Mengenal Gartic.io, Permainan Ice Breaking dalam Kelas yang Kreatif dan Inovatif - Guruinovatif.id: Platform Online Learning Bersertifikat untuk Guru

Diterbitkan 30 Jan 2023

Mengenal Gartic.io, Permainan Ice Breaking dalam Kelas yang Kreatif dan Inovatif

Istilah ‘ice breaking’ dalam pendidikan merupakan proses yang digunakan untuk membantu peserta didik dalam membuat koneksi, merefresh pikiran, dan melakukan interaksi dengan sesama peserta didik.

Metode Mengajar

Redaksi Guru Inovatif

Kunjungi Profile
7055x
Bagikan

Suasana kelas yang nyaman, santai, dan kondusif merupakan harapan bagi semua siswa. Apabila pandangan awal perihal suatu pembelajaran memberikan kesan positif maka pemahaman terhadap materi ajar akan menjadi maksimal. Oleh karena itu, penting bagi Bapak/Ibu sekalian menyusun perencanaan yang matang perihal bagaimana cara membuat suasana pembelajaran yang nyaman bagi semua peserta didik. 

Mengenal Gartic.io,  Permainan Ice Breaking dalam Kelas yang Kreatif dan Inovatif
Suasana kelas yang interaktif dan komunikatif dapat meningkatkan motivasi siswa (Sumber: Canva)

Secara keseluruhan, ada banyak cara yang dapat Bapak/Ibu lakukan seperti mengajak peserta didik berdiskusi tentang isu-isu sosial tertentu, memberikan refleksi berupa cerita pengalaman Anda, dan melakukan aktivitas ice breaking. Dengan memberikan jeda beberapa menit dalam pembelajaran lalu mengajak peserta didik melakukan refresh terhadap pikiran mereka baik untuk membangun fokus dan suasana hati mereka. 

Nah! untuk mewujudkan hal tersebut, Bapak/Ibu dapat melakukan aktivitas permainan edukasi atau sering dikenal dengan ice breaking dalam pembelajaran. 

Ice Breaking dalam Pembelajaran

Materi ajar yang kompleks, jadwal yang padat, dan rutinitas yang berulang dapat menyebabkan burnout pada peserta didik. Apabila sudah sampai pada tahap tersebut maka mereka akan kesulitan untuk fokus dan tidak maksimal dalam pembelajaran. Oleh karena itu, selain melakukan variasi terhadap metode ajar, Bapak/Ibu dapat melakukan aktivitas ice breaking

Istilah ‘ice breaking’ dalam pendidikan merupakan proses yang digunakan untuk membantu peserta didik dalam membuat koneksi, me-refresh pikiran, dan melakukan interaksi dengan sesama peserta didik. Selain itu, aktivitas tersebut berfungsi untuk menciptakan suasana yang nyaman dan ramah bagi siswa atau peserta didik, sehingga mereka dapat belajar dengan lebih efektif dan terbuka. Masih banyak fungsi dari ice breaking sebagai berikut. 

1. Menurunkan kecemasan

Ice breaking dapat membantu menurunkan kecemasan siswa dalam pembelajaran. Menurunkan kecemasan sangat penting untuk membangkitkan motivasi dan dorongan mereka untuk selalu semangat dalam pembelajaran. 

Mengenal Gartic.io,  Permainan Ice Breaking dalam Kelas yang Kreatif dan Inovatif
Suasana kelas yang nyaman akan mendorong motivasi belajar siswa (Sumber: Canva)

2. Membangun kepercayaan diri

Interaksi dan komunikasi yang terbangun dalam permainan dapat membantu peserta didik percaya diri. Selain itu, mereka akan selalu merasa dilibatkan dalam pembelajaran sehingga dapat menjadi lebih aktif dan kreatif dalam pembelajaran. 

Mengenal Gartic.io,  Permainan Ice Breaking dalam Kelas yang Kreatif dan Inovatif
Siswa yang percaya diri dapat lebih terbuka dan inovatif (Sumber: Canva)

3. Menciptakan Suasana yang Menyenangkan

Komunikasi dua arah dan interaksi yang aktif dalam kelas dapat meningkatkan suasana hati peserta didik. Selain itu, model permainan yang seru, edukatif, dan menarik juga dapat memicu kreativitas mereka. 

Mengenal Gartic.io,  Permainan Ice Breaking dalam Kelas yang Kreatif dan Inovatif
Susana kelas yang menyenangkan memberikan rasa aman dan nyaman (Sumber: Canva)

Ice breaking dapat diwujudkan dalam berbagai cara seperti permainan, aktivitas, atau diskusi yang menyenangkan dan menyenangkan. Wah sangat menarik sekali ya Bapak/Ibu ice breaking dalam pembelajaran! Oh iya, tahukah Anda bahwa ada satu model permainan yang dapat digunakan dalam pembelajaran, yaitu  Gartic.io

Apakah permainan Gartic.io itu? Bagaimana penerapannya? Simak penjelasan di bawah ini ya! 

Permainan Gartic.io sebagai ice breaking dalam Pembelajaran

Gartic.io adalah sebuah permainan online yang mengambil format dari permainan tebak gambar yang populer. Dalam permainan ini, satu pemain akan ditunjuk sebagai pemain yang menggambar, sementara pemain lainnya harus menebak apa yang digambar. Pemain yang menebak dengan tepat paling banyak akan menang. 

Mengenal Gartic.io,  Permainan Ice Breaking dalam Kelas yang Kreatif dan Inovatif
Logo Permainan Gartic (Sumber: https://gartic.io/)

Wah sangat menarik ya! berikut kami uraikan bagaimana cara memulai ice breaking dengan permainan online Garti.io untuk mempermudah Bapak/Ibu sekalian. 

1. Masuk ke dalam website https://gartic.io/

2. Pilihlah jenis ruangan yang ingin dimainkan

Pilih ruangan pribadi agar peserta permainan terfokus pada siswa dalam kelas

Mengenal Gartic.io,  Permainan Ice Breaking dalam Kelas yang Kreatif dan Inovatif
Tampilan awal untuk membuat permainan (Sumber: https://gartic.io/)

3. Masukkan nama pengguna atau bergabung dengan akun Facebook

4. Dalam permainan tersebut tersedia banyak alat gambar untuk menggambar atau menebak kata yang diberikan oleh sistem

Mengenal Gartic.io,  Permainan Ice Breaking dalam Kelas yang Kreatif dan Inovatif
Tampilan saat permainan dimulai (https://gartic.io/)

7. Setelah skor diberikan, pemain yang memiliki skor tertinggi akan menang dan lanjut ke ronde berikutnya

8. Ulangi langkah tersebut 5–10 kali sampai permainan selesai

9. Setelah permainan selesai, Anda akan melihat peserta didik dengan pemerolehan terbaik

10. Berikanlah hadiah dan reward kepada mereka yang memiliki poin tertinggi

Model permainan dua arah dan tampilan yang menarik dapat meningkatkan kepercayaan diri, kreativitas, dan interaksi peserta didik di dalam kelas. Selain itu, ice breaking dapat juga menjadi alat yang efektif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan hasil belajar, karena dengan ice breaking yang baik siswa akan merasa lebih nyaman dan terbuka dalam belajar, sehingga proses belajar akan menjadi lebih efektif. Namun, untuk mewujudkan hal tersebut, Bapak/Ibu harus lebih ekstra dalam menyiapkan perangkat permainan seperti laptop/smartphone dan jaringan internet yang stabil. 

Demikianlah beberapa informasi perihal ice breaking menggunakan permainan Gartic.io. Kami berharap Bapak/Ibu dapat menerapkannya dalam pembelajaran untuk menghindari kejenuhan dalam kelas ya! Semangat untuk seluruh guru Indonesia! Maju terus pendidikan bangsa!

Ayo bergabung dengan paket membership GuruInovatif.id sekarang! Ini adalah kesempatan terbaik bagi Anda untuk meningkatkan kemampuan serta karir Anda sebagai tenaga pendidik. Dengan bergabung dalam paket membership kami, Anda akan mendapatkan akses ke konten premium yang tidak tersedia bagi pengunjung biasa. Anda juga akan mendapatkan diskon harga untuk produk dan layanan yang kami tawarkan. Selain itu, Anda juga akan mendapatkan layanan pelanggan prioritas dari tim kami. Jadi, jangan sia-siakan kesempatan ini. Ayo bergabung dengan paket membership kami sekarang juga!


Penulis: Yandi Chidlir
Editor: Putra

0

0

Komentar (0)

-Komentar belum tersedia-

Buat Akun Gratis di Guru Inovatif
Ayo buat akun Guru Inovatif secara gratis, ikuti pelatihan dan event secara gratis dan dapatkan sertifikat ber JP yang akan membantu Anda untuk kenaikan pangkat di tempat kerja.
Daftar Akun Gratis

Artikel Terkait

AKU BAPER TikTok (Aktualisasi Pembelajaran Berbasis Projek TikTok)

putu kusuma

Jun 30, 2022
2 min
Babaran Punakawan: Menjadi Disabilitas yang Berjiwa Pancasila dan Melahirkan Karakter Pelajar yang Tangguh dan Beradaptasi di Era Society 5.0
Buku yang Membantu Guru dalam Kurikulum Merdeka
3 min
Belajar dengan Visual, Metode Pembelajaran Picture and Picture
6 min
Penerapan Gamifikasi dalam Pembelajaran tanpa Menggunakan Perangkat Digital
3 min

Guru Inovatif

Jam operasional Customer Service

06.00 - 18.00 WIB

Kursus Webinar