Implementasi Modul AMBYAR dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran - Guruinovatif.id: Platform Online Learning Bersertifikat untuk Guru

Diterbitkan 31 Mei 2023

Implementasi Modul AMBYAR dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran

Terciptanya modul Ambyar di kurikulum merdeka ini juga merupakan perpaduan yang tepat dalam meningkatkan efektivitas dalam belajar sehingga mampu menciptakan generasi Indonesia cerdas yang dimulai dari sekarang.

Dunia Pendidikan

Irfan Hidayah, S.Pd.

Kunjungi Profile
673x
Bagikan

Pelatihan guru merupakan program penting yang wajib diikuti oleh para guru dalam memaksimalkan proses belajar mengajar. Guru yang rutin mengikuti berbagai pelatihan tentunya memiliki pandangan tersendiri tentang bagaimana cara mengajar peserta didik agar semakin asyik dan tidak membosankan. Salah satu media pembelajaran modul pembelajaran yang diberi nama modul AMBYAR (Asyiknya Modul Pembelajaran Berbasis Augmented Reality).

Kartu Barcode yang sedang memproyeksikan video animasi tentang materi Iklan, Slogan dan Poster
Sumber : Dokumentasi Pribadi

Apa itu Modul AMBYAR?

Modul AMBYAR merupakan sebuah media pembelajaran yang berbasis Augmented Reality. Media pembelajaran ini bersifat interaktif sehingga para peserta didik nantinya akan lebih tertarik dan menyenangkan dalam belajar. Selain itu, media pembelajaran ini juga bertujuan agar para peserta didik bisa lebih berpikir kritis dan merasa tertantang saat belajar.

Membangun generasi yang cerdas dan mampu berpikir kritis juga dimulai dari guru-guru yang kompeten. Itulah mengapa pelatihan guru, sertifikasi guru dan pelatihan guru IHT (In House Training) wajib untuk diikuti. Hal ini agar para guru memiliki pandangan khususnya cara mengajar yang menarik dan unik. 

Seperti halnya yang saya lakukan, dengan membuat media pembelajaran Ambyar ini juga untuk memudahkan peserta didik dalam belajar. Hal yang menarik dalam modul ini adalah penjelasan materinya berbentuk video yang mudah dipahami. Modul Ambyar juga mampu meningkatkan efektivitas dalam proses belajar mengajar. 

Modul AMBYAR memiliki 4 fitur, di antaranya adalah Modul Ambyar, Kartu Ambyar, Brosur Ambyar, dan Aplikasi Ambyar yang berbasis android. Para peserta didik bisa mengunduhnya langsung di aplikasi. Cara penggunaannya pun juga sangat mudah.

Beberapa perangkat pendukung Aplikasi Ambyar
Sumber : Dokumentasi Pribadi

Media pembelajaran Ambyar juga dapat diterapkan pada kurikulum merdeka karena para peserta didik akan lebih optimal dalam mendalami konsep yang ada pada media pembelajaran tersebut. Pada kurikulum merdeka, guru juga berperan penting dalam menciptakan gagasan unik dalam menumbuhkan semangat belajar peserta didik.

Setiap media pembelajaran tentunya berproses dan nantinya mampu memberikan pendidikan berkualitas demi mencetak generasi Indonesia di tahun-tahun yang akan datang. Kurilulum merdeka juga memberikan keleluasaan bagi para guru dalam memilih perangkat untuk mengajar.

Uniknya, media pembelajaran Ambyar ini terinspirasi dari penyanyi campursari legendaris yaitu alm Didi Kempot dengan lagunya Ambyar. Menurut beliau, Ambyar sudah sangat populer di kalangan masyarakat sehiingga jika diimplementasikan pada sebuah modul akan lebih diingat.

Pentingnya Pelatihan Guru Dalam Menciptakan Generasi Indonesia Cerdas dan Berkarakter

Sebagai seorang guru tentu wajib mengikuti berbagai pelatihan seperti pelatihan guru, sertifikasi guru, dan pelatihan guru IHT (In House Training). Berikut alasan mengapa ikut pelatihan guru sangatlah penting,

1. Peningkatan Kompetensi

Melalui pelatihan guru akan membantu meningkatkan kompetensi dan kualitas pendidikan yang nantinya diberikan kepada peserta didik. 

Di pelatihan ini, para guru mendapatkan pengetahuan terbaru tentang metodologi pengajaran, bagaimana strategi pembelajaran yang efektif, penggunaan teknologi dalam pendidikan, dan pemahaman mendalam tentang mata pelajaran yang akan diajarkan. 

2. Pembaruan Pengetahuan

Dengan adanya pelatihan guru dapat membantu para guru untuk beradaptasi dengan perubahan yang terjadi dalam dunia pendidikan. 

Setiap harinya dunia terus berkembang, begitu juga dengan bidang pendidikan yang terus mengalami perubahan seperti teknologi, kurikulum baru, serta metode pengajaran yang lebih inovatif akan semakin menjadi bagian penting dalam pembelajaran.

3. Mendorong Inovasi

Sebuah inovasi tentunya akan muncul setelah ikut berbagai pelatihan seperti pelatihan guru IHT (In House Training). Pelatihan ini juga memiliki peran yang tidak kalah penting dalam mendorong pengembangan profesionalisme guru. 

4. Memperbaiki Pemahaman Peserta didik

Guru yang sudah terlatih tentunya memiliki kemampuan untuk menganalisis kebutuhan dan kecenderungan belajar para peserta didik. Dengan mengikuti pelatihan guru, nantinya para guru dapat menggunakan berbagai strategi pengajaran yang tepat demi meningkatkan pemahaman peserta didik secara individual.

Pendidikan merupakan salah satu aspek penting dalam pembentukan sumber daya manusia yang berkualitas. Guru memiliki peran penting dalam proses pembelajaran, maka dari itu setiap guru harus memiliki inovasi agar para peserta didik bisa belajar dengan senang dan merasa tertangang saat belajar. 

Terciptanya modul Ambyar di kurikulum merdeka ini juga merupakan perpaduan yang tepat dalam meningkatkan efektivitas dalam belajar sehingga mampu menciptakan generasi Indonesia cerdas yang dimulai dari sekarang.


Penyunting: Putra

0

0

Komentar (0)

-Komentar belum tersedia-

Buat Akun Gratis di Guru Inovatif
Ayo buat akun Guru Inovatif secara gratis, ikuti pelatihan dan event secara gratis dan dapatkan sertifikat ber JP yang akan membantu Anda untuk kenaikan pangkat di tempat kerja.
Daftar Akun Gratis

Artikel Terkait

Inovasi dan Sinergi Warga Sekolah : Wujudkan Pendidikan Berkualitas, Siapkan Generasi Emas

Askari Pasha

Jun 10, 2024
3 min
Membentuk Agora Masa Kini
3 min
Generasi Emas 2045, Refleksi Guru Sejahtera

Iefone Shiflana

Dec 12, 2023
8 min
PEMBELAJARAN BERBASIS AKTIVITAS DI SD NEGERI 096755 Perkebunan Maligas
Dosa Besar dalam Dunia Pendidikan! Ada Tiga! Apa Saja?
3 min
GI Academy #33 | Optimalisasi Media Pembelajaran dalam Pembelajaran Berdiferensiasi
3 min

Guru Inovatif

Jam operasional Customer Service

06.00 - 18.00 WIB

Kursus Webinar