Pentingnya Menjaga Kesehatan Mental dan Tipsnya bagi Guru! - Guruinovatif.id: Platform Online Learning Bersertifikat untuk Guru

Diterbitkan 22 Mar 2024

Pentingnya Menjaga Kesehatan Mental dan Tipsnya bagi Guru!

Kesehatan mental merupakan isu penting baik di dalam maupun luar pendidikan. Hal ini berlaku tidak hanya siswa saja tetapi guru. Guru perlu menjaga mental yang baik untuk menghasilkan kinerja yang memuaskan dan berdampak positif bagi siswa-siswi.

Seputar Guru

Redaksi Guru Inovatif

Kunjungi Profile
49x
Bagikan

Kesehatan mental merupakan isu yang sangat penting di era ini karena berdampak kepada dirinya dan sekitar, termasuk dalam bidang pendidikan. Hal ini mengapa di sekolah tidak hanya siswa-siswi saja yang perlu memperhatikan kesehatan mental tetapi juga guru. Tenaga pendidik atau guru memiliki tekanan yang besar untuk itulah perlunya pemahaman yang baik kepada kesehatan mental. Oleh karena itu, artikel ini akan membahas pentingnya kesehatan mental dan tips bagi guru untuk menjaga kesehatan mental.

Kesehatan Mental dalam Pendidikan

Jika dikaitkan dengan psikologi, kesehatan mental mencakup kondisi seseorang secara emosional, psikologi, dan sosial. Di zaman ini kesehatan merupakan isu penting yang diperbincangkan secara luas, termasuk bidang pendidikan. Dalam bidang ini, terkhusus pada perubahan pola pembelajaran, kesulitan beradaptasi, tingkat penguasaaan teknologi, dan ketidaksiapan menghadapi tantangan. Dalam hal ini, guru dan siswa harus bisa berdaptasi dan menjaga kesehatan mental.

Menjaga kesehatan mental sama pentingnya menjaga kesehatan fisik. Keadaan yang kurang baik seperti banyaknya tekanan akan membuat kacau untuk memusatkan perhatian, membuat perencanaan, dan mengelola emosi secara jernih. Dalam hal ini jika dibiarkan terlalu lama, kondisi ini akan mengakibatkan kondisi kacau.

Tips Menjaga Kesehatan Mental Guru

Kesehatan mental guru berdampak pada siswa sehingga penting bagi guru untuk menjaga kesehatan mental pribadi. Untuk itu guru perlu menjaga dan meningkatkan kesehatan mental, seperti:

1. Self care dan self love

Self care bertujuan untuk meningkatkan rasa tenang atau aman dalam aktivitas yang dilakukan pada diri sendiri. Sedangkan, self love bentuk apresiasi terhadap diri sendiri yang bersifat dinamis. Dalam hal ini menjaga kesehatan mental melalui self care dan self love, seperti menjalin hidup sehat dengan mengonsumsi makanan sehat, bersih, tidur cukup, dan olahraga teratur. Selain itu, melakukan me time dan menjauhi lingkungan yang memiliki pengaruh buruk.

Baca juga:
Pentingnya Kesehatan Mental Guru

2. Berpikir dan melalukan hal postif

Ketika guru memiliki kesibukan yang lebih dari biasanya maka guru akan lelah dan menganggu pikiran dan emosi. Akan tetapi, guru harus bisa mengukur tingkat emosi dan kelelahan yang dimiliki dengan tindakan yang berimplikasi hal positif. Guru bisa melakukan meditasi, mendengarkan musik, dan membaca buku.

3. Menjaga hubungan baik dengan sesama guru

Menjaga hubungan baik membantu dalam menjaga kesehatan mental karena interaksi sesama guru sangat penting. Seperti, saling bertegur, bercengkrama, dan menghibur satu sama lain. Dengan menjaga hubungan baik dengan sesama guru akan berdampak pada tempat kerja yang nyaman dan aman.

Pentingnya Menjaga Kesehatan Mental dan Tipsnya bagi Guru!
Ilustrasi meditasi untuk kesehatan mental (Gambar: Canva/Studioroman)

Hubungan Kesehatan Mental Guru dengan Proses Mengajar

Salah satu faktor penentu tinggi rendahnya mutu pendidikan adalah guru. Dalam hal ini keberhasilan penyelenggara pendidikan sangat ditentukan sejauh mana guru dapat mempersiapkan siswa-siswi dalam kegiatan belajar mengajar. Namun, kemampuan dalam mengajar sangat dipengaruhi oleh kesehatan mental guru.

Baca juga:
Mental guru yang sehat dapat mewujudkan kualitas pendidikan yang hebat

Guru tidak hanya dituntut sebagai penyaji pelajaran dan mentransfer pengetahuan tetapi juga mendidik sikap dan empati siswa-siswi. Dalam hal ini mengajar mengacu pada membimbing dan membantu untuk memudahkan siswa siswa dalam menjalani proses perubahan sendiri.

Hal ini sampai pada kesimpulan bahwa kesehatan mental guru sangat penting karena menentukan kualitas dan kemampuan guru dalam mengajar dan mendidik siswa-siswi. Selain itu, guru memiliki risiko stres yang sangat tinggi akibat beban tugas yang dimiliki. Guru juga perlu tahu bahwa kesehatan mental berperan besar dalam membangun daya tahan fisiknya.

Itulah penjelasan mengenai pentingnya kesehatan mental guru dan tipsnya. Semoga artikel ini dapat memberikan informasi kepada guru dan bisa lebih peduli lagi terhadap kesehatan mentalnya. Semoga kegiatan ini dapat menjadi langkah awal yang baik untuk mempersiapkan guru melalui pendidikan di Indonesia.

Referensi:
Kesehatan Mental Guru
Tips Menjaga Kesehatan Mental Guru dan Siswa
Peran Kesehatan Mental Bagi Guru dalam Proses Belajar Mengajar di Sekolah

Dapatkan pelatihan privat di sekolah Anda untuk meningkatkan kualitas akademik guru dan akademik sekolah bersama trainer pilihan.
Waktu dan tempat sesuai pilihan Anda!
Konsultasi GRATIS!


Penulis: Francois Rynasher Mamarimbing | Penyunting: Putra

0

0

Komentar (0)

-Komentar belum tersedia-

Buat Akun Gratis di Guru Inovatif
Ayo buat akun Guru Inovatif secara gratis, ikuti pelatihan dan event secara gratis dan dapatkan sertifikat ber JP yang akan membantu Anda untuk kenaikan pangkat di tempat kerja.
Daftar Akun Gratis

Artikel Terkait

Siswa Aktif, Butuh Guru Inovatif!

Esi Fajriani

Jul 01, 2022
5 min
Guru Itu Manusia
Jangan Membuat Mental Guru Terjegal

Dwi Rahayu, S.Pd.

Nov 30, 2023
3 min
Guru Yang Sehat Mental, Mendidik Yang Berkualitas

Meyrisa Anggriani

Dec 08, 2023
1 min
Self Love: Bagaimana Guru Muda Mencintai Diri Sendiri?

Devi Seftiana

Dec 12, 2023
3 min
Gen z jadi Guru, Kenapa Tidak?
1 min

Guru Inovatif

Jam operasional Customer Service

06.00 - 18.00 WIB