YouTube sebagai Media Literasi Digital bagi Guru dan Siswa - Guruinovatif.id: Platform Online Learning Bersertifikat untuk Guru

Diterbitkan 14 Agu 2023

YouTube sebagai Media Literasi Digital bagi Guru dan Siswa

Literasi digital merupakan kemampuan untuk mengakses, mengevaluasi, menggunakan, berbagi, dan menciptakan informasi dengan menggunakan teknologi digital secara efektif dan aman. Penerapan literasi digital bagi guru dan siswa sangat penting. Mengingat Masyarakat saat ini telah memasuki era informasi

Dunia Pendidikan

PUJI ASTUTI

Kunjungi Profile
2201x
Bagikan

Literasi digital merupakan kemampuan untuk mengakses, mengevaluasi, menggunakan, berbagi, dan menciptakan informasi dengan menggunakan teknologi digital secara efektif dan aman. Penerapan literasi digital bagi guru dan siswa sangat penting. Mengingat masyarakat saat ini telah memasuki era informasi yang mengandalkan teknologi informasi dalam segala bidang kehidupan. Tidak terkecuali dalam dunia pendidikan. Penerapan literasi digital dapat melalui berbagai platform media digital, salah satunya melalui media YouTube. Penggunaan aplikasi ini begitu penting dalam mendukung pengembangan kompetensi literasi digital di era teknologi informasi yang semakin maju. YouTube dapat menjadi wadah yang tepat untuk mengimplementasikan literasi digital. 

Penggunaan media YouTube dalam pembelajaran memiliki beberapa manfaat bagi peserta didik, diantaranya:

  1. Sebagai sumber belajar yang praktis, karena dapat diakses dengan mudah.
  2. Membuat peserta didik lebih aktif dan kreatif dalam membuat video atau konten yang bermanfaat. Dalam hal ini guru dapat melibatkan peserta didik untuk membuat konten pembelajaran, misalnya membuat sosiodrama, PPT, vlog, dll untuk diunggah di YouTube.
  3. Membuat peserta didik lebih tertarik dalam mempelajari materi yang disajikan melalui video yang menarik dan interaktif.
  4. Penggunaan yang fleksibel. Peserta didik dapat mengakses materi di mana saja dan kapan saja, asal terdapat koneksi internet.
  5. Peserta didik dapat memutar video di YouTube secara berulang-ulang.

Penggunaan media YouTube juga dapat bermanfaat signifikan bagi guru, diantaranya:

  1. Akses ke Materi Beragam: YouTube menyediakan akses ke berbagai video dan konten pembelajaran dari berbagai bidang dan tingkatan. Guru dapat dengan mudah menemukan video yang sesuai dengan topik yang akan diajarkan. 
  2. Visualisasi Materi: Video dapat membantu visualisasi konsep yang kompleks atau abstrak. Guru dapat menggunakan video untuk menggambarkan ilustrasi, animasi, diagram, atau eksperimen yang sulit dijelaskan hanya dengan menggunakan kata-kata.
  3. Belajar Mandiri: Melalui YouTube, guru dapat memberikan sumber belajar mandiri kepada siswa. 
  4. Keaktualan Informasi: Guru dapat memanfaatkan YouTube untuk mendapatkan informasi terbaru tentang perkembangan di bidang pelajaran mereka. 
  5. Diversifikasi Pembelajaran: Penggunaan YouTube dapat membantu guru untuk mendiversifikasi metode pembelajaran. Mereka dapat menggabungkan berbagai jenis sumber, seperti video, teks, dan aktivitas interaktif, sehingga menjaga minat peserta didik dalam belajar. 
  6. Pembelajaran Keterampilan Tambahan: Menggunakan YouTube juga dapat membantu guru mempelajari keterampilan teknis tambahan, seperti editing video, pencarian informasi, atau penggunaan platform digital.
  7. Konten Edutainment: Ada banyak saluran YouTube yang menawarkan pendekatan edutainment, yaitu kombinasi antara pendidikan dan hiburan. Guru dapat memanfaatkan konten semacam ini untuk menjaga minat siswa sambil tetap memberikan pembelajaran yang bernilai.
  8. Berbagi Sumber dengan Siswa: Guru dapat membagikan tautan video kepada siswa sebagai bahan bacaan tambahan atau tugas. 
  9. Pengembangan Profesional: Guru juga dapat menggunakan YouTube sebagai alat pengembangan profesional. Mereka dapat mengikuti webinar, pelatihan guru, In House Training (IHT), atau seminar online yang relevan dengan bidangnya untuk terus meningkatkan kualitas pengajaran. Penggunaan YouTube dapat dimanfaatkan oleh guru untuk keperluan Program PPG, dan Sertifikasi. Hal ini tentu membantu guru untuk mencapai kemudahan dalam pengembangan profesionalnya. 

Namun, penting bagi guru untuk tetap kritis dalam memilih dan menggunakan konten YouTube. Konten yang digunakan harus sesuai dengan kurikulum, akurat, dan berkualitas. Selain itu, tidak semua siswa memiliki akses ke internet atau perangkat yang dibutuhkan, jadi guru harus mempertimbangkan keberagaman situasi peserta didik.

#GuruInovatif #LombaArtikelS4 #ArtikelGI dan #LombaGI


Penyunting: Putra

4

0

Komentar (4)

Ramadhan

Aug 30, 2023

Bagus Bu.. semangat menulisnya bu

Hermawan

Aug 15, 2023

Luar biasa sekali

AMALIA FITRI PERMATASARI MAHASISWA PNJ

Aug 14, 2023

Kerennn bangettt informasinya

PUJI ASTUTI

Aug 23, 2023

Terimakasih mba

Balas

Buat Akun Gratis di Guru Inovatif
Ayo buat akun Guru Inovatif secara gratis, ikuti pelatihan dan event secara gratis dan dapatkan sertifikat ber JP yang akan membantu Anda untuk kenaikan pangkat di tempat kerja.
Daftar Akun Gratis

Artikel Terkait

Berdigital Memudahkan Beragam Aspek dalam Pendidikan

Bona Ventura

Sep 11, 2023
4 min
Memaksimalkan Literasi Digital Melalui Platform Digital: Fokus pada Learning Management Systems (LMS)
Pentingnya Literasi Digital dalam Pendidikan

BUSTANOL ARIFIN

Aug 19, 2023
3 min
SELF-EDUCATION : LAWAN HOAX SEJAK DINI

Iin Nuraini

Jan 15, 2024
5 min
Mengembangkan Keterampilan Literasi Digital dengan Menggunakan Instagram sebagai Alat Pembelajaran
2 min
Sumber Cuan untuk Mahasiswa, Cek Selengkapnya!

kampus inovatif

Nov 30, 2023
2 min

Guru Inovatif

Jam operasional Customer Service

06.00 - 18.00 WIB

Kursus Webinar