CAKRA Inovasi Terkini Menyatukan Sinergitas Pendidikan - Guruinovatif.id: Platform Online Learning Bersertifikat untuk Guru

Diterbitkan 28 Mei 2024

CAKRA Inovasi Terkini Menyatukan Sinergitas Pendidikan

CAKRA merupakan akronim dari Cakap, Aktif, Kolaborasi, Rangsangan, Akselerasi. Hal inilah yang digunakan penulis dalam menyatukan inovasi dan sinergi agar mampu berjalan sempurna demi memenuhi kebutuhan belajar peserta didik yang sesuai rencana program yang ditentukan oleh satuan Pendidikan

Dunia Pendidikan

ASRUL, S.Pd

Kunjungi Profile
607x
Bagikan

CAKRA INOVASI TERKINI MENYATUKAN SINERGITAS PENDIDIKAN

Inovasi tidak akan berjalan dengan baik tanpa adanya sinergi, hal ini tentu diperlukan suatu cara untuk menyatukan elemen tersebut demi tercapainya kebutuhan belajar peserta didik dalam menjalani aktifitas di sekolah pada umumnya. Proses bernalar menghasilkan sebuah inovasi demi teciptanya sinergi Pendidikan,sehingga  dibutuhkan cara terbaik untuk mewujudkan hal trersebut. Oleh karena itu dalam artikel kali ini akan dibahas mengenai CAKRA dalam menyatukan  inovasi dan sinergitas Pendidikan di masa sekarang. Hal tersebut dapat kita mulai dengan memahami aspek berikut:

1. Cakap 

MTsN 1 Konawe Utara

Citra manusia sebagai mahkluk berakal harus memiliki sikap cakap yang artinya sanggup melakukan sesuatu. Hal ini dimaksudkan dalam pemenuhan kebutuhan belajar peserta didik, warga sekolah sanggup melakukan hal-hal yang disenangi semua peserta didik yaitu dengan cara memperlakukan mereka seperti  anak kandung kita sendiri ,sebagai orang tua di sekolah yang memiliki sikap cakap pasti mengerti akan kebutuhan anaknya yang bermacam karakter setelah melakukan diagnostik awal kepada masing-masing peserta didiknya agar kebutuhan belajar mereka bisa terpenuhi secara baik,oleh karena itu peran warga sekolah yang cakap sangat diperlukan dalam  mewujudkan pemenuhan belajar peserta didik.

2. Aktif 

Acuan warga sekolah yang aktif adalah mereka yang  giat bekerja serta berusaha secara terus menerus tanpa henti sebelum menemukan solusi pemenuhan belajar peserta diidik. Sikap inilah yang harus ditunjukkan oleh warga sekolah dalam melakukan inovasi dengan cara selalu mencoba hal-hal yang baru serta mampu meninggalkan kebiasaan lama yang sudah tidak sesuai dengan kondisi saat ini salah satu contoh, sebagai warga sekolah kita harus senantiasa memberikan pemahaman belajar kepada peserta didik tidak hanya melalui dunia nyata tetapi bisa juga melalui dunia maya. Dengan ketersediaan internet kita mampu mengakses pembelajaran kapanpun dan dimanapun demi pemenuhan belajar peserta didik.

3. Kolaborasi 

Kerja sama yang baik antara warga sekolah dalam pemenuhan kebutuhan belajar sangat dibutuhkan inilah yang dimaksud dengan kolaborasi. Salah satu cara menyelesaikan permasalah kebutuhan belajar peserta didik adalah terciptanya kolaborasi atau kerja sama yang baik seluruh warga sekolah, dalam hal ini peran guru dan staf yang ada pada sekolah tersebut harus senantiasa mencari solusi bersama yang bisa dilakukan dengan cara mengagendakan rapat bulanan atau studi banding ke sekolah lain yang dianggap memiliki kolaborasi yang baik dalam pemenuhan belajar peserta didik.

4. Ransangan

Rasa sayang kepada peserta didik adalah modal penting dalam memberikan ransangan atau dorongan semagat belajar hal ini tentu sejalan lurus dengan pemenuhan kebutuhan mereka, sebagai warga sekolah kita harus senantiasa memberikan ransangan kepada peserta didik agar selalu menghargai sebuah proses belajar mengajar demi terciptanya suasana belajar yang kondusif dan prilaku yang baik akan senantiasa tercipta di dalam maupun diluar kelas, sehingga secara tidak langsung ransangan sekecil apapun akan berdampak pada pemenuhan belajar peserta didik.

5. Akselerasi

Angka barometer pendidikan nasional kita masih sangat rendah dibandingkan negara lain dibutuhkan akselerasi atau percepatan dalam meningkatkan mutu pendidikan nasional sebagai penggerak pendidikan nasional warga sekolah harus memiliki sikap akselerasi yang artinya selangkah lebih cepat dan lebih maju dibandingkan yang lain dalam hal ini kita dituntut lebih maju dalam akses informasi, lebih maju dalam akses digital dan lebih maju dalam inovasi pemenuhan kebutuhan belajar peserta didik, sebagai contoh apabila warga sekolah rajin mengikuti pelatihan pengembangan diri maka warga sekolah tersebut akan lebih cepat dalam memenuhi kebutuhan belajar peserta didik.

Sahabat cakra yang baik adalah senantiasa menghargai perjuangan para warga sekolah dalam menjalankan tugasnya secara ihklas  demi satu tujuan yaitu mencerdaskan kehidupan berbangsa dan bernegara demi tercitanya indonesia yang mampu bersaing di era modern seperti saat ini.

 #Guruinovatif #Kampusinovatif #LombaArtikelS5


Penyunting: Putra

1

38

Komentar (1)

ASRUL, S.Pd

May 22, 2024

Kritik dan saran sangat penulis butuhkan
Buat Akun Gratis di Guru Inovatif
Ayo buat akun Guru Inovatif secara gratis, ikuti pelatihan dan event secara gratis dan dapatkan sertifikat ber JP yang akan membantu Anda untuk kenaikan pangkat di tempat kerja.
Daftar Akun Gratis

Artikel Terkait

Guru Cakap Digital dan Pembelajaran Siswa Menjadi Bermakna Melalui Tari (Teknologi Augmented Reality)
Pentingnya Kemampuan Menulis dengan Tangan
3 min
7 Cara Jitu Tingkatkan Skill Mahasiswa

kampus inovatif

Oct 27, 2023
3 min
Sumber Cuan untuk Mahasiswa, Cek Selengkapnya!

kampus inovatif

Nov 30, 2023
2 min
EDUKASI LITERASI DIGITAL MELALUI KOMUNITAS BELAJAR GURU SEBAGAI LANGKAH AWAL UNTUK DIGITALISASI SEKOLAH
1 min
Menerka Peran Guru dalam Transformasi Digital Sektor Pendidikan
3 min

Guru Inovatif

Jam operasional Customer Service

06.00 - 18.00 WIB

Kursus Webinar