Menguak Pengaruh dan Dampak Platform Digital dalam Meningkatkan Kompetensi Guru dan Prestasi Belajar Siswa - Guruinovatif.id: Platform Online Learning Bersertifikat untuk Guru

Diterbitkan 14 Agu 2023

Menguak Pengaruh dan Dampak Platform Digital dalam Meningkatkan Kompetensi Guru dan Prestasi Belajar Siswa

Pemanfaatan platform digital dalam proses pembelajaran telah membawa dampak yang signifikan bagi kedua pihak yang terlibat, yaitu guru dan siswa. Dalam artikel ini, akan mengulas dampak positif yang ditimbulkan oleh penggunaan platform digital.

Dunia Pendidikan

Deris Susiyanto, S.Pd.SD

Kunjungi Profile
1630x
Bagikan

Pendidikan telah mengalami perubahan fundamental berkat perkembangan teknologi digital. Pemanfaatan platform digital dalam proses pembelajaran telah membawa dampak yang signifikan bagi kedua pihak yang terlibat, yaitu guru dan siswa. Dalam artikel ini, akan mengulas dampak positif yang ditimbulkan oleh penggunaan platform digital, didukung oleh pandangan para ahli dalam bidang pendidikan.

Dampak bagi Guru:

  1. Peningkatan Kompetensi Guru: Penggunaan platform digital dalam pendidikan memberikan peluang besar bagi pengembangan kompetensi guru. Menurut Schrum dan Levin (2009), platform digital dapat meningkatkan kualitas pengajaran guru dengan menyediakan sumber daya yang kaya dan bervariasi. Guru dapat mengakses materi pembelajaran terbaru, berinteraksi dengan sesama guru, dan mengembangkan keterampilan teknologi yang relevan dengan kebutuhan saat ini (Ertmer et al., 2012). Hal ini berdampak pada peningkatan kompetensi guru dalam merancang strategi pembelajaran yang inovatif dan sesuai dengan kebutuhan siswa (Mishra & Koehler, 2006).
  2. Peningkatan Akses ke Sumber Belajar: Penggunaan platform digital memberikan guru akses mudah ke berbagai sumber belajar yang relevan dan terkini. Menurut Dr. Emma Garcia, seorang pendidik dan peneliti, guru dapat dengan cepat mengakses materi pembelajaran, video edukatif, dan alat pembelajaran interaktif yang mendukung diversifikasi metode pengajaran.
  3. Pengembangan Profesionalisme: Dr. Karen Swan, seorang ahli pendidikan online, menyatakan bahwa platform digital memungkinkan guru untuk berpartisipasi dalam pelatihan online dan jaringan profesional. Ini memungkinkan mereka untuk terus meningkatkan keterampilan pedagogis dan teknologi, sehingga lebih siap menghadapi tantangan pembelajaran modern.
  4. Fleksibilitas dalam Pengajaran: Menurut Dr. Richard E. Ferdig, seorang profesor pendidikan teknologi, penggunaan platform digital memungkinkan guru untuk merancang pengalaman belajar yang lebih fleksibel dan disesuaikan dengan kebutuhan siswa. Mereka dapat memberikan tugas daring, mendukung pembelajaran mandiri, dan menyediakan umpan balik secara real-time.

Dampak bagi Siswa:

  1. Prestasi Belajar Siswa: Pengaruh platform digital terhadap hasil belajar siswa juga sangat signifikan. Menurut Hattie (2012), penggunaan teknologi dalam pembelajaran memiliki dampak positif terhadap prestasi belajar siswa. Platform digital dapat memfasilitasi pembelajaran yang adaptif, memungkinkan siswa belajar dalam ritme mereka sendiri dan sesuai dengan gaya belajar individu (Hwang & Wu, 2014). Penelitian oleh Means et al. (2010) juga menunjukkan bahwa integrasi teknologi dalam kelas dapat meningkatkan hasil belajar siswa secara keseluruhan.
  2. Belajar Kolaboratif: Dr. Michael Barbour, seorang ahli dalam pendidikan jarak jauh, mengamati bahwa penggunaan platform digital mendorong siswa untuk berkolaborasi dan berinteraksi dalam lingkungan virtual. Mereka dapat berdiskusi, berbagi ide, dan bekerja sama dengan teman sekelas secara online.
  3. Pembelajaran Berbasis Aktivitas: Dr. Karl M. Kapp, seorang pengarang buku dan konsultan pendidikan, berpendapat bahwa platform digital memungkinkan siswa untuk terlibat dalam pembelajaran yang lebih aktif dan berbasis proyek. Mereka dapat menggunakan alat-alat kreatif seperti simulasi, permainan edukatif, dan video interaktif untuk memahami konsep dengan lebih baik.
  4. Kemandirian Belajar: Menurut Dr. Angela Elkordy, seorang ahli dalam pembelajaran mandiri, penggunaan platform digital mendorong siswa untuk mengembangkan kemandirian dalam belajar. Mereka dapat mengatur jadwal belajar, mengakses materi kapan saja, dan mengelola kemajuan belajar mereka sendiri.

Penggunaan platform digital dalam pendidikan memiliki dampak positif yang signifikan bagi guru dan siswa. Para ahli pendidikan sepakat bahwa platform digital meningkatkan akses terhadap sumber belajar, memfasilitasi pengembangan profesionalisme, memberikan fleksibilitas dalam pengajaran, mendorong pembelajaran kolaboratif, merangsang pembelajaran berbasis aktivitas, dan mengembangkan kemandirian belajar. Namun, penting untuk diingat bahwa integrasi teknologi harus dilakukan secara bijak, sesuai dengan tujuan pembelajaran, dan mempertimbangkan kebutuhan individu.

#GuruInovatif #LombaArtikelS4 #ArtikelGI dan #LombaGI

Kata Kunci: Pelatihan Guru, Sertifikasi Guru, Pelatihan In House Training


Penyunting: Putra

0

20

Komentar (0)

-Komentar belum tersedia-

Buat Akun Gratis di Guru Inovatif
Ayo buat akun Guru Inovatif secara gratis, ikuti pelatihan dan event secara gratis dan dapatkan sertifikat ber JP yang akan membantu Anda untuk kenaikan pangkat di tempat kerja.
Daftar Akun Gratis

Artikel Terkait

Penguatan Literasi Digital Melalui Inovasi Teknologi Pendidikan
2 min
Menggali Potensi Penguatan Literasi Digital Bagi Siswa dan Guru Melalui Aplikasi SIRI
Peran Teknologi Pasca Pandemi pada Penerapan Kurikulum Merdeka dalam Mewujudkan Indonesia Emas 2045
3 min
Peran Siswa dan Guru dalam Membentuk Masyarakat Sadar Media

Donyawan Maigoda

Aug 07, 2023
2 min
PEMANFAATAN OFFICE 365 DALAM PEMBELAJARAN
PEMBELAJARAN YANG MEMANUSIAKAN MURID UNTUK MENCAPAI GENERASI EMAS DI TAHUN 2045

Chintia Giana

May 31, 2023
6 min

Guru Inovatif

Jam operasional Customer Service

06.00 - 18.00 WIB