MENGARUNGI ERA DIGITAL MELALUI PLATFORM DIGITAL YANG MENARIK - Guruinovatif.id: Platform Online Learning Bersertifikat untuk Guru

Diterbitkan 11 Okt 2023

MENGARUNGI ERA DIGITAL MELALUI PLATFORM DIGITAL YANG MENARIK

Dalam era digital yang semakin berkembang pesat, literasi digital menjadi keterampilan yang sangat penting bagi siswa dan guru. Literasi digital tidak hanya tentang penggunaan teknologi, tetapi juga kemampuan untuk mengerti, mengkritisi, dan berpartisipasi dalam dunia digital dengan bijak.

Dunia Pendidikan

M. Nurhasan, S. Pd

Kunjungi Profile
752x
Bagikan

Dalam era digital yang semakin berkembang pesat, literasi digital menjadi keterampilan yang sangat penting bagi siswa dan guru. Literasi digital tidak hanya tentang penggunaan teknologi, tetapi juga kemampuan untuk mengerti, mengkritisi, dan berpartisipasi dalam dunia digital dengan bijak. Di bawah ini, kita akan menjelajahi bagaimana penguatan literasi digital dapat dicapai melalui penggunaan platform digital yang menarik.

Pentingnya Literasi Digital

Kemampuan Mengenali Informasi Palsu: Literasi digital membantu siswa dan guru untuk memahami dan mengidentifikasi informasi palsu atau hoaks yang sering menyebar di dunia maya. Mereka akan belajar cara memeriksa sumber informasi, verifikasi kebenaran, dan menghindari menyebarkan berita palsu.

Keamanan Online 

Dalam dunia yang semakin terhubung, perlindungan data dan privasi adalah hal yang krusial. Literasi digital akan memberikan pemahaman tentang cara menjaga informasi pribadi, menghindari ancaman keamanan, dan berperilaku aman di dunia online.

Kreativitas dan Inovasi

Platform digital memberikan peluang untuk mengembangkan kreativitas. Siswa dan guru dapat memanfaatkan literasi digital untuk membuat konten, proyek, atau solusi yang inovatif. Mereka akan belajar cara menggunakan berbagai alat digital untuk menciptakan sesuatu yang baru.

Platform Digital yang Menarik

1. Pembelajaran berbasis game

Game edukasi adalah cara yang menarik untuk mengajarkan literasi digital kepada siswa. Melalui permainan, siswa dapat belajar tentang keamanan online, pengenalan sumber informasi, dan penyebaran informasi yang benar dengan cara yang interaktif dan menyenangkan.

2. Menggunakan media sosial secara pendidikan

Siswa dan guru dapat memanfaatkan media sosial dalam konteks pendidikan. Membuat grup kelas, berdiskusi tentang topik pelajaran, dan berbagi sumber daya pendidikan dapat meningkatkan literasi digital sambil memanfaatkan alat yang sudah mereka kenal.

3. Pelatihan digital

Ada banyak platform pelatihan online yang menawarkan kursus literasi digital. Guru dan siswa dapat berpartisipasi dalam kursus ini untuk memperdalam pemahaman mereka tentang topik-topik seperti keamanan online, penggunaan alat-alat digital, dan pengembangan keterampilan kreatif.

Strategi Menguatkan Literasi Digital

1. Kurikulum terintegrasi

Sekolah dapat mengintegrasikan literasi digital ke dalam kurikulum mereka. Ini termasuk pembelajaran tentang etika digital, sumber informasi yang valid, dan praktik yang aman di dunia online.

2. Pelatihan untuk guru

Guru juga perlu diberikan pelatihan literasi digital agar mereka dapat memberikan bimbingan yang tepat kepada siswa. Workshop, seminar, dan sumber daya pelatihan online dapat membantu guru memahami dan mengajarkan literasi digital.

3. Pendidikan Orang Tua

Pendidikan tentang literasi digital juga harus diperluas ke orang tua. Mereka dapat mendukung perkembangan literasi digital anak-anak mereka dan membantu menjaga mereka tetap aman di dunia maya.

Kesimpulan

Literasi digital adalah keterampilan kunci yang harus dimiliki oleh siswa dan guru di era digital ini. Melalui penggunaan platform digital yang menarik dan strategi yang tepat, kita dapat memastikan bahwa mereka tidak hanya menguasai teknologi, tetapi juga memiliki pemahaman yang mendalam tentang bagaimana berpartisipasi secara bijak dan aman dalam dunia digital yang terus berkembang. Dengan demikian, kita dapat membantu mereka menjadi warga digital yang bertanggung jawab dan berdaya guna dalam masyarakat yang semakin terhubung.


Penyunting: Putra

0

0

Komentar (0)

-Komentar belum tersedia-

Buat Akun Gratis di Guru Inovatif
Ayo buat akun Guru Inovatif secara gratis, ikuti pelatihan dan event secara gratis dan dapatkan sertifikat ber JP yang akan membantu Anda untuk kenaikan pangkat di tempat kerja.
Daftar Akun Gratis

Artikel Terkait

Manfaat Penguatan Literasi Digital Melalui Platform Digital Bagi Peserta Didik dan Guru
TIPS!!!! Menjaga "Mental Health" Guru di tengah intervensi dan masalah sosial rekan sejawat

rawika ardilla

Nov 30, 2023
8 min
Berawal dari Hal yang Kecil “MINIATUR KINCIR AIR”
Bapak Inovatif

NAIMULLOH

May 22, 2023
3 min
Peran Siswa dan Guru dalam Membentuk Masyarakat Sadar Media

Donyawan Maigoda

Aug 07, 2023
2 min
Persiapan Penting dalam Menerapkan Kurikulum Merdeka di Sekolah

FEBRIANA febriana

Jul 09, 2024
2 min

Guru Inovatif

Jam operasional Customer Service

06.00 - 18.00 WIB

Kursus Webinar