Inovasi dan Sinergi Warga Sekolah : Wujudkan Pendidikan Berkualitas, Siapkan Generasi Emas - Guruinovatif.id: Platform Online Learning Bersertifikat untuk Guru

Diterbitkan 10 Jun 2024

Inovasi dan Sinergi Warga Sekolah : Wujudkan Pendidikan Berkualitas, Siapkan Generasi Emas

Artikel ini menekankan bahwa untuk menciptakan sistem pendidikan yang efektif dan inklusif diperlukan kolaborasi dan inovasi dari setiap komponen pendidikan.

Dunia Pendidikan

Askari Pasha

Kunjungi Profile
145x
Bagikan

Pendidikan merupakan fondasi utama dalam perkembangan individu dan kemajuan sebuah bangsa. Melalui pendidikan, peserta didik tidak hanya dibekali dengan pengetahuan dan keterampilan, tetapi juga membentuk karakter dan nilai-nilai yang akan membimbing mereka dalam kehidupan. Dari pendidikan dasar hingga pendidikan tinggi, dari kelas tradisional hingga platform digital, proses pembelajaran memiliki peran krusial dalam membentuk masa depan peserta didik. Namun, sejumlah tantangan seperti kesenjangan akses pendidikan, kualitas pendidikan, hingga kurikulum dan pengajar yang masih belum siap menghadapi abad ke-21 masih menjadi kendala besar. Karena di tengah perkembangan teknologi dan globalisasi semuanya berlangsung dengan cepat, menuntut setiap bagian dari satuan pendidikan untuk menyiapkan dan mewujudkan kebutuhan para peserta didik yang terus berkembang. Untuk itu, diperlukan kolaborasi dan inovasi dari setiap komponen pendidikan agar dapat menciptakan lingkungan belajar yang adaptif dan dinamis.

Peran Kepala Sekolah & Langkah Alternatif Mengatasi Keterbatasan Anggaran

Kepala Sekolah memiliki peran sebagai pemimpin yang visioner,  bertanggungjawab atas pengembangan dan implementasi visi serta misi sekolah. Selain itu, kepala sekolah berperan dalam menyediakan fasilitas serta sumber daya yang diperlukan untuk mendukung berlangsungnya proses belajar mengajar. Kepala Sekolah perlu menganalisis kebutuhan dan meninjau kembali jumlah anggaran yang tersedia, serta menemukan sejumlah langkah alternatif yang dapat dilakukan untuk mengatasi keterbatasan anggaran yang dimiliki. Beberapa langkah yang dapat diambil seperti membangun kemitraan dengan komunitas lokal dan organisasi nirlaba, serta menelusuri opsi pendanaan tambahan seperti hibah, dana dari yayasan pendidikan, atau program pemerintah yang mendukung sekolah dengan keterbatasan anggaran.

Guru Sebagai Aktor Utama & Sejumlah Langkah Menciptakan Pembelajaran Interaktif

Guru sebagai ujung tombak dalam proses pendidikan bukan hanya bertugas mengajar, melainkan juga berperan sebagai mentor dan pembimbing siswa. Kemudian guru juga harus mampu menciptakan lingkungan belajar dengan iklim positif yang dapat mendukung kesejahteraan peserta didik. Hal tersebut dapat dilakukan dengan cara menggunakan platform e-learning, aplikasi pendidikan, alat kolaborasi digital, penerapan project based learning ‘ pembelajaran berbasis proyek, dan pembelajaran diferensial. Meskipun tidak semua guru memiliki kesempatan yang sama untuk mengakses dan   menggunakan teknologi dalam proses belajar mengajar, tetapi tetap ada sejumlah cara alternatif untuk  membuat lingkungan kelas terasa hidup dan menyenangkan. Para guru dapat menggunakan alat peraga sederhana, penerapan outdoor learning, simulasi dan role-playing, serta peer teaching ‘mengajak siswa untuk mengajar teman-temannya’. Tentu ini tidak hanya membantu siswa yang mengajar untuk mengulas dan memahami materi lebih dalam, tetapi juga membuat pembelajaran lebih interaktif dan menarik bagi semua siswa. 

Peran Staf Administrasi dan Orang Tua yang Sering Diabaikan

Berbeda dengan guru yang selalu terlihat sebagai aktor utama dalam proses berlangsungnya pendidikan, peran staf administrasi dan orang tua sering kali diabaikan. Padahal, peran staf administrasi sangat penting dalam menjaga kelancaran operasional sekolah yang secara tidak langsung mendukung kebutuhan siswa. Dukungan administratif yang efisien dapat meningkatkan kinerja guru dan memfasilitasi berbagai kebutuhan siswa, misalnya akses sumber daya pendidikan dan layanan pendukung lainnya, seperti penyediaan informasi penting bagi siswa dan orang tua. Proses belajar mengajar yang transparan dapat memberikan kesempatan bagi para orang tua untuk terlibat secara aktif dalam memberikan umpan balik yang membangun. Keterlibatan orang tua dalam pendidikan anak sangat penting untuk mendukung kesuksesan akademis dan perkembangan pribadi siswa. Orang tua yang secara aktif terlibat dalam proses belajar mengajar dapat membantu menciptakan hubungan yang erat antara rumah dan sekolah serta membangun rasa percaya diri dan motivasi siswa. 

Peran Siswa Sebagai Agen Perubahan di Sekolah

Siswa dengan motivasi yang tinggi dapat berpartisipasi secara aktif dan mandiri dalam memenuhi kebutuhan mereka. Siswa sendiri perlu mengembangkan keterampilan belajar, ikut serta dalam berbagai kegiatan sekolah, serta aktif dalam proses pembelajaran. Untuk memastikan keterlibatan siswa dalam pembelajaran, terutama dalam kelompok, perlu membagi tugas dengan jelas yang sesuai kemampuan, memberikan kesempatan dan kepercayaan kepada setiap anggota kelompok untuk memegang tanggung jawab atau peran yang berbeda, serta menentukan tujuan yang jelas. Tentunya, hal-hal tersebut diharapkan berawal dari insiatif siswa, namun tidak ada salahnya bagi para guru untuk terlibat dalam menentukan peran anggota kelompok yang  disertai pengawasan dan evaluasi. Keterlibatan siswa secara aktif dalam proses belajar juga berkorelasi positif dengan hasil belajar yang lebih baik. Siswa yang ikut serta dalam organisasi siswa, klub, dan kegiatan ekstrakurikuler dapat berperan sebagai agen perubahan di sekolah dengan memberikan masukkan dan partisipasi dalam pengambilan keputusan yang memengaruhi lingkungan belajar.

Kesimpulan

Setiap komponen pendidikan, dari kepala sekolah hingga siswa, memiliki peran yang esensial dalam menciptakan sistem pendidikan yang efektif dan inklusif. Kepala sekolah sebagai pemimpin visioner, guru sebagai pengajar dan pembimbing, staf administrasi sebagai pendukung operasional, serta orang tua sebagai mitra dalam pendidikan anak, semuanya harus bekerja secara sinergis. Dengan keterlibatan aktif dan dukungan dari setiap pihak, sejumlah tantangan dapat teratasi dan lingkungan belajar yang kondusif serta inspiratif dapat tercipta.  Kolaborasi ini tidak hanya akan meningkatkan kualitas pendidikan, tetapi juga menyiapkan para generasi emas untuk membangun masa depan yang cerah. Pada akhirnya, pendidikan bukan hanya tanggung jawab satu pihak, melainkan tanggung jawab bersama untuk mencapai tujuan mulia: mencerdaskan kehidupan bangsa dan mempersiapkan generasi yang siap menghadapi tantangan global.


Penyunting: Putra

6

0

Komentar (6)

Ngatini Darji

Jun 10, 2024

MaasyaAllah keren Kak👍

Yuli Astuti,M.Pd

Jun 10, 2024

MasyaAllah keren sekali tulisanya menginspiratof bamg Pasha

Nicke Niatrise

Jun 10, 2024

Masya allah Keren sekali😍👏👏👏

Lihat Komentar Lainnya

Buat Akun Gratis di Guru Inovatif
Ayo buat akun Guru Inovatif secara gratis, ikuti pelatihan dan event secara gratis dan dapatkan sertifikat ber JP yang akan membantu Anda untuk kenaikan pangkat di tempat kerja.
Daftar Akun Gratis

Artikel Terkait

Pembelajaran yang Menarik, Menyenangkan dan Berpihak pada Murid Kunci Sukses Kurikulum Merdeka dalam mewujudkan Indonesia Emas 2045

FATIMAH

May 22, 2023
1 min
Sumber Cuan untuk Mahasiswa, Cek Selengkapnya!

kampus inovatif

Nov 30, 2023
2 min
YouTube sebagai Media Literasi Digital bagi Guru dan Siswa

PUJI ASTUTI

Aug 14, 2023
2 min
Gembira Belajar dengan Platform Digital
1 min
PLATFORM DIGITAL GUNA MENGUATKAN KEMAMPUAN LITERASI DIGITAL

Wiwid Wulandari

Sep 10, 2023
3 min
Flashcard dan Quizlet, Media Pembelajaran Peningkat Kemampuan Mengingat Materi Ajar
5 min

Guru Inovatif

Jam operasional Customer Service

06.00 - 18.00 WIB

Kursus Webinar