Tips, Inspirasi dan Strategi Sukses Meningkatkan Literasi Digital bagi Guru - Guruinovatif.id: Platform Online Learning Bersertifikat untuk Guru

Diterbitkan 29 Agu 2023

Tips, Inspirasi dan Strategi Sukses Meningkatkan Literasi Digital bagi Guru

Guru yang mampu mengintegrasikan teknologi dan menguasai literasi digital dapat memberikan pengalaman pembelajaran yang lebih kaya dan relevan bagi siswa.

Dunia Pendidikan

Efri Nuhan, S.Pd

Kunjungi Profile
1479x
Bagikan

Di era digital yang terus berkembang, literasi digital bukan lagi pilihan, tetapi suatu kebutuhan. Guru yang mampu mengintegrasikan teknologi dan menguasai literasi digital dapat memberikan pengalaman pembelajaran yang lebih kaya dan relevan bagi siswa. 

Seperti halnya literasi informasi, literasi digital memerlukan keterampilan dalam menemukan dan menggunakan informasi serta berpikir kritis. Namun, lebih dari itu, literasi digital melibatkan pengetahuan tentang alat-alat digital dan menggunakannya dengan cara yang komunikatif dan kolaboratif melalui keterlibatan sosial. 

Satuan Tugas Literasi Digital ALA mendefinisikan literasi digital sebagai “kemampuan untuk menggunakan teknologi informasi dan komunikasi untuk menemukan, mengevaluasi, membuat, dan mengkomunikasikan informasi, yang memerlukan keterampilan kognitif dan teknis.”

Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi tips dan strategi yang dapat membantu guru meningkatkan keterampilan literasi digital mereka melalui platform digital. Selain itu, kita juga akan melihat beberapa contoh guru yang telah berhasil menerapkan strategi ini.

 

Tips dan Strategi untuk Mengembangkan Literasi Digital Guru:

  1. Pemahaman Dasar Teknologi: Guru perlu memiliki pemahaman dasar tentang perangkat keras (seperti komputer, tablet, dan perangkat mobile) dan perangkat lunak (seperti sistem operasi dan aplikasi) yang digunakan dalam pembelajaran. Untuk menguasai pemahaman tersebut guru dapat berlajar di digitallearn.org atau sumber lainnya seperti You Tube dan artikel seperti ini di guruinovatif.id.
  2. Pelatihan Berkelanjutan: Pendidikan guru bukanlah hal yang berhenti saat mereka mendapatkan gelar. Pelatihan guru yang berkelanjutan sangat penting dalam pengembangan literasi digital. Salah satu platform online learning bersertifikat untuk guru yang saya sarankan adalah guruinovatif.id. Disana guru dapat mengikuti kursus, webinar dan workshop, pelatihan in house training yang berkaitan dengan teknologi pendidikan dan perkembangan terbaru di dunia digital. 
  3. Kurasi Konten Digital: Literasi digital memiliki dua tantangan yang harus dihadapi, yaitu  arus informasi yang banyak dan konten negatif. Guru perlu mempelajari cara mencari, menilai, dan mengkurasi konten digital yang bermanfaat dan aman untuk siswa. Upaya ini dapat mencegah tersebarnya informasi hoax dan negative bagi siswa. 
  4. Keamanan Digital: Literasi digital juga mencakup pemahaman tentang keamanan digital. Guru harus memahami cara melindungi privasi siswa saat menggunakan teknologi, termasuk manajemen kata sandi yang kuat dan pembelajaran tentang praktik-praktik online yang aman.
  5. Kolaborasi Digital: Memanfaatkan alat-alat kolaborasi digital dapat meningkatkan keterlibatan siswa dan memfasilitasi pembelajaran yang lebih interaktif. Guru harus belajar cara menggunakan alat-alat ini untuk mengadakan diskusi, proyek bersama, atau pembelajaran berbasis tim dalam lingkungan digital.

 

Inspirasi Sukses dari Guru yang Mengembangkan Literasi Digital:

Pak Ragil seorang guru mata pelajaran IPA yang sukses memanfaatkan platform pembelajaran digital untuk membantu siswanya memahami konsep IPA yang sulit. Selain itu belau juga memanfaat beberapa platform digital untuk mempermudah tugas-tugas seorang guru. Pak Ragil sering membagikan informasi terkait literasi digital dan perkembangan teknologi pendidikan di akun Instagram dengan nama @kang.guru.ipa yang sudah mempunyai follower 119K. 

Pak Ragil sukses mengembangkan literasi digital yang dimilikinya sehingga beliau dapat beradaptasi dengan perkembangan zaman. Beliau ikut berperan memberikan informasi atau konten digital yang positif. Bukankah bapak ibu juga ingin seperti beliau? Jika 50% dari guru di Indonesia mempunyai literasi digital seperti Pak Ragil, maka dunia digital Indonesia akan dipenuhi oleh dengan konten yang edutainment yaitu konten yang memberikan edukasi sekaligus memberikan hiburan. Sehingga peserta didik akan lebih tertarik untuk belajar.

Saran untuk Menerapkan Strategi ini:

  1. Mulailah dengan yang Sederhana: Jangan merasa perlu menguasai semua teknologi sekaligus. Mulailah dengan satu atau dua alat yang relevan dengan mata pelajaran Anda. Ingat mulai aja dulu! hehehe
  2. Berkolaborasi dengan Rekan Kerja: Diskusikan ide dan pengalaman dengan rekan guru, berbagilah praktik baik kepada mereka. Mereka bisa menjadi sumber inspirasi dan dukungan.
  3. Evaluasi dan Refleksi: Selalu evaluasi efektivitas penggunaan teknologi dalam pembelajaran dan terus belajar dari pengalaman yang didapatkan.
  4. Inspirasi dari Komunitas Online: Bergabunglah dengan komunitas online guru dan teknologi pendidikan untuk mendapatkan ide-ide baru dan berbagi pengalaman. 

Mengembangkan literasi digital sebagai seorang guru adalah perjalanan yang terus berlanjut. Dengan menerapkan tips dan strategi yang tepat, serta mendapatkan inspirasi dari contoh-contoh sukses, guru dapat memberikan pengalaman pembelajaran yang lebih baik dan relevan bagi siswa di dunia digital yang terus berkembang.

Semoga artikel ini memberikan wawasan dan motivasi kepada guru yang ingin meningkatkan keterampilan literasi digital mereka melalui platform digital.

#GuruInovatif #LombaArtikelS4 #ArtikelGI dan #LombaGI


Penyunting: Putra

0

0

Komentar (0)

-Komentar belum tersedia-

Buat Akun Gratis di Guru Inovatif
Ayo buat akun Guru Inovatif secara gratis, ikuti pelatihan dan event secara gratis dan dapatkan sertifikat ber JP yang akan membantu Anda untuk kenaikan pangkat di tempat kerja.
Daftar Akun Gratis

Artikel Terkait

Pembelajaran yang Inklusif: Menyambut Semua Siswa dengan Kesetaraan dan Penerimaan
4 min
MEWUJUDKAN PENDIDIKAN INKLUSIF : PERAN SINERGI WARGA SEKOLAH DALAM INOVASI PEMBELAJARAN

AMM QURROTA A'YUN

May 20, 2024
2 min
Membangun Business Sense dengan Stock Exchange of GIBS (SEG): Penguatan Literasi Digital, Finansial, dan Investasi untuk Siswa dan Guru Inovatif di Global Islamic Boarding School
9 min
Pelaksanaan Kurikulum Merdeka Dalam Mewujudkan Indonesia Emas 2045 Di Kelas IV Sekolah Dasar
KESEHATAN MENTAL GURU KUNCI KESUKSESAN PENDIDIKAN YANG BERKELANJUTAN

Maya Angesti

Nov 15, 2023
3 min
Penguatan Literasi Digital di Sekolah: Platform Online Menyediakan Pengalaman Belajar yang Lebih Keren

MUHAMMAD MAHATIR

Sep 06, 2023
3 min

Guru Inovatif

Jam operasional Customer Service

06.00 - 18.00 WIB

Kursus Webinar