Menjadi Literat Bersama Google Classroom - Guruinovatif.id: Platform Online Learning Bersertifikat untuk Guru

Diterbitkan 09 Sep 2023

Menjadi Literat Bersama Google Classroom

Kurikulum SMK mewajibkan siswanya menjalani PKL. Platform digital seperti Google Classroom bisa dimanfaatkan saat PJJ, sehingga PKL dan pembelajaran bisa berjalan beriringan. Hal ini akan meningkatkan kemampuan literasi digital guru dan siswa, sehingga terlahir generasi literat melalui guru literat.

Dunia Pendidikan

MUASHOFA EFIDA

Kunjungi Profile
618x
Bagikan

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) menjadi sekolah pembeda dengan sekolah yang lainnya. SMK memberikan penekanan pembelajaran pada keterampilan (skill) yang disesuaikan dengan kebutuhan dunia kerja. Bagaimanapun, mayoritas input SMK adalah mereka yang sekolah dengan tujuan lulus langsung kerja atau bekerja sendiri (wirausahawan). 

Kurikulum SMK mewajibkan siswanya untuk menjalani masa Praktik Kerja Lapangan (PKL). Pada masa ini, siswa SMK mendapatkan pembelajaran nyata di dunia kerja yang sesuai dengan kompetensi keahliannya. Skill siswa secara langsung akan semakin terasah. Disisi lain, kognisi siswa yg sesuai dengan kurikulum harus tetap tersampaikan meskipun guru dan siswa terpisah oleh ruang dan waktu. 

Digitalisasi menjadikan dunia tanpa batas. Guru bisa memanfaatkan beragam platform pendidikan untuk memfasilitasi siswa dalam pembelajaran semasa PKL. Dengan demikian, jarak dan waktu tidak bisa dijadikan sebagai alasan untuk menjalankan tugas mengajar. Bagaimana implementasinya? 

 

Platform Google Classroom

Google Classroom (sumber: dokumentasi pribadi)

Google Classroom adalah platform pendidikan yang dikembangkan oleh Google. Platform ini memberikan kemudahan untuk praktisi pendidikan dalam menjalankan tugasnya meski tidak bertatap muka. Dengan kata lain, platform ini bermanfaat ketika Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) .

Fitur yang disajikan google classroom bisa mengakomodir kebutuhan guru. Google classroom sebagai kelas online bisa digunakan untuk melakukan presensi siswa, berbagi materi dalam bentuk file dokumen, foto, maupun video. Materi tersebut bisa langsung dibagikan atau dalam bentuk link

Selain membagikan materi, guru juga bisa menjadwalkan kelas untuk melaksanakan pembelajaran tatap maya melalui Google Meet. Guru juga bisa memberikan tugas dalam tenggat waktu tertentu ataupun tidak serta mengelolah penilaiannya. Kemudahan ini tentu bisa menjawab kegalauan guru selama PJJ.

 

Penguatan Literasi Digital

Tampilan Kelas Dalam Google Classroom (sumber: dokumentasi pribadi)

Digitalisasi dalam dunia pendidikan memberikan banyak manfaat dan kemudahan dalam pelaksanaan pembelajaran. Literasi Digital digaungkan dalam upaya guru dan juga siswa berkawan serta bijak dalam menggunakan produk digital. Hal ini bertujuan supaya digitalisasi pendidikan bisa berjalan dengan baik.

Pada kenyataannya, meski pembelajaran terintegrasi dengan teknologi, masih banyak guru yang gagap teknologi dan enggan mengenalinya. Hal seperti ini sudah menjadi tanggung jawab institusi pendidikan untuk mengentas kegagapan guru melalui Pelatihan Guru terkait pemanfaatan teknologi. 

In House Training bisa menjadi pilihan bagi sekolah untuk peningkatan kemampuan guru dalam bidang teknologi. Selain itu Sertifikasi Guru akan menunjang guru dalam pemenuhan kebutuhan teknologi, baik hardware maupun software

Saat ini kelas XII di SMK Plus Nahdlatul Ulama Sidoarjo sedang menjalani PKL selama semester lima. Keadaan ini tidak memungkinkan bagi guru menjalankan tugas mengajar secara tatap muka. Maka solusi yang diambil adalah melaksanakan PJJ. 

Saya mengampu mata pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan di kelas XII. Saya menjalankan kegiatan pembelajaran secara tatap maya. Google Classroom menjadi pilihan saya dalam mengakomodir pembelajaran. Dengan demikian kegiatan pembelajaran dan PKL akan bisa berjalan beriringan.

Materi saya sajikan dalam bentuk video yang saya upload ke channel youtube saya. Selanjutnya saya bagikan link youtube kepada siswa melalui google classroom. Pembuatan media pembelajaran ini melibatkan beberapa platform digital, seperti canva untuk mendesain dan cap cut untuk editing video.

Pemanfaatan beberapa platform digital untuk kemudahan kegiatan PJJ tentu akan meningkatkan kemampuan literasi digital guru maupun siswa. Secara tidak langsung, guru mengajarkan literasi digital kepada siswa. Dengan demikian akan terlahir generasi literat melalui guru literat.

Berikut adalah salah satu link google classroom untuk PJJ: https://classroom.google.com/c/NjIwMTY0MjEyNzA5?cjc=qdeznyu. Materi pembelajaran dalam bentuk video dibagikan dalam bentuk link youtube: 

 

Kata kunci: Pelatihan Guru, Sertifikasi Guru, Pelatihan In House Training


Penyunting: Putra

0

0

Komentar (0)

-Komentar belum tersedia-

Buat Akun Gratis di Guru Inovatif
Ayo buat akun Guru Inovatif secara gratis, ikuti pelatihan dan event secara gratis dan dapatkan sertifikat ber JP yang akan membantu Anda untuk kenaikan pangkat di tempat kerja.
Daftar Akun Gratis

Artikel Terkait

Pembelajaran yang Super Seru dengan Canva, Kunci Kesuksesan Pendidikan Interaktif
2 min
Kenalkan Literasi Digital Mapel Bahasa Inggris melalui Fun E-Learning

VIKKY ANDRIAN

Sep 11, 2023
3 min
Upaya Penguatan Literasi Digital dalam Konteks Pendidikan
2 min
Refleksi Mutu Pendidikan Sekolah dengan Asesmen Nasional
4 min
PEMBELAJARAN SISTEM PERIODIK UNSUR MENGGUNAKAN MEDIA “TAHU TEMPE”
GI Academy #24: Pencegahan dan Penanganan Kekerasan di Lingkungan Sekolah
3 min

Guru Inovatif

Jam operasional Customer Service

06.00 - 18.00 WIB