Pemanfaatan chromebook dalam kegiatan literasi - Guruinovatif.id: Platform Online Learning Bersertifikat untuk Guru

Diterbitkan 10 Sep 2023

Pemanfaatan chromebook dalam kegiatan literasi

Salah satu kegiatan literasi yang menarik perhatian siswa adalah penerapan literasi digital. Jika biasanya literasi identik dengan membaca buku saja, kali ini saya akan berbagi terkait literasi di kelas saya yaitu literasi digital. Literasi ini memanfaatkan aset sekolah, yaitu chromebook.

Dunia Pendidikan

Titi Suryansah

Kunjungi Profile
493x
Bagikan

Kegiatan literasi merupakan salah kegiatan pembiasaan yang dilaksanakan di SD Negeri Jetis Semanu. Kegiatan literasi secara rutin dilaksanakan setiap hari Selasa sampai Kamis tepatnya pukul 06.50-07.00 WIB. Jika biasanya kegiatan literasi identik dengan membaca buku, kali ini saya mencoba menerapkan kegiatan literasi secara variatif. Salah satunya yaitu literasi digital. Pada kegiatan ini saya mencoba menerapkan aset yang dimiliki di SD Negeri Jetis Semanu, yaitu chromebook. Meski jumlah chromebook hanya terbatas, yaitu 16 namun saya mencoba memaksimalkan pemanfaatannya. 

Ada beberapa kegiatan yang pernah dilakukan siswa terkait pemanfaatan platform digital berupa chromebook, diantaranya siswa mencari bacaan/ sumber bacaan melalui google.  Selain, itu siswa juga mengamati video di Youtube kemudian membuat ringkasan ceritanya. Pernah juga guru mengangkat suatu tema kemudian siswa diminta mencari jawaban terkait pertanyaan, apa, mengapa, bagaimana, kapan, dan dimana. 

Pemanfaatan chromebook dalam kegiatan literasi sangat menarik perhatian siswa. Siswa terlihat antusias dalam mengikuti kegiatan ini. Penggunaan platform digital sebagai sumber belajar tentu menjadi daya tarik tersendiri bagi siswa. Siswa tentu akan mendapatkan pengalaman yang berbeda sekaligus memberikan bekal kepada siswa dalam hal teknologi informasi.


Penyunting: Putra

0

0

Komentar (0)

-Komentar belum tersedia-

Buat Akun Gratis di Guru Inovatif
Ayo buat akun Guru Inovatif secara gratis, ikuti pelatihan dan event secara gratis dan dapatkan sertifikat ber JP yang akan membantu Anda untuk kenaikan pangkat di tempat kerja.
Daftar Akun Gratis

Artikel Terkait

Dongkrak Kemampuan Literasi Digital Siswa dengan Aplikasi Storyjumper

HENI DWI UTAMI

Sep 06, 2023
3 min
Mengenal Konsep School Well-being: Pendidikan yang Melampaui Batas Akademik
2 min
Jejak Literat Menuju Indonesia Emas 2045

MUASHOFA EFIDA

May 25, 2023
4 min
Sosial Media sebagai Solusi untuk Mengatasi Gawat Literasi di Indonesia
Mengembangkan Kemampuan Berfikir Kritis serta Meningkatkan Literasi Digital Siswa dalam Menyuarakan Opini melalui Menulis Artikel Pada Media Platform Digital
Penguatan Literasi Digital Melalui Inovasi Teknologi Pendidikan
2 min

Guru Inovatif

Jam operasional Customer Service

06.00 - 18.00 WIB