Merawat Kesehatan Mental Agar Proses Belajar Menjadi Efektif dan Optimal - Guruinovatif.id: Platform Online Learning Bersertifikat untuk Guru

Diterbitkan 04 Des 2023

Merawat Kesehatan Mental Agar Proses Belajar Menjadi Efektif dan Optimal

Kesehatan mental guru sangat penting dalam proses belajar mengajar hal ini disebabkan karena efek dari kesehatan mental seorang guru sangat mempengaruhi keberhasilan dalam proses belajar mengajar , karena itu perlu dilakukan perawatan .

Seputar Guru

Ir. Emi Farida Anjasmorowati, M.M.Pd

Kunjungi Profile
571x
Bagikan

 Merawat Kesehatan Mental 

Agar  Belajar  Menjadi Efektif dan Optimal 

Kesehatan jiwa  sebutan lainnya adalah kesehatan mental adalah kesehatan yang berkaitan dengan kondisi emosi , kejiwaan, dan psikis seseorang.

Dalam dunia pendidikan kesehatan mental guru sangat berpengaruh terhadap proses belajar mengajar, apalagi di zaman sekarang ini banyak sekali yang mempengaruhi peserta didik dalam proses tersebut baik dari dalam sendiri maupun dari luar.

Kesehatan mental guru harus senantiasa di jaga karena hal tersebut sangat berpengaruh pada aktifitas sebagai seorang guru agar proses dalam pembelajaran menjadi baik dan efektif. 

Menjaga kesehatan mental itu sangat penting karena akan merasa lebih nyaman , berfikir lebih jernih, meningkatkan hubungan ,baik dengan diri sendiri maupun dengan keluarga , orang lain termasuk peserta didik, selain itu juga meningkatkann harga diri. 

Bagaimana cara mencegah agar  kesehatan mental seorang  guru tetap terjaga agar sebagai seorang  pendidik mampu melaksanakan tugas dengan baik dan maksimal

  1. Senantiasa mempunyai rasa syukur dengan apa yang telah diberikan kepada kita agar hati menjadi tentram, banyak mengikuti kegiatan keagamaan , sebaiknya di suatu sekolah diadakan kegiatan keagamaan untuk guru- guru secara rutin , misalnya kajian yang mendatangkan  seorang ustad, senantiasa meningkatkan keimanan dengan cara melaksanakan secara sungguh – sungguh ibadah baik yang wajib maupun yang sunah.
  2. Sekolah tidak memberikan beban berat kepada guru, agar guru mampu menyiapkan segala sesuatunya untuk proses pembelajaran dengan baik, dan mempunyai waktu luang untuk berolah raga dan refresing.
  3. Menjaga pergaulan yang sehat dengan tetangga ,teman di luar sekolah  , sesama teman sejawat maupun  siswa, agar suasana menjadi kondusif dan bahagia
  4. Menjaga kesehatan fisik dengan secara rutin berolah raga walaupun secara singkat untuk menjaga kebugaran, sebaikknya di sekolah di adakan kegiatan olah raga baik guru maupun murid.
  5. Menjaga pola makan , dengan mengkonsumsi empat sehat lima sempurna
  6. Mengelola stres dengan cara , sekolah mengadakan rekreasi , sehingga guru tidak selalu berkutat dengan pembelajaran di sekolah.

Demikian beberapa cara untuk menjaga kesehatan mental guru , karena kesehatan mental guru itu sangat penting, agar dalam menjalankan tugas sebagai seorang guru bisa berjalan dengan baik dan optimal, karena hal ini sangat mempengaruhi mental siswa juga pada saat kita mengajar, sehingga apa yang diajarkan seorang guru akan terserap dengan baik.

Oleh

Ir. Emi Farida Anjasmorowati, M.M.Pd


Penyunting: Putra

0

0

Komentar (0)

-Komentar belum tersedia-

Buat Akun Gratis di Guru Inovatif
Ayo buat akun Guru Inovatif secara gratis, ikuti pelatihan dan event secara gratis dan dapatkan sertifikat ber JP yang akan membantu Anda untuk kenaikan pangkat di tempat kerja.
Daftar Akun Gratis

Artikel Terkait

GURU JUGA MANUSIA

Megawati Megawati

Nov 18, 2023
5 min
Menjaga Keseimbangan Mental Guru

Arief Hanafi

Dec 05, 2023
1 min
Stres pada Guru dan Tips JUARA Mengatasinya
Merawat Kesehatan Mental Guru melalui “Polis” (Program Healing berbasis Literasi)
Guru, Mari Jaga Kesehatan Mentalmu

Edi Gunarto

Dec 01, 2023
2 min
Guru Inovatif Mengajar Sepenuh Hati

MARIA ULFA, S.PD

Sep 10, 2023
2 min

Guru Inovatif

Jam operasional Customer Service

06.00 - 18.00 WIB

Kursus Webinar