Sekolah Pusat Keunggulan Berperan dalam Kemajuan Pendidikan Indonesia - Guruinovatif.id: Platform Online Learning Bersertifikat untuk Guru

Diterbitkan 31 Mei 2023

Sekolah Pusat Keunggulan Berperan dalam Kemajuan Pendidikan Indonesia

Sekolah Pusat Keunggulan

Dunia Pendidikan

Erni Yuni M

Kunjungi Profile
916x
Bagikan

Dunia pendidikan merupakan sebuah wadah atau tempat untuk seseorang memperdalam ilmu pengetahuannya di berbagai bidang tertentu, hal ini merupakan peran pendidikan sangat penting untuk menjadi sebuah tempat atau langkah untuk mencetak calon-calon penerus generasi masa depan dimulai dari mempersiapkan pendidikan yang lebih baik (Syahruddin dkk., 2021).

 

Kurikulum Merdeka

Kurikulum Merdeka merupakan implementasi kurikulum yang dilatarbelakangi oleh pandemi COVID-19 yang membawa dampak sangat beragam terhadap satuan pendidikan dan pendidik. Pendidikan vokasi pun tidak luput dari berbagai tantangan seperti rendahnya tingkat digitalisasi dan kelemahan struktural seperti perubahan di tempat kerja mempersulit pelaksanaan skema magang, pembelajaran berbasis kerja dan respon terhadap kebutuhan pasar.

Sebagai bagian dari upaya pemulihan pembelajaran, Kurikulum Merdeka (yang sebelumnya disebut sebagai kurikulum prototipe) dikembangkan sebagai kerangka kurikulum yang lebih fleksibel, sekaligus berfokus pada materi esensial dan pengembangan karakter (soft skill)  dan kompetensi peserta didik. 
 

Bagaimana Dukungan Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Kami?

SMk Muhammadiyah 1 Playen adalah sekolah swasta sebagai sekolah Pusat Keunggulan yang telah menerapkan Kurikulum Merdeka. Tahapan Implementasi Kurikulum Merdeka di SMK Muhammadiyah 1 Playen mencapai tahap Implementasi Kurikulum Merdeka mandiri Berbagi. Hal ini berarti SMK Muhammadiyah 1 Playen telah melewati tahap Implementasi Kurikulum Mandiri belajar, dan Mandiri Berubah. Dengan implementasi Kurikulum Merdeka mandiri berbagi, pada tahun ajaran 2022/2023 ini, sekolah menerapkan Kurikulum Merdeka dengan melakukan pengembangan sendiri berbagai perangkat ajar. 

Langkah – langkah yang dilalui dalam tahap implementasi Kurikulum Merdeka mandiri berbagi di SMK Muhammadiyah 1 Playen

  1. Platform Merdeka Mengajar

Kepala sekolah dan pendidik tetap mengembangkan diri dengan memanfaatkan Platform Merdeka Mengajar, khususnya fitur Pelatihan Mandiri, Unggah Bukti Karya, asesmen murid dan perangkat ajar.

  1. Seri Webinar (dari Pusat dan Daerah)

Penguatan Implementasi Pembelajaran pada SMK Pusat Keunggulan di SMK Muhammadiyah 1 Playen dilakukan  dengan mengadakan In House Training ( IHT) dan Workshop Kurikulum Merdeka diikuti oleh seluruh guru yang mengajar di SMK dengan narasumber dari meningkatkan Kemendikbud Ristek dan BBPPNPV Seni Budaya.

Pemateri menyajikan tentang sosialisasi Kurikulum Merdeka, Pengembangan Materi PKL, Anti Perundungan (Bullying), Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, Penyusunan Program Pembelajaran Berbasis Industri, dan Penguatan Karakter Berbasis Mindset Change
 

 

  1. Komunitas Belajar

Komunitas Belajar dapat SMK Muhammadiyah 1 Playen memfasilitasi proses refleksi, belajar, dan berbagi bersama dalam mempelajari dan mengimplementasikan Kurikulum Merdeka Komunitas belajar dengan mengadakan kegiatan Guru Tamu untuk setiap kompetensi keahlian.

  1. Narasumber Berbagi Praktik Baik

SMK Muhammadiyah 1 Playen mengadakan sharing praktik baik yang diadakan di SMK Muhammadiyah 1 Playen dengan narasumber berasal dari SMK Muhammadiyah 1 Playen yang telah mengimplementasikan Kurikulum Merdeka dan telah diseleksi. 

  1. PT YPTI Dunia Industri yang secara mandiri dan sukarela mendukung proses belajar komunitas di SMK Muhammadiyah 1 Playen. 

 

Dalam implementasinya, tentu banyak sekali tantangan yang akan dihadapi SMK Muhammadiyah 1 Playen untuk proses penerapan Kurikulum Merdeka ini, mulai dari pengaturan jam ajar dengan sistem blok, pembuatan modul ajar, penggunaan aplikasi mengajar berbasis IT hingga membuat produk unggulan di masing-masing konsentrasi keahlian. 

Zaman terus berkembang dengan membawa berbagai perubahan. Untuk menghadapi perubahan zaman, perubahan kurikulum menjadi sebuah harapan. Termasuk saat ini, Kurikulum Merdeka menekankan pendidikan Indonesia pada pengembangan aspek keterampilan dan karakter sesuai dengan nilai-nilai bangsa Indonesia. Semoga Kurikulum Merdeka dapat benar-benar menjawab tantangan zaman, perubahan wajah pendidikan di Indonesia sehingga dapat menjadi jembatan untuk terwujudnya Generasi Emas Tahun 2045 sebagai kado terindah dalam satu abad Indonesia merdeka.


Penyunting: Putra

0

0

Komentar (0)

-Komentar belum tersedia-

Buat Akun Gratis di Guru Inovatif
Ayo buat akun Guru Inovatif secara gratis, ikuti pelatihan dan event secara gratis dan dapatkan sertifikat ber JP yang akan membantu Anda untuk kenaikan pangkat di tempat kerja.
Daftar Akun Gratis

Artikel Terkait

Bagaimana Masa Depan Pendidikan pada Transformasi Digital?
2 min
Praktik Pembelajaran Berdifferensiasi di Kelas Sebagai Bentuk Implementasi Kurikulum Merdeka
4 min
Membentuk Agora Masa Kini
3 min
Menguatkan Literasi Digital: Mengukir Masa Depan Cerdas Melalui Dunia Digital
2 min
3 Langkah yang Perlu Dipersiapkan Satuan Pendidikan untuk Menyelenggarakan P5
5 min
Bermain sambil Belajar: 5 Aplikasi Edukatif yang Buat Siswa Ketagihan
5 min

Guru Inovatif

Jam operasional Customer Service

06.00 - 18.00 WIB