Kenalkan Literasi Digital Mapel Bahasa Inggris melalui Fun E-Learning - Guruinovatif.id: Platform Online Learning Bersertifikat untuk Guru

Diterbitkan 11 Sep 2023

Kenalkan Literasi Digital Mapel Bahasa Inggris melalui Fun E-Learning

Artikel ini menjelaskan tentang pengenalan dan upaya meningkatkan literasi digital bahasa Inggris melalui fun e-learning, yakni platform Ba Ba Dum.

Dunia Pendidikan

VIKKY ANDRIAN

Kunjungi Profile
1064x
Bagikan

Apa Itu Literasi Digital?

Dewasa ini, dunia menjadi semakin dekat sekaligus luas tanpa batas. Segala hal dapat dengan mudah diakses melalui jaringan internet. Dengan internet, kita dapat mengetahui hampir segala aspek dalam kehidupan mulai dari informasi umum, hiburan, tak terkecuali pada aspek pendidikan. 

Pendidikan adalah aspek yang begitu penting dalam kehidupan manusia. Setiap manusia berhak mendapatkan pendidikan yang layak. Untuk menunjang pendidikan yang memadai bagi siswa, para pendidik harus memberikan cara-cara inovatif agar siswa dapat memahami pembelajaran yang disampaikan. 

Salah satu cara inovatif yang dapat dilakukan oleh para pendidik ialah menerapkan digital literacy atau literasi digital dalam pembelajaran. Dalam dunia pendidikan, literasi digital secara umum dapat dimaknai dengan kemampuan dan keahlian dalam memanfaatkan perangkat komputer dan internet sebagai sarana penunjang pembelajaran. 

Pentingnya Literasi Digital dalam Lingkup Pendidikan

Perkembangan teknologi dan digitalisasi makin mendominasi seluruh sektor termasuk sektor pendidikan. Dengan semakin maraknya teknologi dan digitalisasi, seluruh kalangan termasuk guru harus ikut terus menyesuaikan diri. Dengan berupaya untukmengikuti berbagai pelatihan guru sertifikasi guru, dan pelatihan in house training, guru dituntut terus berkembang, menyesuaikan zaman, dan berperan sebaik-baiknya demi memberikan dampak positif bagi dunia pendidikan. 

Dalam hal ini literasi digital menjadi sangat penting untuk diperhitungkan. Dalam lingkup pendidikan, literasi digital memegang peranan yang sangat signifikan. Dalam kegiatan belajar mengajar, kini guru harus melakukan upaya-upaya agar segalanya menjadi baik, memadai, dan tentu saja up to date. Oleh karena itu, sangat perlu untuk mengenalkan literasi digital dalam pembelajaran di dalam kelas. 

Kenalkan Literasi Digital Bahasa Inggris melalui Fun Online Platform 

Di sekolah, mata pelajaran bahasa Inggris merupakan salah satu pelajaran wajib yang diajarkan di hampir seluruh tingkatan. Bahasa Inggris sendiri adalah mata pelajaran yang selalu berkembang dan memungkinkan guru dan siswa untuk melihat “keluar” untuk mendapatkan sesuatu yang “lebih”. Untuk itulah, dirasa sangat perlu untuk mengenalkan, mengaitkan, memasukkan, dan menguatkan literasi digital ke dalam mapel bahasa Inggris. 

Dalam mengenalkan dan menguatkan literasi digital ke dalam mapel bahasa Inggris, akan lebih baik apabila menggunakan cara-cara yang fun. Dalam belajar, tentu siswa akan lebih memahami materi yang diajarkan dengan cara-cara yang menyenangkan dan menarik. Salah satu upaya untuk membuat pembelajaran menjadi menyenangkan dan menarik ialah menggunakan e-learning atau belajar dengan menggunakan online platform yang menunjang dan sesuai. 

Terdapat banyak sekali online platform yang tersedia gratis untuk membantu menunjang pembelajaran bahasa Inggris di kelas. Guru dapat memasukkan literasi digital ke dalam mapel bahasa Inggris dengan berbagai macam cara dalam platform-platform dalam jaringan. Salah satu platform daring yang menyenangkan dan menarik untuk dapat digunakan dalam pembelajaran bahasa Inggris berbasis literasi digital ialah Ba Ba Dum. 

Ba Ba Dum adalah sebuah platform belajar daring yang memungkinkan para siswa untuk belajar berbagai bahasa di dunia termasuk bahasa Inggris. Dalam platform tersebut, guru dapat memandu siswa untuk menggunakan Ba Ba Dum dalam pembelajaran. Ba Ba Dum dapat membantu siswa untuk belajar berbagai kosa kata menggunakan flashcard untuk membantu menunjang pembelajaran bahasa Inggris. 

Lalu apa yang membuat Ba Ba Dum menyenangkan dan menarik? 

Belajar menggunakan platform tersebut memungkinkan siswa untuk belajar dengan cara yang tidak membosankan. Dalam pembelajaran, tentu siswa akan cepat mengantuk dan bosan jika pembelajaran terkesan kaku. Oleh karena itu, belajar menggunakan Ba Ba Dum akan terasa fun karena metode belajar yang digunakan dalam bentuk game yang beragam. 

Tak hanya itu, Ba Ba Dum juga disertai dengan sound dan warna-warna yang menyenangkan untuk dilihat. Dengan menggunakan platform yang menyenangkan dan menarik, diharapkan guru dan siswa untuk berkolaborasi dalam kegiatan belajar mengajar. Siswa diharapkan dapat belajar dengan semangat dengan ditanamkan dan dikuatkannya literasi digital dalam kegiatan belajar mengajar khususnya mata pelajaran bahasa Inggris.


Penyunting: Putra

0

0

Komentar (0)

-Komentar belum tersedia-

Buat Akun Gratis di Guru Inovatif
Ayo buat akun Guru Inovatif secara gratis, ikuti pelatihan dan event secara gratis dan dapatkan sertifikat ber JP yang akan membantu Anda untuk kenaikan pangkat di tempat kerja.
Daftar Akun Gratis

Artikel Terkait

MENGARUNGI ERA DIGITAL MELALUI PLATFORM DIGITAL YANG MENARIK
2 min
CAKRA Inovasi Terkini Menyatukan Sinergitas Pendidikan

ASRUL, S.Pd

May 28, 2024
2 min
PENTINGNYA MENJAGA KESEHATAN MENTAL GURU
2 min
Quizizz Sebagai Media Penunjang Pembelajaran Pasca Pandemi

ASMAR A.M.D

May 31, 2023
5 min
GURU ALAY

NAIMULLOH

May 22, 2023
3 min
Membangkitkan Girah Literasi di Sekolah
3 min

Guru Inovatif

Jam operasional Customer Service

06.00 - 18.00 WIB

Kursus Webinar