Literasi Digital : Kunci Akses Informasi dan Peluang Menghasilkan Uang bagi Siswa dan Guru Melalui Platform Digital - Guruinovatif.id: Platform Online Learning Bersertifikat untuk Guru

Diterbitkan 10 Sep 2023

Literasi Digital : Kunci Akses Informasi dan Peluang Menghasilkan Uang bagi Siswa dan Guru Melalui Platform Digital

Keterampilan literasi digital sangat bermanfaaat bagi siswa dan guru dalam meningkatkan pendapatan ekonomi di era modern. Hal ini tentu menjadi kontribusi positif dalam dunia pendidikan.

Dunia Pendidikan

619x
Bagikan

Zaman yang terus berkembang berdampak pada kebutuhan ekonomi manusia yang juga ikut berkembang. Kebutuhan manusia yang harus segera dipenuhi membuat manusia harus berpikir kreatif untuk mencari solusi demi memecahkan masalah kebutuhan ekonomi yang terus meningkat. Literasi digital salah satu keterampilan yang sangat penting sekaligus menjadi solusi untuk menghadapi masalah kebutuhan ekonomi yang semakin meningkat. Dengan adanya keterampilan literasi digital tentu akan menyelesaikan permasalahan ekonomi di berbagai sektor, tidak terkecuali di sektor pendidikan. Membahas sektor pendidikan tentunya tidak terlepas dari peran siswa dan guru. Melalui siswa dan guru literasi digital di era modern bukan hanya sebagai kemampuan tambahan bagi mereka, akan tetapi menjadi suatu keharusan yang dapat membuka pintu akses informasi yang tidak terbatas dan peluang ekonomi yang menjanjikan. 

Perlu kita ketahui Salah satu alasan  literasi digital menjadi semakin penting bagi siswa dan guru adalah pergeseran drastis dalam cara informasi disampaikan dan diakses. Buku-buku cetak dan kuliah tidak lagi menjadi satu-satunya sumber pendidikan. Siswa dan guru sekarang memiliki akses ke berbagai platform digital yang menyediakan materi pelajaran, kursus online dan berbagai sumber daya pendidikan lainnya. Dengan kemampuan literasi digital yang baik , mereka dapat mengakses, menilai, dan menggunakan informasi dengan lebih efektif. Selain sebagai kunci akses informasi, literasi digital juga membuka peluang ekonomi yang signifikan. Platform digital seperti pasar online, media sosial, dam situs web e-commerce telah menciptakan berbagai cara untuk menghasilkan uang. Siswa dan guru dapat menjadi pengusaha digital dengan menjual produk, jasa, atau pengetahuan mereka melalui platform-platorm ini. Namun untuk berhasil dalam lingkungan digital yang kompetitif ini, keterampilan literasi digital menjadi hal yang mutlak. Berikut ini beberapa peluang kerja untuk menghasilkan uang melalui literasi digital.

  • Pendidikan Online : Dengan literasi digital yang baik, guru dapat menjelajahi peluang untuk mengajar secara online. Mereka dapat membuat kursus online atau menjadi tutor daring.
  • Content Creation : Siswa dan guru yang memiliki pengetahuan dalam bidang tertentu dapat menjadi konten kreator. Mereka dapat membua blog, video tutorial, atau podcast untuk berbagi pengetahuan mereka dan menghasilkan uang melalui iklan atau sponsor.
  • Freelancing : Literasi digital membuka pintu bagi sisiwa dan guru untuk bekerja sebagai freelancer diberbagai bidang, seperti penulisan, desain grafis, atau pengembangan web.
  • Afiliasi  Marketing : Dengan memahami konsep literasi digital, siswa dan guru dapat terlibat dalam pemasaran afiliasi, dimana mereka mempromosikan produk atau layanan orang lain dan menerima komisi atau penjualan yang berhasil.

Sementara itu, guna menggapai literasi digital, pelatihan guru, sertifikasi guru, serta pelatihan in- house telah muncul sebagai instrumen penting dalam meningkatkan literasi digital melalui platform digital. 

Pelatihan Guru 

Pelatihan guru dalam literasi digital merupakan langkah dini yang sangat berguna. Guru yang kompeten dalam literasi digital bisa mengintegrasikan teknologi dalam proses pengajaran. Mereka bisa menggunakan bermacam-macam alat digital untuk membuat pendidikan lebih menarik serta efektif. Pelatihan guru lewat kursus online ataupun workshop nantinya bisa membekali mereka dengan pengetahuan serta keahlian yang dibutuhkan untuk mengajar literasi digital kepada siswa. 

Sertifikasi Guru 

Sertifikasi guru dalam literasi digital merupakan langkah yang lebih formal serta terstruktur. Ini memastikan kalau guru sudah menggapai tingkatan kompetensi tertentu dalam literasi digital sebelum mereka mengajar siswa. Sertifikasi semacam ini kerap kali diakui oleh lembaga pembelajaran serta bisa menigkatkan kredibilitas seseorang guru. Ini pula memastikan kalau guru mempunyai pengetahuan yang mendalam tentang isu-isu keamanan dan etika yang terkait dengan pemanfaatan teknologi digital di kelas. 

Pelatihan In- House 

Tidak hanya pelatihan guru, pelatihan In- house untuk siswa dan guru di sekolah juga penting. Ini dapat mencakup workshop, pelatihan rutin, ataupun pengenalan alat-alat digital tertentu yang hendak digunakan dalam pendidikan tiap hari. Melibatkan siswa dalam pelatihan ini menolong mereka meningkatkan literasi digital mereka sejak dini. Siswa yang terampil dalam literasi digital bakal lebih siap menghadapi tuntutan teknologi di masa depan. Memakai platorm digital dalam pelatihan literasi digital, seperti platform pendidikan online, video pembelajaran, serta aplikasi pendikan, memainkan peran kunci dalam pelatihan literasi digital. Mereka memberikan akses mudah ke sumber daya pendidikan yang kaya akan konten digital. Guru bisa memanfaatkan platform ini guna memciptakan materi pembelajaran yang menarik serta berinteraksi dengan siswa secara online. Siswa nantinya dapat mengakses konten ini dimana saja dan kapan saja, memungkinkan pembelajaran yang fleksibel. 

Kesimpulannya, penting bagi lembaga pendidikan untuk memasukan literasi digital dalam kurikulum pendidikan dan memberikan pelatihan yang relevan kepada guru dan siswa. Dengan demikiann mereka dapat berkontribusi secara positif terhadap peningkatan ekonomi melalui pemanfaatan teknologi dan pengetahuan digital.   

 

#GuruInovatif, #LombaArtikelS4, #ArtikelGI, dan #LombaGI


Penyunting: Putra

3

0

Komentar (3)

ATIKA NADIYASARI

Sep 11, 2023

Luar biasa

WIDYA

Sep 11, 2023

Keren

ANISYA NURLINDA

Sep 11, 2023

wow
Buat Akun Gratis di Guru Inovatif
Ayo buat akun Guru Inovatif secara gratis, ikuti pelatihan dan event secara gratis dan dapatkan sertifikat ber JP yang akan membantu Anda untuk kenaikan pangkat di tempat kerja.
Daftar Akun Gratis

Artikel Terkait

Kurikulum Merdeka, Pendidikan Dibebaskan atau Diarahkan?
2 min
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN IPS BERBASIS BATIK NUSANTARA SEBAGAI STRATEGI PENGUATAN BUDAYA LOKAL MENGHADAPI ABAD KE-21

AAS NAFILAH ILMI

May 24, 2023
4 min
Akselerasi 4 Pilar Literasi Digital bagi Siswa dan Guru

eka sugeng ariadi

Sep 09, 2023
3 min
Menavigasi Pendidikan di Era Digital: 5 Strategi Penguatan Literasi Digital

RIA PUSVITA SARI

Sep 07, 2023
1 min
MANAJEMEN EKOSISTEM DIGITAL SEKOLAH DALAM MENGOPTIMALKAN IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SD ISLAM TERPADU ANNI’MAH
9 min
Rekomendasi Program Kampus Merdeka, Mahasiswa Wajib Coba!

kampus inovatif

Nov 09, 2023
4 min

Guru Inovatif

Jam operasional Customer Service

06.00 - 18.00 WIB