Akibat Malas, Gagal Meraih Cita-Cita - Guruinovatif.id

Diterbitkan 18 Jul 2024

Akibat Malas, Gagal Meraih Cita-Cita

Prisnsip Kaizen ini bisa diterapin pada berbagai bidang dan bisa dilakukan oleh siapa saja. Habit atau kebiasaan ini bisa menjadi senjata ampuh untuk bisa mencapai cita-citamu. Apa itu Kaizen?

Refleksi

Sri Mukti Handayani

Kunjungi Profile
144x
Bagikan

Hai anak-anak hebat! Pernahkah kalian merasa malas dalam belajar atau melakukan sesuatu kebaikan? Rasanya tuh berat banget untuk bergerak. Nah jika pernah, itu wajar saja untuk dirasakan pada setiap orang. Namun jika hal ini dibiarkan terus menerus akan berakibat buruk untuk masa depan kalian.

Biasanya, kemudian kalian langsung bilang  pada diri sendiri untuk mulai melakukannya hari ini. Tapi, setelah dipikir-pikir kayaknya dilakukan besok saja. Dan kurang beruntungnya, saat esok hari ada kegiatan lain. Akhirnya berpikir lusa saja dilakukan. Lalu berganti awal bulan saja. Hmmm sampai akhirnya tidak dikerjakan sama sekali. Nah pastinya banyak banget  yang mempunyai masalah seperti ini. Sering menunda-nunda pekerjaan yang sangat penting dalam hidup kita. Atau sering juga nih kita mengerjakan tugas-tugas di waktu yang terburu-buru. Tunggu deadline saja biasanya. Menunda-nunda itu banyak alasannya,  ada yang main game, makan terus, bermain dsb. Padahal semua hal itu tidak baik dilakukan jika keterusan dan sering mengulangnya. Akibatnya hasilnya tidak bagus/ maksimal.

Jadi, bagaimana mengatasi atau melawan rasa malas itu?

Nah, kita perlu belajar nih dari sebuah negara yang sangat disiplin yaitu, negara Jepang yang anti banget sama rasa malas. Seluruh dunia sudah tahu etos kerjanya yang baik dan orang orangnya yang sangat disiplin. Mengapa bisa seperti itu?

Ternyata, mereka mempunyai kebiasaan mengulang rutinitas kecil yang positif setiap harinya secara konsisten sampai membudaya pada setiap keturunannya. Mereka menjadi orang yang disiplin dan tidak malas malasan. Ada konsep pembelajaran yang dipakai, yaitu teknik Kaizen. 

Kaizen terdiri dari 2 suku kata yaitu “Kai” yang artinya berubah dan “Zen” artinya kebijaksanaan. 2 kata inilah yang ampuh merubah mereka menjadi pribadi yang disiplin dan bijaksana. Prinsip ini dikenal dengan nama 1 menit, mengapa? Karena  prinsip ini bertujuan melatih seseorang untuk melakukan sesuatu hanya dalam waktu 1 menit setiap harinya di waktu yang sama. Misalnya membaca buku selama 1 menit dan melakukan hal yang sama setiap harinya, bisa juga menulis atau hal kebaikan lainnya selama 1 menit yang berulang setiap harinya pada jam yang sama. Semua bisa diatur sesuai kesepakatan dan niatnya. 

Keren loh jika bisa konsisten belajar atau melakukan kebaikan menggunakan teknik Kaizen seperti ini. Teknik yang sederhana tapi harus konsisten. Bisa melatih diri untuk lebih bertanggung jawab dan tentunya akan tambah percaya diri karena sudah melakukan kebaikan di setiap harinya. Akhirnya, semua itu bikin ketagihan mau lagi, mau lagi melakjukannya karena sudah terlihat hasil yang sedikit perlahan mendapatkaan kebaikan. Nilai baik, orangtua, kakak, adik, dan teman tambah sayang. Banyak dampak mengikuti. Bahagia sekali bukan? Karena dari 1 menit bisa bertambah lagi 5 menit, 10 menit, 20 menit bahkan mungkin bisa berjam-jam melakukan hal kebaikan.

Luar biasa! terlihat sepele pada awalnya tapi berbuah manis pada akhirnya!


Penyunting: Putra

0

0

Komentar (0)

-Komentar belum tersedia-

Buat Akun Gratis di Guru Inovatif
Ayo buat akun Guru Inovatif secara gratis, ikuti pelatihan dan event secara gratis dan dapatkan sertifikat ber JP yang akan membantu Anda untuk kenaikan pangkat di tempat kerja.
Daftar Akun Gratis

Artikel Terkait

Teknik Pomodoro, Cara Efektif dan Efisien untuk Meningkatkan Produktivitas
3 min
Pentingnya Mengelola Emosi bagi Seorang Guru
5 min
Pentingnya Keluarga dalam Memperingati Hari Keluarga Nasional: Menyatukan Makna dan Merayakan Ikatan Keluarga yang Kuat
2 min
Need for achievement dan Kesehatan Mental Guru
Memahami dan Membantu: Mengatasi Permasalahan Perkembangan Remaja dengan Bijak
3 min

Guru Inovatif

Jam operasional Customer Service

06.00 - 18.00 WIB

Kursus Webinar