Kesehatan Mental Guru dalam Terang Pendidikan - Guruinovatif.id: Platform Online Learning Bersertifikat untuk Guru

Diterbitkan 28 Nov 2023

Kesehatan Mental Guru dalam Terang Pendidikan

Artikel ini memanggil untuk memahami dan mendukung kesehatan mental guru, menegaskan bahwa hanya dengan guru yang sehat secara mental, pendidikan berkualitas dapat diwujudkan.

Seputar Guru

Diana Fitri, S.Pd.

Kunjungi Profile
999x
Bagikan

Kesehatan Mental Guru dalam Terang Pendidikan

Abstrak

Dalam era pendidikan yang terus berubah, kesehatan mental guru seringkali terlupakan. Artikel ini mengungkap realitas guru yang merangkak di bawah beban kesehatan mental, dari burn out hingga konflik di kelas. Data menunjukkan bahwa 76% guru mengalami stres tinggi, berdampak pada hubungan dengan siswa dan hasil belajar. Strategi menjaga kesehatan mental, seperti manajemen stres, dukungan sosial, dan keseimbangan kehidupan, menjadi sorotan. Artikel ini memanggil untuk memahami dan mendukung kesehatan mental guru, menegaskan bahwa hanya dengan guru yang sehat secara mental, pendidikan berkualitas dapat diwujudkan.

Mengulas panorama pendidikan yang terus berubah, Tidak ada salahnya kita fokus pada esensi yang terkadang terlupakan yaitu kesehatan mental guru. Realitas yang mungkin tersembunyi,  seperti beberapa guru merangkak di bawah beban kesehatan mental yang serius. Dari burn out hingga konflik di kelas. Beberapa kasus nyata tentang tantangan yang dihadapi oleh para pendidik tidak hanya memengaruhi mereka secara pribadi, tetapi juga mendalam pada pondasi pendidikan. Tantangan kesehatan mental guru menjadi semakin kompleks di tengah revolusi pendidikan yang terus berlangsung. Dalam merangkul perubahan dan menanggapi kebutuhan individu setiap siswa, guru dihadapkan pada dinamika psikologis yang memerlukan ketangguhan dan keseimbangan emosional.

 Menurut penelitian yang dilakukan oleh Education Support Partnership pada tahun 2021, 76% guru melaporkan mengalami tingkat stres yang tinggi, sebagian besar disebabkan oleh tekanan beban kerja dan tuntutan tugas yang semakin kompleks. Studi yang diterbitkan dalam Journal of Educational Psychology (2020) menunjukkan bahwa guru dengan tingkat stres tinggi cenderung mengalami penurunan kualitas hubungan dengan siswa, yang pada gilirannya memengaruhi motivasi dan hasil belajar siswa. Guru yang sehat secara mental mampu memberikan dampak positif pada pembelajaran dan membangun hubungan yang baik di dalam kelas. 

Ada beberapa strategi yang dapat membantu guru menjaga kesehatan mental mereka agar dapat menjadi pendidik yang efektif dan berdaya salah satunya penting bagi guru untuk memahami bahwa stres adalah bagian dari pekerjaan mereka dan belajar bagaimana mengelolanya. Teknik relaksasi, olahraga, dan waktu untuk diri sendiri dapat membantu mengurangi tingkat stress yang dialami. Guru perlu juga perlu menyadari bahwa mereka tidak sendirian dalam menghadapi tantangan pekerjaan. Membangun jaringan dukungan sosial, baik dengan rekan guru, staf sekolah, atau keluarga, dapat memberikan ruang untuk berbagi pengalaman, mengekspresikan frustrasi, dan mendapatkan dukungan emosional.

Hal lainnya yang dapat menjaga kesehatan mental guru adalah menjaga keseimbangan antara kehidupan pribadi dan profesionalisme. Guru perlu mengidentifikasi waktu untuk istirahat, liburan, dan kegiatan nonpekerjaan untuk memastikan bahwa mereka memiliki waktu untuk melepaskan diri dari tekanan pekerjaan. Manajemen waktu yang baik dapat membantu mengurangi tekanan dan mencegah kelelahan atau mendengarkan musik, menonton aneka hiburan yang ditawarkan beragam platform juga dapat membantu guru lebih rileks.

Tantangan yang dihadapi guru tidak hanya terbatas pada ranah profesional, tetapi juga mengakar dalam dimensi psikologis dan emosional mereka. Kita tidak boleh melupakan bahwa kesejahteraan guru membentuk corak pendidikan di mana ilmu pengetahuan dan kearifan bersama mekar. Oleh karena itu, mendekati dan memahami kesehatan mental guru menjadi suatu panggilan moral dan praktis bagi kita semua yang berkomitmen pada peningkatan kualitas pendidikan demi tercipta generasi cerdas dan berkarakter.

Dengan mengajak dan mendorong perhatian kita pada kesehatan mental guru, kita bukan hanya memberikan dukungan moral, tetapi juga menegaskan bahwa pendidikan yang berkualitas tidak hanya tentang hasil ujian atau prestasi akademis. Ini juga tentang merawat jiwa dan semangat pembimbing kita, karena hanya dengan guru yang sehat secara mental, kita dapat membuka pintu menuju dunia pengetahuan yang inspiratif dan bermakna bagi semua generasi.


Penyunting: Putra

1

0

Komentar (1)

ARIESTY NEVRIANY

Nov 28, 2023

Aku sih yes. Mantap bu Diana. Good luck!
Buat Akun Gratis di Guru Inovatif
Ayo buat akun Guru Inovatif secara gratis, ikuti pelatihan dan event secara gratis dan dapatkan sertifikat ber JP yang akan membantu Anda untuk kenaikan pangkat di tempat kerja.
Daftar Akun Gratis

Artikel Terkait

GI Academy #22: “Terampil Membuat Asesmen Formatif Kurikulum Merdeka”
5 min
Menilik Urgensi Kesehatan Mental Guru
4 min
Guru Anak Usia Dini Sehat Mental dengan Menulis
3 min
Peran positif AI dalam menjaga kesehatan mental guru menghadapi Era Society 5.0

Dita Pratiwi

Nov 30, 2023
1 min
Tetap Waras Agar Kelas Tidak Chaos
2 min
Teachers’ Mental Heart with Work Life Balance (Kesehatan Mental Guru dengan Kerja Hidup Seimbang)

LULU FARIDAH

Dec 13, 2023
2 min

Guru Inovatif

Jam operasional Customer Service

06.00 - 18.00 WIB

Kursus Webinar