GI Class #88: Dream Goal Teacher 2024 “Semester Baru, Semangat Baru” - Guruinovatif.id: Platform Online Learning Bersertifikat untuk Guru

Diterbitkan 08 Jan 2024

GI Class #88: Dream Goal Teacher 2024 “Semester Baru, Semangat Baru”

Guru merupakan pilar utama dalam keberhasilan implementasi pembelajaran. Oleh sebab itu, dalam menyongsong tahun 2024 perlu adanya inovasi kreatif diiringi dengan semangat baru. Dalam hal ini para guru harus mempersiapkan diri dengan maksimal agar pembelajaran di kelas lebih menarik dan berkesan.

Metode Mengajar

Event Guru Inovatif

Kunjungi Profile
476x
Bagikan

Pada Sabtu, 6 Januari 2024 telah dilaksanakan Guru Inovatif Class #88 dengan mengangkat tema Dream Goal Teacher 2024 “Semester Baru, Semangat Baru” yang disampaikan oleh Fitrini Chow (Trainer GuruInovatif.id).

Guru merupakan pilar utama dalam keberhasilan implementasi pembelajaran. Oleh sebab itu, dalam menyongsong semester baru perlu adanya inovasi kreatif diiringi dengan semangat baru. Dalam hal ini para guru harus mempersiapkan diri dengan maksimal agar pembelajaran di kelas lebih menarik dan berkesan. Salah satu kiat yang dapat dilakukan oleh para guru adalah melalui inovasi pembelajaran baru dalam tahun ajaran baru yang berlandaskan pada Kurikulum Merdeka.

Merefleksikan Peran Sebagai Guru pada Tahun 2023

Kadang-kadang kita menantikan kesempurnaan sebelum memutuskan menjadi guru. Berpikir, "Saya harus sempurna terlebih dahulu, saya harus menguasai segala ilmu terlebih dahulu sebelum mengajar." Menjadi seorang guru bukan hanya tentang pengetahuan yang dimiliki, tetapi juga tentang kemauan untuk terus belajar dan berkembang.

Seringkali, kita terlalu keras terhadap peserta didik dengan mengajarkan bahwa kesalahan adalah sesuatu yang tidak boleh terjadi, bahwa mereka harus selalu benar dan tidak boleh gagal, sehingga menjadi momok menakutkan bagi mereka.

Ketika seorang guru menghadapi kegagalan, bukan hanya anak-anak dan orang tua yang dianggap salah, melainkan sebagai pengajar, kita juga harus melakukan evaluasi diri. Pertanyaannya adalah, apa yang salah? Apa yang perlu kita perbaiki?

What is The Life of Learning?

GI Class #88: Dream Goal Teacher 2024 “Semester Baru, Semangat Baru”

1. Appreciation or Punishment?

Satu pertanyaan mendasar dalam dunia pendidikan adalah apakah kita cenderung lebih memberikan apresiasi atau hukuman. Sangat penting untuk menilai pendekatan kita sebagai pendidik. Apakah kita lebih fokus pada pengakuan dan dorongan terhadap perilaku positif atau menggunakan tindakan hukuman ketika kesalahan terjadi? Menemukan keseimbangan antara kedua pendekatan ini dapat membentuk lingkungan pembelajaran yang lebih sehat, memberdayakan siswa melalui apresiasi sembari memberikan bimbingan yang konstruktif saat kesalahan terjadi.

2. Fun/Boring?

Apakah kita telah berhasil menyelipkan unsur-unsur kesenangan dan keterlibatan dalam pelajaran kita, ataukah praktik pengajaran kita cenderung monoton dan membosankan? Tantangan utamanya adalah membuat pembelajaran menjadi menyenangkan tanpa mengorbankan substansi pendidikan. Mengintegrasikan teknik-teknik interaktif dan kreatif ke dalam pelajaran dapat secara signifikan meningkatkan partisipasi dan pemahaman siswa.

3. Skills

Pengembangan diri tetap menjadi pondasi bagi para pendidik. Banyak guru mungkin mengabaikan kebutuhan untuk terus meningkatkan keterampilan mereka. Namun, di dunia yang terus berubah, guru harus selalu beradaptasi dengan metodologi dan inovasi baru dalam pengajaran. Menerapkan pembelajaran sepanjang hayat tidak hanya memperkaya pengetahuan guru sendiri tetapi juga meningkatkan kualitas pendidikan yang mereka berikan.

4. Integrasi Teknologi

Ranah teknologi menjadi bagian integral dari pendidikan modern. Penting untuk menekankan integrasi teknologi dalam metodologi pengajaran, teknologi harus diterima sebagai alat yang kuat untuk meningkatkan pengalaman belajar.

The Art of Teaching for 2024

GI Class #88: Dream Goal Teacher 2024 “Semester Baru, Semangat Baru”

Di tahun 2024, seni mengajar telah berevolusi menjadi sebuah konsep yang membutuhkan pendekatan yang lebih holistik dan interaktif. Berikut adalah beberapa aspek penting yang perlu dipertimbangkan oleh pendidik untuk menciptakan pengalaman belajar yang bermakna bagi siswa:

1. New Experience

Seorang guru yang efektif tidak hanya memiliki pengetahuan tetapi juga pengalaman yang luas. Keberhasilan mengajar seringkali terkait erat dengan kemampuan guru dalam menyampaikan pengalaman mereka secara menyeluruh kepada siswa. Pengalaman ini dapat memberikan wawasan mendalam dan memperkaya proses belajar.

2. Become Friends

Membangun hubungan yang dekat dan saling percaya dengan siswa merupakan elemen penting dalam seni mengajar. Ini tidak hanya melibatkan pembentukan hubungan guru-siswa yang positif, tetapi juga kemampuan guru untuk berperan sebagai teman yang mendukung pertumbuhan dan perkembangan siswa. Menghargai siswa sebagai individu dan menunjukkan empati serta kemampuan untuk memberikan arahan yang konstruktif merupakan hal yang penting.

3. Teamwork

Mendukung kerjasama dan membangun atmosfer yang inklusif di kelas merupakan hal yang penting untuk mendorong keterlibatan siswa dan meningkatkan kualitas pembelajaran.

4. Learning by Doing

Pendidikan yang efektif tidak hanya tentang pemberian informasi tetapi juga memberikan kesempatan kepada siswa untuk belajar melalui pengalaman praktis. Memberikan ruang bagi siswa untuk bereksperimen dan melakukan praktek merupakan langkah krusial dalam mendukung pemahaman yang mendalam dan pengembangan keterampilan yang relevan.

5. Life Skills

Selain aspek akademis, mengajarkan keterampilan hidup kepada siswa juga merupakan hal yang penting. Memperkenalkan mereka pada keterampilan yang diperlukan dalam kehidupan sehari-hari, seperti kepemimpinan, keterampilan komunikasi, dan pemecahan masalah, akan membantu siswa menjadi pribadi yang lebih mandiri dan siap menghadapi tantangan di masa depan.

Dengan mempertimbangkan aspek-aspek ini, guru di tahun 2024 memiliki tanggung jawab untuk tidak hanya mengajarkan materi, tetapi juga menciptakan lingkungan belajar yang mendukung perkembangan holistik siswa. Menyampaikan pengalaman, membangun hubungan yang akrab, mendorong kerjasama, mendukung pembelajaran aktif, dan mengajarkan keterampilan hidup merupakan elemen kunci dalam seni mengajar yang berkualitas.

GI Class #88: Dream Goal Teacher 2024 “Semester Baru, Semangat Baru”

Lalu, bagaimana strategi menyusun resolusi dream goal teacher 2024? Simak pembahasan lebih lengkap melalui rekaman Zoom Meeting pada link berikut yang dapat diakses secara GRATIS!.

GuruInovatif.id berkomitmen untuk memacu transformasi pendidikan Indonesia melalui pengembangan kompetensi guru dengan membantu guru dan institusi pendidikan bertransformasi lebih cepat dalam proses pengajaran dan pembelajaran ke arah yang lebih baik dan memberikan inspirasi bagi guru dan praktisi pendidikan dalam ranah memperkaya ilmu pengetahuan. Pantau melalui media sosial kami https://www.instagram.com/guruinovatif.id/ untuk mendapatkan informasi webinar dan event terbaru yang tak kalah menarik lainnya. Salam Guru Inovatif!


Penulis: Cahya | Penyunting: Putra

0

0

Komentar (0)

-Komentar belum tersedia-

Buat Akun Gratis di Guru Inovatif
Ayo buat akun Guru Inovatif secara gratis, ikuti pelatihan dan event secara gratis dan dapatkan sertifikat ber JP yang akan membantu Anda untuk kenaikan pangkat di tempat kerja.
Daftar Akun Gratis

Artikel Terkait

GI Class #94 | Perencanaan Pembelajaran Berbasis Data
2 min
AKU BAPER TikTok (Aktualisasi Pembelajaran Berbasis Projek TikTok)

putu kusuma

Jun 30, 2022
2 min
Kelebihan dan Tantangan Metode Pembelajaran Teatrikal
2 min
Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Projek Based Learning

SUTARDI,S.Pd

Dec 26, 2022
1 min
Pentingnya Mengenali Gaya Belajar pada Siswa
2 min
Mengenal Metode “Talking Stick” untuk Membentuk Keberanian dan Keaktifan Siswa dalam Pembelajaran
6 min

Guru Inovatif

Jam operasional Customer Service

06.00 - 18.00 WIB

Kursus Webinar