Peningkatan Potensi Guru melalui Wiyata Kinarya! - Guruinovatif.id: Platform Online Learning Bersertifikat untuk Guru

Diterbitkan 21 Mar 2024

Peningkatan Potensi Guru melalui Wiyata Kinarya!

Wiyata Kinarya dilakukan untuk meningkatkan kinerja organisasi melalui pengembangan pengetahuan, kecakapan, dan sikap setiap individu dalam ekosistem Merdeka Belajar untuk mewujudkan sumber daya manusia yang unggul dan memiliki kapabilitas tinggi.

Seputar Guru

Redaksi Guru Inovatif

Kunjungi Profile
66x
Bagikan

Berkembangnya pendidikan sejalan dengan teknologi membuka pemahaman baru. Alih-alih kontribusi teknologi sangat membantu trobosan baru di dalam bidang pendidikan. Seperti, munculnya Wiyata Kinarya dalam Kurikulum Merdeka Belajar. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan literasi digital sumber daya manusia di Indonesia, mengintegrasi seluruh tenaga pendidik, dan membantu peningkatan kompetensi pendidik. Artikel ini akan membahas mengenai hal tersebut. Yuk simak baik-baik Bapak dan Ibu guru!

Apa itu Wiyata Kinarya?

Wiyata Kinarya secara harfiah memiliki arti belajar sambil bekerja. Arti lain darinya yaitu seperti belajar di mana saja dan kapan saja baik melalui penugasan maupun mandiri. Hal ini dilakukan supaya belajar tidak hanya di dalam ruangan tetapi bisa di luar untuk bisa mencari ilmu sebanyak-banyaknya.

Baca juga:
Wawasan Wiyata Mandala untuk Menciptakan Pendidikan Inklusif

Wiyata Kinarya juga diartikan sebagai strategi pengembangan pegawai aparatur sipil negara (ASN) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) dengan melakukan integrasi seluruh sumber daya untuk meningkatkan kinerja organisasi melalui pengembangan pengetahuan, kecakapan, dan sikap setiap individu dalam ekosistem Merdeka Belajar untuk mewujudkan sumber daya manusia yang unggul dan memiliki kapabilitas tinggi.

Tujuan Wiyata Kinarya

Dalam penerapan Wiyata Kinarya di lingkungan pendidikan melalui Merdeka Belajar. Hal ini dilakukan untuk mengembangkan kompetensi aparatur sipil negara (ASN) untuk mewujudkan sumber daya manusia yang unggul. Selain itu, dapat meningkatkan kinerja Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek).

Sementara itu, tujuan lain dari penerapan Wiyata Kinarya di lingkungan pendidikan untuk meningkatkan pengetahuan. Hal ini dilakukan untuk para pendidik mampu meningkatkan kemampuan dalam mengajar. Wiyata Kinarya juga membantu meningkatkan kecakapan tenaga pendidik dalam bekerja. Lebih lanjut, Wiyata Kinarya membantu meningkatkan sikap para tenaga pendidik untuk lebih baik dalam bekerja.

Peningkatan Potensi Guru melalui Wiyata Kinarya!
Ilustrasi penerapan Wiyata Kinaya di Kelas

Dampak dari Wiyata Kinarya

Wiyata Kinarya memiliki dampak positif yang signifikan terhadap peningkatan kinerja pendidik di berbagai lembaga pendidikan. Melalui program ini, para pendidik diberikan kesempatan untuk terus mengembangkan keterampilan dan pengetahuan mereka melalui berbagai pelatihan dan workshop yang diselenggarakan secara berkala. Hal ini memungkinkan mereka untuk terus memperbaharui metode pengajaran dan strategi pembelajaran yang lebih efektif dan inovatif. Selain itu, melalui kolaborasi antara sekolah, perguruan tinggi, dan dunia industri yang diadopsi dalam konsep Wiyata Kinarya, pendidik dapat memperluas jaringan profesional mereka dan memperoleh wawasan baru tentang perkembangan terbaru dalam bidang pendidikan dan industri.

Baca juga:
Revitalisasi Pendidikan di Era Digital: Strategi Pelatihan Guru dan Inovasi Teknologi

Selain peningkatan kinerja pendidik, Wiyata Kinarya juga berkontribusi pada terwujudnya sumber daya manusia yang unggul di masyarakat. Dengan memberikan pendidikan yang berkualitas dan relevan, program ini membantu menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi dan keterampilan yang sesuai dengan tuntutan pasar kerja. Para lulusan yang terlatih melalui pendekatan Wiyata Kinarya memiliki kemampuan untuk berpikir kritis, berinovasi, dan beradaptasi dengan cepat terhadap perubahan lingkungan sosial dan teknologi. Hal ini tidak hanya memberdayakan individu untuk mencapai kesuksesan pribadi dan profesional, tetapi juga berkontribusi pada pembangunan masyarakat dan kemajuan negara secara keseluruhan

Itulah penjelasan mengenai Wiyata Kinarya. Semoga artikel ini dapat memberikan informasi kepada guru dan bisa mempersiapkan guru untuk lebih baik lagi dengan adanya pendekatan Wiyata Kinarya di Merdeka Belajar. Semoga kegiatan ini dapat menjadi langkah awal yang baik untuk mempersiapkan tenaga pendidik atau guru melalui pendidikan di Indonesia

Referensi:
Apa itu WKMB?
Mengenal Wiyata Kinarya Merdeka Belajar (WKMB)
Wiyata Kinarya Merdeka Belajar: “Belajar Sambil Bekerja, Dimana Saja dan Kapan Saja”

Dapatkan pelatihan privat di sekolah Anda untuk meningkatkan kualitas akademik guru dan akademik sekolah bersama trainer pilihan.
Waktu dan tempat sesuai pilihan Anda!
Konsultasi GRATIS!


Penulis: Francois Rynasher Mamarimbing | Penyunting: Putra

0

0

Komentar (0)

-Komentar belum tersedia-

Buat Akun Gratis di Guru Inovatif
Ayo buat akun Guru Inovatif secara gratis, ikuti pelatihan dan event secara gratis dan dapatkan sertifikat ber JP yang akan membantu Anda untuk kenaikan pangkat di tempat kerja.
Daftar Akun Gratis

Artikel Terkait

Press Release GIC 97 | Mengenal Lebih dalam Gaya Belajar, Sifat, dan Watak Siswa
3 min
Mulok, Kurikulum Merdeka, dan Relasinya dalam Pendidikan
5 min
MENJAGA KESEHATAN MENTAL BAGI GURU

Mulatsih

Nov 20, 2023
2 min
Memahami Karakteristik Kurikulum Merdeka: Siap Menjadi Agen Perubahan Bangsa!
4 min
MERDEKA BELAJAR BERSAMA GURU SEHAT DAN BERKUALITAS MENUJU PESERTA DIDIK UNGGUL KARAKTER DAN AKADEMIK

Guru Inovatif

Jam operasional Customer Service

06.00 - 18.00 WIB