingin mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 2024 M /1445 H untuk Bapak/Ibu Guru tercinta. Terima kasih atas jasamu menjadi lentera menemani langkahku dan salahku selama menuntut ilmu.
  9. Mata sering salah menatap, mulut sering salah berucap, hati sering salah prasangka. Di hari yang fitri dengan niat yang tulus saya ucapkan mohon maaf lahir dan batin. Selamat Lebaran Bapak/Ibu guru tersayang.
  10. Terimakasih telah menjadi cahaya diantara kegelapan yang membelenggu. Engkau selalu menjadi teladan disamping kehampaan langkah-langkah kecil kami. Semoga kebahagiaan terus menyertaimu. Bersama lantunan takbir, izinkan aku memohon maaf atas kesalahan disengaja maupun tidak. Selamat Hari Raya Idul Fitri 2024 M /1445 H Bapak/Ibu guru tercinta.

Itu dia 10 ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri 2024 M /1445 H. Semoga ucapan-ucapan di atas mampu menyampaikan pesan kegembiraan serta kebahagiaan antarumat beragama. Selain itu, semoga artikel ini dapat bermanfaat dan membantu dalam memberikan ucapan terbaik untuk setiap guru dalam menyongsong lebaran tahun 2024.

Referensi:
15 Ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri untuk Guru, Sopan dan Berkesan
100 Ucapan Hari Raya Idulfitri 2024 yang Menyentuh Hati

Dapatkan pelatihan privat di sekolah Anda untuk meningkatkan kualitas akademik guru dan akademik sekolah bersama trainer pilihan.
Waktu dan tempat sesuai pilihan Anda!
Konsultasi GRATIS!


Penulis: Apheela Leony Nusantari Putri | Penyunting: Putra

1

0

Komentar (1)

Septian Dicky

Apr 09, 2024

keren bgt mba aphelaa 🔥
Buat Akun Gratis di Guru Inovatif
Ayo buat akun Guru Inovatif secara gratis, ikuti pelatihan dan event secara gratis dan dapatkan sertifikat ber JP yang akan membantu Anda untuk kenaikan pangkat di tempat kerja.
Daftar Akun Gratis

Artikel Terkait

Mari Introspeksi! Inilah 5 Ciri Orang yang Punya Growth Mindset
4 min
Apa itu Authoritarian Parenting? Pola Asuh yang Otoriter!
2 min
Ragam Ketakutan yang dapat Menghambat Aktivitas dan Tips untuk Menghadapinya
6 min
Hari Lahir Pancasila: Makna, Sejarah, dan Pentingnya dalam Identitas Bangsa Indonesia
2 min
Yang Harus Diketahui Mengenai Bullying
4 min
Perhatian Islam Terhadap Mental Health Guru
3 min

Guru Inovatif

Jam operasional Customer Service

06.00 - 18.00 WIB