Alat Bantu Guru untuk Membuat Bahan Ajar - Guruinovatif.id: Platform Online Learning Bersertifikat untuk Guru

Diterbitkan 29 Jan 2024

Alat Bantu Guru untuk Membuat Bahan Ajar

Pada era digital ini, peran guru semakin meluas, termasuk dalam menciptakan bahan ajar yang efektif dan menarik. Alat bantu guru menjadi kunci utama untuk mempermudah proses ini. Mari kita bahas satu persatu berbagai alat yang dapat digunakan oleh guru untuk menciptakan bahan ajar.

Media Pembelajaran

855x
Bagikan

Memanfaatkan alat bantu guru dalam pembuatan bahan ajar merupakan langkah cerdas dalam menghadapi tuntutan pendidikan yang terus berkembang. Dengan teknologi yang semakin canggih, guru memiliki akses ke berbagai alat yang dapat meningkatkan kualitas pembelajaran. Lantas apa saja media pembelajaran yang dapat membantu guru dalam membuat bahan ajar?

1. Software Desain Grafis Terkini

Dalam menciptakan bahan ajar yang menarik, guru dapat memanfaatkan software desain grafis terkini seperti Canva, Adobe Illustrator atau CorelDRAW. Dengan alat ini, guru dapat membuat infografis yang memudahkan pemahaman siswa dan memberikan sentuhan kreatif pada materi pembelajaran. 

2. Aplikasi Pembuat Presentasi Interaktif

Aplikasi seperti Prezi atau Canva memungkinkan guru untuk membuat presentasi yang tidak hanya informatif tetapi juga interaktif. Animasi dan elemen desain yang dinamis dapat membuat materi pembelajaran lebih menarik dan mudah dipahami oleh siswa. Guru juga dapat menggunakan templat gratis PowerPoint siap pakai yang dapat di edit untuk memberikan sentuhan lain dan kreatif dalam presentasi.

3. Perekam Layar untuk Tutorial Multimedia

Dalam membagikan pengetahuan, guru dapat menggunakan perekam layar seperti Vimeo, Camtasia atau OBS Studio. Alat ini memungkinkan guru untuk membuat tutorial multimedia yang dapat diakses oleh siswa kapan saja. Tutorial ini tidak hanya meningkatkan pemahaman siswa tetapi juga memfasilitasi pembelajaran mandiri.

4. Platform E-Learning Terintegrasi

Platform e-learning seperti Guru Inovatif, Moodle atau Google Classroom memberikan fasilitas bagi guru untuk mengatur, mendistribusikan, dan mengelola bahan ajar secara efisien. Dengan fitur-fitur seperti forum diskusi dan penugasan daring, guru dapat meningkatkan interaksi siswa dan mendukung pembelajaran kolaboratif. Melalui platform Kreator Guru Inovatif dapat memfasilitasi guru untuk mempublikasikan dokumen pembelajaran siap pakai serta mempublikasikan ide besar dalam bentuk Artikel.

5. Sumber Daya Pendidikan Digital

Pemanfaatan sumber daya digital seperti Twinkl, Khan Academy atau TED-Ed dapat memberikan variasi dalam bahan ajar. Guru dapat mengintegrasikan video pembelajaran, simulasi interaktif, dan materi pendukung lainnya untuk memberikan pengalaman belajar yang lebih mendalam dan menyenangkan bagi siswa.

6. Alat Kolaborasi Secara Online

Guru tidak hanya perlu menciptakan bahan ajar, tetapi juga memfasilitasi kolaborasi antar-siswa. Alat seperti Google Docs atau Microsoft Teams memungkinkan siswa untuk bekerja sama secara online, memperkaya pengalaman pembelajaran melalui diskusi, tanya jawab, dan proyek bersama. Guru juga dapat bergabung dalam event-event seperti webinar dan workshop, alur pembelajaran dan kursus-kursus online yang dapat membantu guru dalam pengembangan keterampilan. 

Semoga media pembelajaran di atas bermanfaat untuk membantu guru dalam mengajar.


Penyunting: Putra

0

0

Komentar (0)

-Komentar belum tersedia-

Buat Akun Gratis di Guru Inovatif
Ayo buat akun Guru Inovatif secara gratis, ikuti pelatihan dan event secara gratis dan dapatkan sertifikat ber JP yang akan membantu Anda untuk kenaikan pangkat di tempat kerja.
Daftar Akun Gratis

Artikel Terkait

Crossword Lab, Pembuat Teka-Teki Silang Anti Ribet
4 min
Penguatan Literasi Digital Melalui SIPOMAS SMP MUH PK Menuju Era Society 5.0
1 min
MELATIH LITERASI DIGITAL SISWA DENGAN EDPUZZLE YANG MENYENANGKAN
Pentingnya Empat Pilar Literasi Digital Dipedomani Oleh Guru Dan Siswa

I GEDE ANGGAYANA

Aug 19, 2023
2 min
Belajar Perkalian Melalui Permainan Domikado Dijamin Siswa Senang
GI Academy #19 - Media Pembelajaran Interaktif: Quizizz
3 min

Guru Inovatif

Jam operasional Customer Service

06.00 - 18.00 WIB