Menerka Peran Guru dalam Transformasi Digital Sektor Pendidikan - Guruinovatif.id: Platform Online Learning Bersertifikat untuk Guru

Diterbitkan 10 Sep 2023

Menerka Peran Guru dalam Transformasi Digital Sektor Pendidikan

Peran guru dalam transformasi digital dalam sektor pendidikan sangatlah penting, bagaimana peran-perannya?

Dunia Pendidikan

RIA INDRA MAYA SARI

Kunjungi Profile
911x
Bagikan

Transformasi digital telah menyentuh hampir setiap aspek kehidupan kita, tidak terkecuali sektor pendidikan.  Sekitar lebih dari 3,5 miliar orang memiliki akses ke internet dan lebih dari 5 miliar orang diperkirakan memiliki perangkat seluler dan ponsel pintar.

Tren digital ini mengubah arah keterhubungan antar individu, mempengaruhi cara berpikir orang-orang, dan memudahkan datangnya era keterbukaan informasi yang begitu cepat. Tidak mengherankan, transformasi digital ini juga berdampak besar pada sektor pendidikan. Digitalisasi pendidikan telah mengubah cara interaksi antara guru dengan peserta didik terutama mulai dari jenjang Sekolah Dasar hingga Menengah Atas. Adanya pandemi Covid-19 selama  periode tiga tahun menjadi katalis arus perubahan digitalisasi pendidikan. 

Lalu, bagaimanakah peran guru dalam digitalisasi pendidikan ini? Digitalisasi pendidikan saat ini memayungi peserta didik generasi milenial yang konon tak dapat dipisahkan dengan ponsel pintarnya dan (terutama) media sosial. Tentu saja, guru merupakan salah satu aktor utama dalam Pendidikan-pengajaran yang berlangsung, dengan demikian. guru dituntut  melek teknologi dan beradaptasi dengan transformasi kegiatan belajar mengajar dari offline menjadi online atau blended learning. 

Pandemi memang telah berakhir dan menjadi endemi, tetapi digitalisasi Pendidikan terus berjalan. Terdapat ungkapan “ada hikmah di balik musibah” maka, adanya pandemi secara signifikan mengantarkan guru menemukan pengalaman baru dengan penggunaan aplikasi-aplikasi berbasis teknologi digital yang sangat membantu dalam pembelajaran di masa pembelajaran daring yang lalu, di mana penggunaannya terus dapat berlanjut hingga kini. 

Digitalisasi pendidikan memang menjadi trademark Kemdikbud di bawah Mas Nadiem. Segala aspek dalam sistem pendidikan mulai dari hulu ke hilir mulai memanfaatkan teknologi digital. Baik dari metode pembelajaran, media pembelajaran, hingga asesmen Pendidikan mulai merambah teknologi digital. Kita mesti angkat jempol untuk guru-guru atau tenaga pendidik yang bergerak cepat mengikuti perkembangan teknologi. Bahkan, banyak guru atau tenaga pendidik yang sepuh  tetap bersemangat mengikuti arus perubahan yang positif ini. 

Sebagai salah satu aktor utama dalam transformasi digitalisasi Pendidikan, guru atau tenaga pendidik terus belajar berbagai aspek yang mendukung, misalnya, mereka belajar penggunaan aplikasi-aplikasi atau platform yang mendukung Pendidikan-pengajaran berbasis digital. Pelatihan guru banyak digelar oleh pihak ketiga guna mendukung even yang terus bertumbuh dan berkembang ini. 

Saya harus berucap syukur, menemukan berbagai pelatihan-pelatihan yang mengantar saya mengenal berbagai aplikasi tersebut dari guruInovatif.id. Pelatihan-pelatihan dengan guruInovatif.id yang saya ikuti seingat saya mulai pertengahan tahun 2020 sangat bermanfaat dalam pendidikan-pengajaran yang saya lakukan hingga saat ini. Lebih Bahagia lagi, pengalaman tersebut bisa saya tuliskan melalui artikel cum memoar pada kesempatan lomba yang diinisiasi oleh guruInovatif.id bekerja sama dengan salah satu media tersohor tanah air, Kompas. Tentu, dengan tulisan ini saya berharap banyak pembaca yang mendapatkan manfaat dari apa yang telah saya tulis. 

Tugas dalam transformasi digital pendidikan ini akan terus membaik jika semua guru atau tenaga pendidik menyadari pentingnya literasi digital untuk mereka sendiri dan juga untuk siswa. Karena semakin berkembangnya teknologi, tidak bisa ditampik manfaatnya bagi dunia pendidikan. Maka, sudah sepatutnya kesadaran untuk mengikuti pelatihan guru bertemakan literasi digital tidak hanya menjadi tanggungjawab segelintir guru saja. Sekolah dalam hal ini dapat menginisiasi kegiatan In House Training (IHT) bagi seluruh guru atau tenaga pendidik agar digitalisasi pendidikan di sekolah tersebut semakin menguat. Lebih-lebih, bagi guru yang telah mendapat tunjangan sertifikasi guru  mestinya lebih bersemangat dalam menempuh pelatihan bertemakan literasi digital dalam dunia pendidikan tersebut. 

Pelatihan-pelatihan yang telah diikuti baik secara mandiri atau kolektif oleh para guru atau tendik tersebut harapannya tidak berlalu begitu saja setelah mendapat sertifikat pelatihan. Guru atau tendik tersebut dapat mengimbaskan ilmu dan pengalaman yang diperoleh kepada siswa siswinya. Disinilah peran guru selanjutnya dalam transformasi digitalisasi pendidikan, mereka menjadi agen perubahan yang memadumadankan pendidikan-pengajaran dengan teknologi digital. Kita tidak bisa menampik, platform-platform digital yang tersedia saat ini benar-benar dapat membantu tercapainya tujuan pembelajaran. 

Siswa siswi yang saat ini menempuh pendidikan, termasuk ke dalam generasi milenial gen Z yang sangat erat kehidupannya dengan teknologi digital. Maka, guru harus bisa memanfaatkan peluang ini agar pendidikan-pengajaran khususnya dalam teknis pembelajaran dapat menciptakan karya-karya atau produk yang inovatif dari platform  digital yang digunakan, seperti membuat infografik, video animasi, bahkan media berbasis AI yang boleh jadi sudah sangat dikenal oleh para siswa. 

Pada akhirnya, sebagai guru jangan abai pada perkembangan teknologi digital. Sebagai guru, kita harus senantiasa melangkah. Laman atau kanal guruInovatif.id adalah salah satu yang concern  pada tema tersebut, maka mari kita belajar sedalam-dalamnya karena  perubahan ke arah digital pada sektor pendidikan merupakan keniscayaan. 


Penyunting: Putra

2

0

Komentar (2)

NOVIYA DAMAYANTI

Sep 13, 2023

Seorang guru harus mengikuti perkembangan teknologi digital. Melalui pelatihan pelatihan yang tersedia.Agar mengikuti perkembangan zaman dan mengaplikasikannya dalam kegiatan proses pembelajaran di kelas.

KRISTANTI ARSYIL

Sep 13, 2023

Jadi guru tidak semudah membalik telapak tangan. Tetap semangat untuk generasi emas
Buat Akun Gratis di Guru Inovatif
Ayo buat akun Guru Inovatif secara gratis, ikuti pelatihan dan event secara gratis dan dapatkan sertifikat ber JP yang akan membantu Anda untuk kenaikan pangkat di tempat kerja.
Daftar Akun Gratis

Artikel Terkait

Digugu dan Ditiru. Figur Guru Ideal di Era Milenial

FERDIAN PERMANA

Apr 16, 2024
4 min
PLATFORM DIGITAL GUNA MENGUATKAN KEMAMPUAN LITERASI DIGITAL

Wiwid Wulandari

Sep 10, 2023
3 min
Penguatan Literasi Digital Bagi Siswa dan Guru agar Bijak dalam Penggunaan Platform Digital
6 min
Lidi Balok (Literasi Digital Berbasis keArifan Lokal)untuk Pendidikan Inklusi di UPTD SPNF SKB Kota Tegal

SRI HARYANTI,S.Pd

Sep 01, 2023
2 min
Sejarah Perkembangan Kurikulum di Indonesia: Transformasi Menuju Pendidikan yang Lebih Berkualitas
6 min
Penguatan Literasi Digital di Sekolah: Platform Online Menyediakan Pengalaman Belajar yang Lebih Keren

MUHAMMAD MAHATIR

Sep 06, 2023
3 min

Guru Inovatif

Jam operasional Customer Service

06.00 - 18.00 WIB

Kursus Webinar