Hasil Belajar Merupakan Hal Sangat Berharga Bagi Peserta Didik
Guru Matematika SMK Negeri 8 Pinrang.
Faktor-Faktor yang Memengaruhi Rendahnya Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Matematika. Pendidikan merupakan usaha dasar terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak, ilmu hidup, pengetahuan umum serta keterampilan yang diperlukan dirinya untuk masyarakat berlandaskan undang-undang.
Pendidikan sangatlah berarti bagi setiap manusia, sesuai dengan Pasal 31 Ayat 1 UUD 1945 yang berbunyi â Setiap warga negara berhak mendapat Pendidikanâ.
Dari pendidikan yang ditempuh disekolah , setiap anak mendapatkan hasil belajar. Dimana hasil belajar itu merupakan hal yang paling dinanti oleh setiap peserta didik.
Hasil belajar adalah prestasi belajar yang dicapai siswa dalam proses kegiatan belajar mengajar dengan membawa suatu perubahan dan pembentukan tingkah laku seseorang. Proses belajar mengajar tentang suatu bahan pembelajaran dikatakan berhasil apabila tujuan pembelajarannya dapat tercapai. Untuk mengetahui tercapai tidaknya tujuan pembelajaran, guru perlu mengadakan tes formatif ataupun sumatif pada akhir pembelajaran.
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) adalah suatu pendekatan yang sangat bermanfaat untuk membantu mengatasi masalah rendahnya hasil belajar peseta didik, PTK dapat membantu guru mengidentifikasi akar penyebab masalah rendahnya hasil belajar peserta didik. Melalui PTK guru dapat menggunakan teknik pengumpulan data melalui obesrvasi, dokumentasi, wawancara, dan tes hasil belajar.
Teknik wawancara, observasi, dokumentasi dapat digunakan oleh seorang guru untuk mendapatkan data awal tentang keadaan kelas, data peserta didik dan faktor penyebab rendahnya hasil belajar peserta didik, sedangkan tes hasil belajar digunakan untuk menganalisis kesulitan yang dialami peserta didik.
Menurut Abdurrahman (2012) dalam jurnal Tasya Nabillah & Agung Prasetyo Abadi menyatakan bahwa yang menjadi faktor penyebab rendahnya atau kurangnya pemahaman peserta didik terhadap konsep matematika, salah satu diantaranya adalah metode pembelajaran yang digunakan oleh pengajar, misalnya dalam pembelajaran yang berorientasi pada pendekatan tradisional yang menempatkan peserta didik dalam proses belajar mengajar sebagai pendengar. Faktor lain yang menyebabkan rendahnya hasil belajar matematika siswa adalah kurangnya minat siswa dalam mengikuti pelajaran matematika. Hal ini disebabkan adanya anggapan bahwa matematika adalah salah satu mata pelajaranyan paling sulit dan menakutkan dibanding dengan mata pelajaran lain.
Faktor Penyebab Berikut adalah faktor yang menyebabkan rendahnya hasil belajar peserta didik adalah:
Kurangnya minat dan motivasi belajar peserta didik. Peserta didik kurang menguasai materi. Guru belum tepat menggunakan model pembelajaran. Guru kurang kreatif dalam menyampaikan materi pembelajaran Sarana dan Prasarana yang menunjang pembelajaran masih sangat minim Kurangnya perhatian orang tua terhadap Pendidikan anaknya. Untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik seorang guru terlebih dahulu meningkatkan motivasi belajar peserta didik karena apabila motivasi belajar peserta didik masih rendah maka akan mempengaruhi keaktifan peserta didik pada saat pembelajaran.
Adapun hal yang harus dilakukan untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik adalah:
Menggunakan model pembelajaran inovatif Menggunakan metode pembelajaran yang variatif. Menggunakan media pembelajaran berbasis teknologi yang dapat menyangkan video pembelajaran dari YouTube. Solusi Upaya meningkatkan hasil belajar peserta didik merupakan tanggung jawab bersama antara lembaga sekolah, keluarga dan lingkungan setempat. Kondisi lingkungan keluarga dan masyarakat akan memberikan pengetahuan yang cukup untuk peserta didik dalam pergaulannya dengan masyarakat, sedangkan seorang guru perlu merancang pembelajaran yang interaktif dan menyenangkan.
Berikut adalah solusi yang dapat dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik adalah
Menggunakan model pembelajaran inovatif seperti problem based learning (PBL), project based learning , dan discovery learning . Menggunakan metode pembelajaran yang variatif. Seorang guru bukan hanya menggunakan metode ceramah dalam pembelajaran akan tetapi juga seharusnya dapat menggunakan berbagai metode pembelajaran. Menggunakan media pembelajaran yang berbasis teknologi seperti PowerPoint dari Canva. Menggunakan aplikasi pembelajaran seperti pada pembelajaran matematika dapat menggunakan aplikasi GeoGebra untuk menggambar grafik. Sumber:
Nabillah, Tasya & Agung Prasetyo Abadi. Faktor penyebab rendahnya hasil belajar peserta didik.
Oktaviani Utari. (2020). Identifikasi Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Matematika Peserta Didik di SMK Negeri 1 Tonjong
Nikmah, Fenti Maslikatun Nikmah. (2020) .Upaya Guru Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Di Mi Nurul Ulum Kendalrejo Durenan Trenggalek Tahun Ajaran 2020/2021
Maduratna, Tiara Putri dan Agung Setiawan. (2020). Analisis faktor pengaruh rendahnya Hasil belajar matematika siswa kelas II SDN Banyuajuh 6 Kamal.
Indriansyah, Hisbul Auliah. (2023). Mengatasi rendahnya hasil belajar siswa pada pelajaran Agama Islam penyebab dan solusinya.
Mulyana, Aina. (2023). Pengertian hasil belajar siswa dan faktor-faktor yang mempengaruhinya.
https://id.wikipedia.org/wiki/Etimologi
Penyunting: Putra