Pentingnya Memiliki Noble Purpose dalam Hidup - Guruinovatif.id: Platform Online Learning Bersertifikat untuk Guru

Diterbitkan 04 Mei 2023

Pentingnya Memiliki Noble Purpose dalam Hidup

Tujuan hidup yang tidak hanya menguntungkan diri sendiri disebut juga noble purpose. Tujuan ini dapat bervariasi berdasarkan nilai dan pandangan hidup Anda da satu konsep yang dianggap penting dalam menentukan tujuan hidup, yaitu memiliki tujuan hidup yang mulia.

Refleksi

Muhammad Afrizal

Kunjungi Profile
4280x
Bagikan

Knowing who we are, why we are here, and what we’re trying to do with our lives enriches our journey. Whether our purpose is to serve god, to raise healthy children, to create a healthier environment, or to play beautiful music, we are empowered by the purpose. -Richard J. Leider

Kehidupan mengajarkan kita banyak hal. Ia mengajarkan nilai-nilai dasar kehidupan seperti bagaimana bersikap, bagaimana mengelola perasaan, dan bagaiamana menentukan tujuan dari setiap tindakan yang kita lakukan. Seorang individu yang hebat memiliki tujuan hidup yang jelas. Tujuan hidup tersebut erat kaitannya dengan pandangan hidup yang Anda pegang dan taati. Setiap individu tentu saja memiiki tujuan hidup masing-masing. Namun, dalam memaknai tujuan dalam kehidupan, ada sebuah konsep yang sangat penting yaitu Bapak/Ibu harus memiliki tujuan hidup yang tidak hanya baik tetapi juga mulia. 

Bapak/Ibu pasti pernah memimpikan agar diri Anda memiliki banyak uang sehingga dapat membantu orang lain, bercita-cita menjadi dokter karena ingin menolong banyak orang, dan tentu saja menjaadi seorang guru untuk memajukan pendidikan di suatu daerah. Seorang individu yang memiliki cara pandang tersebut dapat dikatakan telah menemukan ‘makna’ dalam kehidupannya. Ketika seseorang telah menemukan makna dan arti hidup yang sebenarnya maka setiap tindakan yang mereka lakukan akan berlandaskan kepada ‘rasa’ empati dan simpati yang sangat besar. Perasaan tersebutlah yang pada akhirnya dapat menciptakan aura positif bagi orang sekitar Anda. Tahukah Bapak/Ibu, seperangkat tujuan, makna, dan arti kehidupan tersebut dikenal sebagai noble purpose. Apakah noble purpose itu? dan mengapa itu penting dalam kehidupan? Simak penjelasan sampai akhir ya!
 

Apa itu Noble Purpose ?

 

Simon Sinek, seorang konsultan dan penulis yang berasal dari Wimbledon, London, Inggris pernah mendefinisikan noble purpose sebagai sebuah tujuan yang lebih besar dari sekedar mendapatkan keuntungan finansial semata melainkan mencoba untuk memberikan pengaruh positif kepada orang lain dan masyarakat umum. Dengan demikian, noble purpose adalah tujuan hidup yang tidak hanya menguntungkan diri sendiri, tetapi juga menguntungkan bagi orang lain dan lingkungan. Melalui pemahaman terhadap noble purpose, seorang individu mengabdikan diri Anda kepada sesuatu tanpa keraguan sedikitpun. Lalu, bagaimana sih cara menemukan noble purpose dalam kehidupan?  

3 Cara Menemukan Noble Purpose dalam Kehidupan

Menentukan noble purpose bukanlah hal yang mudah. Ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan dalam menentukan tujuan hidup yang mulia, yaitu 

1. Anda Harus Memahami Nilai dan Potensi yang ada dalam Diri Anda

Salah satu landasan hidup yang dapat membantu Anda merefleksikan berbagai hal dalam kehidupan adalah hal-hal yang bersifat rohani seperti agama, udaya, dan pengalaman hidup. Melalui pemaknaan secara mendalam terhadap aspek tersebut maka Anda akan dapat memiliki tujuan hidup yang jelas. Sebagai contoh, kepekaan Anda terhadap rasa simpati terhadap orang yang menderita kelaparan tentu saja berasal dari pengalaman serta nilai-nilai yang terdapat dalam falsafah hidup Anda sendiri. Nah! Pemahaman terhadap nilai-nilai tersebut dapat membantu Anda menggali dan memantapkan potensi yang menyala dalam diri Bapak/Ibu sekalian. 

2. Anda Harus Memahami keahlian dan Bakat yang Anda Miliki 

Dengan memanfaatkan keahlian dan bakat yang dimilikinya, seseorang dapat lebih mudah mencapai tujuan hidupnya. Selain itu, keahlian dan bakat yang dimilikinya juga dapat membantu ia memberikan dampak positif bagi orang lain dan lingkungan sekitar. 

3. Anda Harus Mempertimbangkan Dampak yang Ingin Dicapai Melalui Tujuan Hidup Anda

Sebagai seseorang yang memiliki noble purpose, Anda harus selalu berorientasi kepada pemenuhan harkat dan kebutuhan orang banyak. Cobalah untuk semaksimal mungkin meminimalisir setiap tindakan yang dapat memicu amarah seseorang, membuat mereka tersinggung, atau memojokan mereka. 

Mengapa Mengetahui Noble Purpose sangat Penting? 

Memiliki Noble purpose memudahkan anda meraih kesuksesan (Sumber:canva).

1. Memberikan Motivasi yang Kuat dalam Hidup

Saat seseorang memiliki tujuan hidup yang jelas, ia akan lebih fokus dan gigih dalam mencapainya. Bahkan dalam situasi yang sulit sekalipun, noble purpose dapat menjadi pemicu untuk tetap bertahan dan berjuang. Hal ini sangat penting megingat terkadang Bapak/Ibu kurang memberikan apresiasi kepada diri Anda sendiri setelah melalui berbagai hal. Oleh karena itu, noble purpose dapat menyadarkan terhadap banyak hal dan makna dalam kehidupan. 
 

2. Mendapatkan Arti yang Lebih dalam Kehidupan

Ketika seseorang merasa hidupnya memiliki tujuan yang mulia, ia akan merasa hidupnya lebih berarti dan bermakna. Hal ini dapat meningkatkan kualitas hidup dan membuat seseorang merasa cukup dengan dirinya sendiri. Sangat penting bagi seorang individu untuk dapat menemukan arti sesungguhnya dari kehidupan sehingga dapat membantu mereka dalam mengelola perasaan, emosi, dan tujuan dalam kehidupan. 
 

3. Memiliki Dampak Positif bagi Orang Lain dan Lingkungan Sekitar 

Kala seseorang memiliki tujuan yang tidak hanya untuk dirinya sendiri, tetapi juga untuk orang lain dan lingkungan sekitar, ia akan berusaha untuk memberikan dampak positif sebanyak mungkin. Hal ini dapat membantu menciptakan lingkungan yang lebih baik dan lebih harmonis. Melalui noble purpose, Bapak/Ibu dapat menjadi rumah teraman dan ternyaman bagi setiap peserta didik. Cobalah untuk selalu tersenyum, berbicara dengan lembut, dan bersikap dengan sopan. Hal tersebut dapat memberikan kesan positif bagi setiap peserta didik dalam pembelajaran. 

 Jadi, apa tujuan muliamu dalam kehidupan ini?!!

 

Demikianlah beberapa informasi yang dapat kami sampaikan. Kami berharap melalui artikel ini Bapak/Ibu dapat menemukan noble purpose yang bisa menjadi pembangkit semangat hidup. Kami berharap melalui tiga poin penting noble purpose dalam hidup dapat membantu peserta didik mengembangkan pembelajaran yang lebih baik, Semangat untuk semua guru di Indonesia! Maju terus pendidikan bangsa!

 

Ayo tingkatkan kualitas sekolah Bapak/Ibu dengan In House Training!

Melalui program tersebut! Anda dapat memperdalam segala informasi tentang Kurikulum Merdeka dan metode pembelajaran terbaik bagi pendidikan di sekolah Anda! Selain itu, Bapak/Ibu bisa memilih dan menentukan jadwal pelaksanaan program secara fleksibel sehingga tidak mengganggu rangkaian kegiatan di sekolah. Kami tunggu ya di program In House Training! Mari bersama-sama kita tingkatkan prestasi sekolah Anda! Hubungi kami segera atau klik banner di bawah ini untuk informasi lebih lanjut ya! Salam Inovatif. 


Penulis: Muhammad Afrizal

Penyunting: Yandi Chidlir

0

5

Komentar (0)

-Komentar belum tersedia-

Buat Akun Gratis di Guru Inovatif
Ayo buat akun Guru Inovatif secara gratis, ikuti pelatihan dan event secara gratis dan dapatkan sertifikat ber JP yang akan membantu Anda untuk kenaikan pangkat di tempat kerja.
Daftar Akun Gratis

Artikel Terkait

Literasi Tidak Sekadar Baca Tulis
2 min
Strategi Manajemen Stres Guru Menggunakan Metode Koping!
3 min
Menelisik Urgensi Bahasa Inggris bagi Tenaga Pendidik
2 min
Penting! Kenali Lima Faktor Penghambat Kreativitas Siswa Dalam Pembelajaran
5 min
Menjadi Teman Bagi Remaja
4 min
Mentalitas yang Tersamarkan oleh Profesionalitas
2 min

Guru Inovatif

Jam operasional Customer Service

06.00 - 18.00 WIB

Kursus Webinar