Manfaat Menggunakan Media Pembelajaran Interaktif dalam Pembelajaran - Guruinovatif.id: Platform Online Learning Bersertifikat untuk Guru

Diterbitkan 10 Jan 2024

Manfaat Menggunakan Media Pembelajaran Interaktif dalam Pembelajaran

Perkembangan pesat teknologi di era digital saat ini berdampaka di semua lini kehidupan manusia, termasuk lini pendidikan. Penggunaan teknologi yang di integrasikan ke dalam kegiatan belajar mengajar dapat meningkatkan mutu pendidikan yang lebih baik. Simak penjelasan lebih lanjut dalam artikel ini!

Media Pembelajaran

Event Guru Inovatif

Kunjungi Profile
8568x
Bagikan

Perkembangan teknologi di era digital ini telah berdampak pada dunia pendidikan, terutama saat proses pembelajaran. Teknologi saat ini memungkinkan guru untuk mengembangkan metode pembelajaran yang lebih fleksibel, interaktif, dan inovatif. Keberadaan berbagai multimedia sebagai alat bantu mengajar dapat menjadi media yang dapat meningkatkan motivasi siswa dalam proses pembelajaran. Guru pun juga terbantu untuk menciptakan pembelajaran yang efektif serta efisien dengan menggunakan media alat bantu mengajar.

Dalam artikel ini, kami akan membahas alasan dan manfaat untuk guru ketika menggunakan media interaktif dalam pembelajaran. Jadi, simak pembahasannya sampai akhir ya Bapak/Ibu guru!

Pentingnya Pembelajaran Interaktif di Kelas

Ketika berada dalam proses mengajar, guru menjadi pemeran utama dalam menciptakan situasi belajar yang interaktif, yakni interaksi antara guru dengan siswa, siswa dengan siswa, serta sumber pembelajaran yang menunjang tercapainya tujuan belajar. Demi mewujudkan situasi belajar ini, tentu menuntut guru untuk berupaya dalam mengaktualisasikan kompetensinya secara profesional, terutama dalam aspek metodologis.

Di era digital saat ini, selain memiliki keterampilan mengajar, guru juga harus memiliki keterampilan dalam menguasai teknologi serta dapat memanfaatkannya untuk menunjang kualitas pembelajaran yang lebih baik. Perkembangan teknologi saat ini juga dapat memberikan keuntungan bagi semua tenaga pendidik, karena terdapat media interaktif berupa video, animasi, hingga permainan yang dapat di integrasikan ke dalam proses pembelajaran. Sehingga pengalaman belajar siswa bisa menjadi lebih menyenangkan dan interaktif.

Namun, yang perlu dicatat adalah meskipun teknologi telah memberikan kemudahan dalam pembelajaran, peran guru tetaplah vital dalam proses pembelajaran di era digital. Guru dapat berperan dalam mengarahkan, memfasilitasi pembelajaran siswa, membantu siswa memahami materi pembelajaran, dan memberikan umpan balik atau feedback yang konstruktif terhadap kinerja siswanya.

Manfaat Penggunaan Media Interaktif dalam Pembelajaran

Media pembelajaran inovatif merupakan media yang dapat digunakan dalam membantu keberlangsungan proses pembelajaran serta meningkatkan interaksi antara siswa dengan mata pelajaran yang sedang dipelajari. Media ini dapat didesain untuk memberikan pengalaman belajar yang interaktif dan menarik, sehingga siswa lebih mudah untuk memahami serta tidak mudah lupa terhadap materi ajar yang disampaikan.

Saat ini media pembelajaran interaktif dapat berwujud seperti:

  1. Video;
  2. Animasi;
  3. Permainan;
  4. Simulasi;
  5. Augmented Reality (AR);
  6. Virtual Reality (VR);
  7. Mobile learning

Dalam penerapannya, media pembelajaran ini dapat digunakan sebagai alat untuk presentasi materi, latihan, hingga evaluasi. Adapun ciri-ciri yang umum dimiliki oleh media pembelajaran interaktif yang dimaksud antara lain:

  1. Memiliki kemampuan untuk merekam;
  2. Memiliki kemampuan untuk menyimpan;
  3. Memiliki kemampuan untuk melestarikan;
  4. Memiliki kemampuan untuk merekonstruksi; dan
  5. Dapat memindahkan suatu peristiwa atau objek
Manfaat Menggunakan Media Pembelajaran Interaktif dalam Pembelajaran
Guru bisa memantau pengerjaan tugas siswa melalui media pembelajaran interaktif (Sumber gambar: Canva/Odua Images)

Pemanfaatan media pembelajaran dalam kegiatan belajar mengajar dapat membangkitkan keinginan, minat, dan menambah motivasi peserta didik dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Penggunaan media pembelajaran ini juga akan membantu untuk meningkatkan keaktifan proses pembelajaran, penyampaian pesan dan isi materi pelajaran.

Menggunakan media pembelajaran juga dapat membantu dalam memperagakan konsep, prinsip, prosedur hingga fakta agar lebih mudah untuk dipahami oleh murid.

Salah satu media pembelajaran yang lumayan populer digunakan oleh guru saat ini adalah Quizizz. Quizizz merupakan platform pembelajaran yang menawarkan berbagai alat yang dapat menjadikan ruang kelas menjadi menyenangkan, menarik, dan juga interaktif. Platform ini mengemas asesmen formatif berupa kuis, pelajaran yang digamifikasi, hingga membuat tugas pekerjaan rumah (PR).

Quizizz memiliki sejumlah fitur yang bermanfaat dan dapat menghemat waktu guru, antara lain:

  1. Editor kuis dan pelajaran;
  2. Quizizz AI;
  3. Perpustakaan Quizizz;
  4. Berbagai cara penugasan;
  5. Laporan;
  6. Bring Your Own Device (BYOD);
  7. Berbagi dan kolaborasi;
  8. Sinkronisasi dengan LMS

Apakah Anda tertarik untuk mengenal lebih dalam mengenai Quizizz dan cara menggunakannya di kelas Anda?
Ikuti workshop online Guru Inovatif Academy mengenai Quizizz berikut ini!

Manfaat Menggunakan Media Pembelajaran Interaktif dalam Pembelajaran

Referensi:

Kelayakan Multimedia Pembelajaran Interaktif dalam Memotivasi Siswa Belajar Matematika
Penggunaan Model Pembelajaran Interaktif Berbasis Aktivitas untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas VI pada Pelajaran PKn SD Negeri 09 Kabawetan
What is Quizizz?


Penulis: Eka | Penyunting: Putra

0

0

Komentar (0)

-Komentar belum tersedia-

Buat Akun Gratis di Guru Inovatif
Ayo buat akun Guru Inovatif secara gratis, ikuti pelatihan dan event secara gratis dan dapatkan sertifikat ber JP yang akan membantu Anda untuk kenaikan pangkat di tempat kerja.
Daftar Akun Gratis

Artikel Terkait

Penguatan Literasi Digital Melalui SIPOMAS SMP MUH PK Menuju Era Society 5.0
1 min
Pengaruh Aplikasi BBC Learning English Terhadap Keterampilan Menulis (Writing Skill) dan Hasil Belajar Siswa SMA
1 min
Tidak Hanya Hiburan, Video Bisa Digunakan sebagai Media Pembelajaran saat Kegiatan Belajar Loh!
4 min
MELATIH LITERASI DIGITAL SISWA DENGAN EDPUZZLE YANG MENYENANGKAN
Penggunaan Media Youtube Sebagai Pembelajaran di Tahun 2024
5 min
Pentingnya Media Pembelajaran Padlet di Tahun 2024
5 min

Guru Inovatif

Jam operasional Customer Service

06.00 - 18.00 WIB

Kursus Webinar