Digitalisasi Sekolah: Tiga Dampak Positif yang mungkin Anda Belum Ketahui - Guruinovatif.id: Platform Online Learning Bersertifikat untuk Guru

Diterbitkan 11 Sep 2023

Digitalisasi Sekolah: Tiga Dampak Positif yang mungkin Anda Belum Ketahui

Pelajari pentingnya digitalisasi dalam merubah cara kita belajar dan mengajar. Temukan dampak positifnya seperti akses mudah ke informasi, efisiensi, dan kualitas pembelajaran yang meningkat.

Pelatihan Guru

Event Guru Inovatif

Kunjungi Profile
4878x
Bagikan

Digitalisasi sekolah adalah suatu tindakan dengan bertujuan untuk mendorong layanan secara cepat dan terbuka. Tujuannya agar proses pembelajaran dapat berjalan bersamaan dengan perkembangan teknologi pada era digital sekarang. Hal ini membuktikan bahwa pendidikan membutuhkan pemanfaatan media digital atau teknologi sebagai pembantu proses pembelajaran.

Mengapa penerapan digitalisasi pendidikan sangat penting?

Digitalisasi pendidikan tentunya sangat penting dalam proses pembelajaran. Melihat dari siswa-siswa yang merasa jenuh dan bosan saat mengikuti pembelajaran membuat digitalisasi berperan dalam emnciptakan rampilan dan gaya belajar yang lebih menarik dan juga dapat memberikan inovasi pembelajaran.

Dengan adanya digitalisasi pendidikan akan memberikan pendidik dan pelajar mendapatkan materi melalui platform digital seperti internet. Hal ini juga dapat memberikan dampak dalam meratakan akses pendidikan.

Apa dampak positif digitalisasi dalam bidang pendidikan?

Digitalisasi Sekolah: Tiga Dampak Positif yang mungkin Anda Belum Ketahui
Ilustrasi penggunaan digitalisasi dalam proses pembelajaran (Sumber: pixabay)

Melihat situasi yang mengharuskan kita melakukan suatu pekerjaan atau pembelajaran dimana saja membuat kita harus dapat memanfaatkan digitalisasi. Dalam pendidikan salah satu terdampak yang dapat dirasakan yaitu proses pembelajaran dimana siswa melakukan kegiatan belajar hanya melalui aplikasi atua perangkat lunak yang berbentuk video pembelajaran. Dengan perkembangan teknologi yang semakin tinggi, perubahan proses pembelajaran dapat menjadi lebih praktis dan efisien. Hal ini tentunya memberikan dampak positif bagi pembelajaran. Berikut 3 dampak positif digitalisasi dalam bidang pendidikan, antara lain:

1. Memudahkan dalam mendapatkan informasi

Terciptanya suatu teknologi yang dapat memberikan kita informasi secara efisien memudahkan dan mempercepat kita dalam melakukan proses pembelajaran. Hal ini dapat terbantu melalui informasi metode mengajar yang baik, serta materi pembelajaran terbaru yang tersebar luas.

2. Proses lebih cepat dan dapat diakses oleh banyak pengguna

Dengan adanya digitalisasi proses dalam mendapatkan suatu berita atau informasi akan lebih mudah. Jika dibandingkan dengan situasi dahulu perbedaannya akan terlihat sangat jauh dalam kecepatan penerimaan informasi. Hal ini membuat kita tidak perlu menghabiskan banyak waktu untuk mendapatkan berita atau informasi terbaru.

Melihat dari seluruh wilayah, mayoritas pengguna sudah beralih kedalam digital, karena hal ini sangat membantu dan memberikan manfaat para penggunanya dalam menyampaikan informasi, melakukan akses terhadap sesuatu, dan lainnya.

3. Meningkatkan kualitas pembelajaran

Pembelajaran yang ditingkatkan melalui digitalisasi akan memunculkan berbagai metode pembelajaran baru yang secara langsung memudahkan proses pembelajaran antara pendidik dan peserta didik. Dengan kemudahan akses internet hal ini memunculkan pengajaran baru yang dilakukan dalam bentuk multimedia dan internet. Istilah e-learning merupakan salah satu dari penerapan dalam memanfaatkan internet dalam proses belajar.

Kesimpulan

Digitalisasi sekolah adalah kunci untuk membuka pintu menuju masa depan pendidikan yang lebih menarik dan inovatif. Dengan memanfaatkan teknologi digital, kita dapat merangsang semangat belajar dan memberikan akses pendidikan yang lebih luas. Mari bersama-sama memanfaatkan era digital ini untuk membentuk generasi yang lebih siap menghadapi kemajuan teknologi yang semakin canggih.

Sumber:

Digitalisasi sekolah bagi sekolah masa kini

Digitalisasi sekolah meningkatkan kualitas pembelajaran

Efek positif teknologi dalam proses belajar

Lantas, apa cara yang perlu dilakukan untuk merancang sistem digitalisasi di sekolah?
Temukan jawabannya dalam Guru Inovatif Class yang akan membahas mengenai cara membangun ekosistem digital di sekolah berikut ini!


Penulis: Hilman | Penyunting: Putra

0

0

Komentar (0)

-Komentar belum tersedia-

Buat Akun Gratis di Guru Inovatif
Ayo buat akun Guru Inovatif secara gratis, ikuti pelatihan dan event secara gratis dan dapatkan sertifikat ber JP yang akan membantu Anda untuk kenaikan pangkat di tempat kerja.
Daftar Akun Gratis

Artikel Terkait

2 Jenis Asesmen Pembelajaran Populer yang Digunakan oleh Guru
2 min
GI Talks 4.0: "Pengajar Muda: Setahun Mengajar, Seterusnya Jadi Belajar"
3 min
Pentingnya Kecakapan Digital bagi Guru
3 min
Meningkatkan Kualitas Diri, Memperkuat Takwa di Bulan yang Penuh Keberkahan
2 min
Pemanfaatan Alat Peraga dalam Pembelajaran: Tips untuk Guru yang Efektif
2 min
Dari Pelatihan Online ke Pelatihan Tatap Muka: Kunci Penguatan Literasi Digital bagi Guru

MUHAMMAD MAHATIR

Sep 10, 2023
7 min

Guru Inovatif

Jam operasional Customer Service

06.00 - 18.00 WIB