Materi Energi Saat Belajar Daring - Guruinovatif.id: Platform Online Learning Bersertifikat untuk Guru

Diterbitkan 08 Agu 2022

Materi Energi Saat Belajar Daring

                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                         

Metode Mengajar

Ardi Palipi Simbolon, M.Si

Kunjungi Profile
3431x
Bagikan

                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                         

                                   Pengertian Energi

 

Selamat pagi menjelang siang bagi kita semua. Mari belajar bersama, para pendengar terlebih peserta didik dimanapun berada. Semoga ditengah pandemi covid-19 ini kita tetap semangat belajar walau secara ceramah bersama saya Ardi P Simbolon. Pelajaran kita hari ini adalah mata pelajaran IPA, khususnya IPA SMP Kelas 7 dengan judul ENERGI.

Tujuan Pembelajaran kita hari ini adalah : peserta didik mampu memahami pengaruh dan fungsi energi dalam kehidupan sehari-hari.

Para pendengar terkhusus peserta didik mari kita konsentrasi mengikuti pembelejaran ini, sebelumnya peserta didik menyediakan buku tulis beserta alat tulis, dan jangan lupa air minumnya. Sebagai informasi bahwa diakhir pertemuan ini kami sediakan kuiz. Jawabannya telpon langsung ke RRI dengan no.....

Mari kita memulai pelajaran kita!

Energi adalah kemampuan untuk melakukan suatu tindakan atau pekerjaan (usaha). Kata “Energi” berasal dari bahasa yunani yaitu “ergon” yang berarti kerja. Dalam melakukan sesuatu kita selalu memanfaatkan energi, baik secara sadar maupun tidak sadar.

Jika kita menghubungkan ditengah pandemi covid-19 ini kita akan lebih paham apa itu energi. Supaya kita bisa tetap sehat maka diharapkan kita selalu mempunyai energi untuk menjaga stamina kita.

Para pendengar dan peserta didik yang kami banggakan, secara fisika energi itu merupakan besaran turunan dengan satuan N.m atau Joule. 

Energi dan kerja mempunyai satuan yang sama. Energi didefinikan sebagai tenaga atau gaya untuk berbuat sesuatu, yang secara umum didefinisikan sebagai kemampuan melakukan suatu pekerjaan. Sedangkan kerja bisa didefinisikan sebagai usaha untuk memindahkan benda sejauh S (m) dengan gaya F (Newton). Satuan energi Joule  dapat diubah menjadi Kalori (1 kalori =4,2 joule atau 1 joule = 0,24 kalori). 1 jolue = 1 N m atau 1 joule = 1 kgm2s-2

Nah berati setiap kita melakukan kegiatan pasti membutuhkan energi. Namun setiap kegiatan memerlukan energi yang jumlahnya berbeda-beda.

Kita berjalan berarti memerlukan energi

Kita makan berarti memerlukan energi

Kita tidur berarti memerlukan energi.

Energi itu tidak dapat dilihat, tetapi pengaruhnya dapat dirasakan.

Energi dapat berubah bentuk (hehehe mirip power rangers iya). Contohnya, jika kita menggunakan setrika listrik, berati kita menghubungkan listrik dengan setrika maka yang dikeluarkan setrika adalah panas nah... disini terjadi perubahan energi listrik menjadi energi panas

Contoh lain: saat ini kita dianjurkan setiap hari berjemur disinar matahari nah tujuannya adalah energi matahari mengubah pro vitamin D yang ada pada tubuh kita menjadi Vit D. Lho vit D fungsinya apa iya? Fungsi vitamin D bagi tubuh penting untuk membangun tulang kuat dan sehat, membangun tubuh menyerap kalsium, berperan dalam pertumbuhan sel, hingga mengurangi peradangan yang menjadi penyebab penyakit.

 

Energi itu sangat luar biasa, karena itu maka dikatakan energi itu kekal sehingga muncullah HUKUM KEKEKALAN ENERGI yang bunyinya: energi tidak dapat diciptakan dan tidak dapat dimusnahkan, tetapi energi dapat berubah bentuk dari bentuk yang satu kebentuk yang lain (lebih jelasnya pada Hukum 1 Termodinamika)   

Macam dan Bentuk Energi

Energi yang paling besar adalah energi matahari. Energi panas dari sinar matahari memiliki banyak manfaat bagi kehidupan di muka bumi ini. Manfaat energi matahari dapat dirasakan oleh manusia yaitu dapat dimanfaatkan untuk mengeringkan pakaian, untuk menghangatkan ruangan, sebagai penghangat tubuh, untuk mengeringkan hasil pertanian seperti padi, kopi, cengkeh, untuk pembengkit tenaga listrik. Selain dapat bermanfaat bagi manusia energi matahari juga bermanfaat bagi tumbuhan yang memiliki klorofil untuk dapat melakukan proses pembuatanan makanan atau proses fotosintesis.

 

Energi matahari dalam kehidupan adalah  kebutuhan manusia yang sangat vital. Kehidupan manusia memang tak bisa lepas dari teori energi. 

Contohnya pada zaman sekarang manusia selalu mengandalkan energi listrik, yaitu untuk memasak, mencuci, menyetrika, berkomunikasi dan masih banyak lagi. Nah peserta didik yang kami banggakan sudah sepatutnya kita menghemat energi. Suatu saat nanti sumber energi bisa rusak. Salah satu energi yang sering digunakan adalah energi bumi dan juga listrik.  Energi  minyak bumi akan habis jika digunakan secara terus menerus. Hal ini dikarenakan minyak bumi merupakan salah satu sumber energi tak terbarukan

 

Oleh sebab itu, manusia membutuhkan energi ramah lingkungan yang bebas polusi dan merusak alam untuk mendapatkannya. Energi ramah lingkungan sendiri merupakan energi yang pemanfaatannya tidak memberikan dampak buruk bagi kondisi lingkungan.

Energi alternatif sendiri ada banyak jenisnya. Apa saja macam-macam energi alternatif itu berikut beberapa diantaranya.

1. Energi Mekanik

Energi mekanik adalah energi yang dimiliki suatu benda karena sifat geraknya. Energi Mekanik dibagi lagi menjadi dua, yaitu :

 

Energi Potensial

adalah energi yang dimiliki oleh suatu benda pada suatu tempat (kedudukan) tertentu. Dari kedudukan atau tempat itu ia dapat melakukan usaha. Oleh karena itu energi potensial disebut juga energi tenaga tempat. Sebagimana contohnya adalah jika kita berteduh dibawah pohon kelapa, secara spontan kita akan memperhatikan keatas, buahnya atau pelepahnya. Yang kita amati adalah kenyamanan kita berteduh dibawahnya. Nahhh saat itulah kita sudah memahami energi potensial. Kita takut ditimpa buahnya atau pelepahnya karena pada buah dan pelepah itu tersimpan energi potensial. Maka makin tinggi benda diatas permukaan kita maka makin besar energi potensialnya.

 

Ep = m x g x h

Keterangan (Satuan) :

Ep = Energi Potensial (Joule)
m = Massa (kg)
g = Gravitasi (m/s2)
h = Ketinggian (m)

 

Energi Kinetik

adalah Energi yang dimiliki suatu benda karena pergerakan atau kelajuannya. Energi kinetik secara jelas dapat diartikan sebagai suatu kemampuan untuk melakukan usaha agar bisa menggerakkan benda dengan massa tertentu hingga mencapai suatu kecepatan tertentu. Semakin tinggi kecepatan suatu benda maka semakin besar pula energi kinetiknya. Contohnya adalah ketika sebuah mobil melaju, semakin kencang kecepatan mobil tersebut, maka semakin besar pula energi kinetiknya. Secara Fisika Rumus Energi Kinetik Adalah Sebagai Berikut :

 

Ek = 1/2 x m x v2

Keterangan (Satuan) :

Ek = Energi Kinetik (Joule)
m = Massa (kg)
v = Kecepatan (m/s)

Energi Mekanik = Energi Potensial Energi Kinetik

2. Energi Bunyi

Energi Bunyi adalah energi yang dihasilkan oleh getaran partikel-partikel udara di sekitar sumber bunyi. Sebenarnya setiap terjadinya getaran pada suatu benda pasti terdapat energi bunyi, namun tidak semua bunyi tersebut akan terdengar. Semakin kuat getarannya, semakin besar pula energi bunyi yang dihasilkan. Contohnya adalah ketika bermain gendang, semakin kuat gendang dipukul, otomatis semakin besar getarannya, dan semakin besar bunyi yang dihasilkan

3. Energi Panas (Kalor)

Energi Panas adalah energi yang terjadi karena pergerakan internal partikel penyusun dalam suatu benda. Energi panas merupakan energi yang berpindah dari suatu partikel yang bersuhu tinggi ke partikel bersuhu lebih rendah, dimana matahari merupakan sumber energi panas yang paling besar. Energi panas dapat berpindah melalui tiga cara, yaitu konduksi, konveksi, dan radiasi. Contoh sederhana dari energi panas adalah ketika memanaskan air dengan api, suhu dari api akan berpindah ke air sehingga membuat air dapat mendidih

4. Energi Cahaya

Energi Cahaya adalah Energi yang dihasilkan oleh gelombang elektromagnetik. Contohnya adalah ketika cahaya dari lampu, semakin jauh kita dari sumber cahaya maka semakin sedikit pengaruh cahaya tersebut terhadap penglihatan.

5. Energi Kimia

Energi Kimia adalah Energi yang dihasilkan karena adanya interaksi secara kimia dari reaksi kimia yang terjadi. Contoh Sederhananya adalah Makanan yang masuk ke dalam tubuh memiliki unsur kimia dan akan mengalami reaksi kimia agar dapat dimanfaatkan oleh tubuh, nah saat proses reaksi kimia juga terjadi energi kimia.

6. Energi Nuklir

Energi Nuklir adalah Energi yang dihasilkan dari reaksi inti oleh bahan radioaktif. Energi ini dihasilkan oleh inti atom yang membelah atau dua inti atom yang menyatu. Pembelahan atau penyatuan inti atom akan menghasilkan energi yang sangat besar karena terjadi perubahan pada inti atom. Contohnya adalah penggunaan bom nuklir (mohon maaf untuk Energi Nuklir pemahaman saya belum seberapa jadi saya belum bisa membahas lebih detail)

Fungsi dan Manfaat Energi Sehari-hari

Dari hukum kekekalan energi di atas apabila energi dapat dirubah ke dalam bentuk energi lainnya maka energi tersebut akan dapat dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari. Perubahan energi yang paling banyak bisa dimanfaatkan adalah perubahan dari energi listrik dirubah ke dalam bentuk energi yang lainnya.

 

Contoh perubahan energi itu antara lain:

  • Energi Kimia Menjadi Energi Gerak (Mekanik) M akan an yang kita makan diolah melalui reaksi kimia menjadi sumber energi untuk beraktivitas
  • Energi Listrik Menjadi Energi Panas Penggunaan Setrika untuk menggosok pakaian.
  • Energi Cahaya Menjadi Energi Kimia□Pemanfaatan cahaya matahari sebagai bahan dasar dalam proses fotosintesis oleh tumbuhan.
  • Energi Gerak (Mekanik) Menjadi Energi Panas□ Gesekkan dua benda secara terus menerus menghasilkan panas.
  • Energi Listrik Menjadi Energi Gerak (Mekanik□ Penggunaan kipas angin.

Sifat Energi

  1. Transformasi energi, energi bisa diubah dalam bentuk lain. Sebagai conohnya energi panas pembakaran menjadi energi mekanik mesin.
  2. Transfer energi, energi panas dari suatu material atau tempat dapat di transferkan ke tempat atau metrial lain. Sebgai contoh pemanasan air pada panci, dengan energi panas yang berasal di api ditransferkan melalui material panci sehingga memanaskan air dan setelah melalui titik didih air, maka air akan menguap.
  3. Energi dapat dipindahkan, dari benda lain oleh suatu gaya yang menyebabkan pergeseran. Dalam hal ini sering disebut dengan energi mekanik.
  4. Energi adalah kekal, energi tidak dapat diciptakan dan dimusnahkan.                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                          

                                                                                                                               

                                                                                                                                                                                                                                                                                                             

                                 

                                                                                                                                                                                                                                                       

                                                                                                                                                                                                 

                                                                                                                                       

                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                    

                                                                                                                                       

                                       

                                   

                                     

                                                                   

                                                                                                                                                                                                                                                                               

                                                                                                                                                                               

0

0

Komentar (0)

-Komentar belum tersedia-

Buat Akun Gratis di Guru Inovatif
Ayo buat akun Guru Inovatif secara gratis, ikuti pelatihan dan event secara gratis dan dapatkan sertifikat ber JP yang akan membantu Anda untuk kenaikan pangkat di tempat kerja.
Daftar Akun Gratis

Artikel Terkait

Jenis-Jenis Teori Belajar Kognitif dan Implementasinya
6 min
Pentingnya Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Implementasi Kurikulum Merdeka
2 min
Penguatan Literasi Digital Melalui Desain Pembelajaran Matematika SMP dengan Konteks Kearifan Lokal Indonesia Berbantuan Platform Digital

HARTONO

Sep 10, 2023
7 min
Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Projek Based Learning

SUTARDI,S.Pd

Dec 26, 2022
1 min
Media Pembelajaran Ada di Ruang Kelas

Edy Samsul

Jul 23, 2022
1 min
5 Manfaat Mind Mapping untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa: Solusi Efektif dalam Pembelajaran
4 min

Guru Inovatif

Jam operasional Customer Service

06.00 - 18.00 WIB