MENJELAJAHI PERKEMBANGBIAKAN HEWAN MELALUI GAME CANVA DAN POWERPOINT DI SEKOLAH TERPENCIL - Guruinovatif.id: Platform Online Learning Bersertifikat untuk Guru

Diterbitkan 28 Agu 2023

MENJELAJAHI PERKEMBANGBIAKAN HEWAN MELALUI GAME CANVA DAN POWERPOINT DI SEKOLAH TERPENCIL

Menjelajahi perkembangbiakan hewan melalui game Canva dan PowerPoint merupakan artikel inovasi dalam pembelajaran sebagai upaya meningkatkan hasil belajar murid di daerah terpencil yang jauh dari akses internet. Semoga artikel ini bisa menginspirasi rekan-rekan pendidik yang memiliki kisah yang sama

Dunia Pendidikan

Roni Hariyanto Bhidju, S.Pd.

Kunjungi Profile
1207x
Bagikan

Pendidikan memiliki peran kunci dalam membentuk generasi kompetitif di masa depan. Namun, di wilayah terpencil seperti sekolah dasar negeri Fatubai, masalah pendidikan sering kompleks. Rendahnya hasil belajar, terutama dalam materi perkembangbiakan hewan di kelas 4, mencuat sebagai isu utama. Ini disebabkan oleh keterbatasan sumber belajar, minimnya media pembelajaran, dan metode yang digunakan kurang mendukung proses pembelajaran yang interaktif.

Dalam mengatasi masalah ini, transformasi pendekatan pembelajaran menjadi sangat penting untuk dilakukan. Solusi inovatif muncul melalui pemanfaatan teknologi, dengan mengembangkan game edukatif terstruktur melalui aplikasi Canva dan PowerPoint. Langkah ini dapat merangsang minat belajar murid dan meningkatkan pemahaman konsep secara interaktif tentang perkembangbiakan hewan.

Studi tentang perkembangbiakan hewan memiliki manfaat mendalam bagi murid. Pemahaman ini tidak hanya tentang siklus kehidupan di alam, tetapi juga merangsang pemikiran ilmiah murid, menghubungkan teori dengan fenomena sehari-hari. Dengan pendekatan inovatif ini, diharapkan kendala pembelajaran perkembangbiakan hewan pada murid kelas 4 di sekolah dasar negeri Fatubai dapat teratasi, serta memastikan bahwa pendidikan berkualitas juga dialami oleh sekolah-sekolah di daerah terpencil.

(Keterangan gambar: Pemanfaatan game secara individu oleh peserta didik dalam proses pembelajaran)

Rendahnya Hasil Belajar Murid

Persoalan yang tengah dihadapi di sekolah dasar negeri Fatubai dan menjadi sorotan utama, yakni rendahnya hasil belajar murid pada materi perkembangbiakan hewan. Dari 8 orang murid kelas 4 yang mengikuti tes sumatif tentang perkembangbiakan hewan, hanya 2 orang murid yang mencapai kriteria ketuntasan belajar yang telah ditentukan dengan persentase ketuntasan 25%. Hal ini terjadi karena dipengaruhi oleh faktor lingkungan yang terbatas seperti minimnya sumber belajar dan keterbatasan media pendukung sehingga pengetahuan tentang perkembangbiakan hewan terasa abstrak dan sulit dipahami oleh murid. Pendekatan pengajaran yang masih mengandalkan metode konvensional juga belum mampu memicu minat murid untuk aktif berpartisipasi dalam proses pembelajaran.

Mengapa situasi ini menjadi kenyataan? Terletak di wilayah terpencil, akses murid di sekolah dasar negeri Fatubai terhadap sumber daya pendidikan dan teknologi masih sangat terbatas. Sumber belajar, seperti buku-buku dan materi pendukung lainnya, menjadi sulit dijangkau. Metode pengajaran yang terbatas pada penjelasan lisan dan buku teks belum mampu membawa murid terlibat dalam materi pembelajaran secara interaktif. Akibatnya, rendahnya minat dan pemahaman murid tentang perkembangbiakan hewan menjadi permasalahan mendalam yang menghambat pencapaian optimal dalam hasil belajar.

Meningkatkan Hasil Belajar dengan Canva dan PowerPoint

Dalam upaya meningkatkan hasil belajar murid, langkah-langkah baru ditempuh dengan memanfaatkan teknologi Canva dan PowerPoint. Melalui desain game edukatif, materi perkembangbiakan hewan disajikan dalam bentuk yang menarik dan interaktif. Tujuan utama adalah merangsang minat dan keterlibatan murid dalam proses belajar. 

Canva adalah platform desain grafis berbasis web yang memungkinkan untuk membuat desain visual secara mudah. Canva menyediakan berbagai alat untuk membuat poster, presentasi, game, kartu ucapan, infografis, dan banyak lagi. Pengguna dapat memilih dari berbagai template yang telah ada, menyesuaikannya dengan teks, gambar, ikon, dan elemen desain lainnya sesuai kebutuhan. Canva sangat cocok untuk mendesain media pembelajaran yang menarik dan interaktif. 

Manfaat aplikasi Canva; (1) canva dirancang dengan sederhana dan mudah dipahami, sehingga membantu guru dalam mendesain media pembelajaran; (2) terdapat banyak template yang sudah dirancang dengan baik untuk berbagai keperluan, memudahkan pengguna dalam membuat desain; (3) pengguna memiliki akses ke berbagai jenis teks, gambar, ikon, latar belakang, dan elemen desain lainnya untuk menghasilkan karya yang kreatif.

PowerPoint adalah fitur presentasi yang dikembangkan oleh Microsoft. Fitur ini digunakan untuk membuat tampilan visual yang biasanya digunakan dalam presentasi bisnis, pendidikan, dan lainnya. Setiap slide dapat berisi teks, gambar, grafik, video, dan elemen multimedia lainnya. PowerPoint memberikan alat untuk mengatur alur presentasi, menambahkan efek transisi antar slide, dan menyajikan informasi dengan cara yang terstruktur dan menarik.

Manfaat aplikasi PowerPoint; (1) PowerPoint membantu dalam merencanakan alur presentasi dengan baik, mengatur isi, dan memastikan pesan disampaikan dengan jelas serta dapat diakses secara offline; dapat mengintegrasikan teks, gambar, video, dan elemen multimedia lainnya untuk memperjelas dan memperkaya pesan yang disampaikan; (3) PowerPoint menyediakan efek animasi dan transisi yang dapat membuat presentasi lebih menarik dan membantu mempertahankan perhatian audiens.

Penting untuk diingat bahwa kedua aplikasi ini memiliki kegunaan yang berbeda dan dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Aplikasi Canva digunakan untuk merancang game dengan visual yang menarik secara online, sementara PowerPoint memungkinkan presentasi game secara offline yang ditampilkan dengan bantuan proyektor di kelas untuk  mengatasi kendala akses internet yang terjadi di sekolah dasar negeri Fatubai.

(Keterangan gambar: Pemanfaatan game secara berkelompok dalam proses pembelajaran)

Dampak dari langkah inovatif ini sungguh menggembirakan. Murid-murid kelas 4 di sekolah dasar negeri Fatubai menunjukkan minat yang tinggi terhadap pembelajaran melalui game edukatif. Mereka aktif berinteraksi dengan konten pembelajaran, mengembangkan pemahaman yang lebih baik tentang perkembangbiakan hewan. Evaluasi terhadap hasil belajar murid menunjukkan peningkatan yang signifikan, dengan konsep yang sebelumnya kompleks menjadi lebih mudah dicerna dan dimengerti oleh murid. Pada tes sumatif yang ke dua dengan materi perkembangbiakan hewan, persentase ketuntasan belajar murid meningkat menjadi 100%. Hasil ini menjadi bukti bahwa inovasi teknologi dengan pendekatan kreatif mampu membawa perubahan positif dalam hasil belajar, terlepas dari keterbatasan lingkungan.

Penggunaan game edukatif berbasis Canva dan PowerPoint memberikan dampak positif yang signifikan pada hasil belajar murid kelas 4 di sekolah dasar negeri Fatubai. Inovasi ini membuktikan peran penting teknologi sebagai katalisator untuk mengatasi keterbatasan dan meningkatkan mutu pembelajaran di daerah terpencil. Model pembelajaran ini juga layak diadopsi oleh sekolah-sekolah lain yang menghadapi tantangan serupa, karena membuka peluang partisipasi aktif murid dan sejalan dengan tren integrasi teknologi global dalam dunia pendidikan.

Dalam era di mana teknologi semakin mendominasi pendidikan, inisiatif pemanfaatan game edukatif berbasis Canva dan PowerPoint menunjukkan bahwa solusi yang tepat dapat ditemukan bahkan dalam kondisi yang terbatas. Dengan upaya berkelanjutan dan inovasi, pembelajaran di sekolah terpencil pun dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar yang memuaskan bagi para murid.


Penyunting: Putra

2

4

Komentar (2)

Roni Hariyanto Bhidju, S.Pd.

Aug 28, 2023

Terima kasih pak Muhammad

Muhammad Khoiruzzadittaqwa

Aug 28, 2023

Wow, metode inovatif ini benar-benar inspiratif! 👏 Saya penasaran, bagaimana pelaksanaannya dalam kelas yang terpencil? Yuk, cek artikel saya "Menjadi Guru Inovatif: Menguatkan Literasi Digital Melalui Inovasi Pendidikan" untuk mendalami lebih lanjut. Kita bisa diskusi seru di sana! 💡📚 #InovasiPendidikan
Buat Akun Gratis di Guru Inovatif
Ayo buat akun Guru Inovatif secara gratis, ikuti pelatihan dan event secara gratis dan dapatkan sertifikat ber JP yang akan membantu Anda untuk kenaikan pangkat di tempat kerja.
Daftar Akun Gratis

Artikel Terkait

Mengembangkan Keterampilan Literasi Digital dengan Menggunakan Instagram sebagai Alat Pembelajaran
2 min
Penerapan Merdeka Berbudaya Menuju Generasi Emas 2045
Gembira Belajar dengan Platform Digital
1 min
Pembelajaran yang Menarik, Menyenangkan dan Berpihak pada Murid Kunci Sukses Kurikulum Merdeka dalam mewujudkan Indonesia Emas 2045

FATIMAH

May 22, 2023
1 min
GURU ALAY

NAIMULLOH

May 22, 2023
3 min
Pentingnya Penguatan Literasi Digital Sejak Dini di Sekolah 3T

Niken Eka Priyani

Aug 16, 2023
1 min

Guru Inovatif

Jam operasional Customer Service

06.00 - 18.00 WIB

Kursus Webinar