Pendidikan Profesi Guru Untuk Indonesia Emas 2045 Sumber: https://www.google.com/url?sa=i&url=https://pintek.id/blog/profesi-guru/&psig=AOvVaw05BpuFSmBsUC34teiDUh65&ust=1685342027695000&source=images&cd=vfe&ved=0CBEQjRxqFwoTCLCW3siyl_8CFQAAAAAdAAAAABAJ
Pendidikan merupakan sebuah pondasi yang harus diperhatikan dari setiap masing-masing negara, hal ini disebabkan karena manfaat yang ditimbulkan dari tidak baiknya kualitas pendidikan dari suatu negara. di indonesia pendidikan sudah mulai ada perubahan dengan adanya beberapa hal yang mulai di evaluasi dan ditingkatkan lagi. akan tetapi hal ini tidak dibarengi dengan penerpannya lansgung di lapangan. kerap kali beberapa kebijakan yang dibuat terkait pendidikan tidak memperhatikan keadaan yang nyata di lapangan khususnya terkait lembaga/ instansi yang melaksanakan pendidian. Dalam beberapa hal belakangan ini saya mendengar mengenai sebuah rencana yang akan di perjuangkan terakit kemajuan indonesia khususnya pafa dunia pendidikan. Rencana tersebut adalah" Indonesia Emas 2045", sebenarnya apa sih maksud dari hal tersebut?.
Indonesia 2045 ini menurut saya sendiri berdasarkan webinar yang saya ikuti, ini merupakan sebuah visi yang akan diperjuangkan bangsa indonesia ini untuk menjadikan sebuah negara yang berdaulat, maju, adil, dan makmur. selain itu indonesia menuju emas 2045 terdapat bebarapa hal untuk menyukseskan visi tersebut. salah satunya yaitu berbunyi seperti ini" Manusia Indonesia yang unggul, berbudaya, serta menguasai Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. maka dari itu hal ini juga mengkaitkan dengan dunia pendidikan
hal ini dunia pendidikan harus segera berbenah untuk mewujudkan manusia yang unggul, berbudaya, serta menguasai Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. Dengan meningkatkan kualitas dari setiap sumber daya manusia(SDM) yang ada, karena manusia disini sendiri sebagai subjek yang akan menata pendidikan yang ada, berbicara manusia dalam pendidikan kita tidak akan lupa akan sosok seorang guru yang berperan penting dalan melaksakanan pendidikan di lapangan. karena hal ini guru harus memiliki kualitas yang mumpuni untuk mendukung terwujudkan misi tersebut. hal ini bisa dilakukan dengan mengikuti sebuah pelatihan guru.
pelatihan guru ini dapat diikuti dengan berbagai jenis dan caranya, salah satu pelatihan guru yang harus / wajib hukumnya diikuti setiap guru adalah pendidikan profesi guru (PPG). dengan mengikuti pelatihan yang satu ini seorang guru bisa dianggap sudah mempunyai sertifikasi guru dan membuktikan keprpofesionalitasan. berbeda dengan PPG ada beberapa pelatihan yang dapat diikuti secara online dari rumah atau pelatihan In House Training. jenis pelatihan ini dapat diikuti oleh guru dengan mencari informasi di internet atau dapat mengikuti bebrapa pelatihan atau webinar yang di adakan oleh GuruInovatif.Id. karena guruinovatif ini sebuah platform yang menyediakan beberapa jenis pelatihan yang dapat meningkatkan kemampuan seorang guru dalam mengelola sebuah pembelajaran maupun melaksanakan kegiatan peningkatakan lembaga pendidikan.
Menurut saya sendiri hal pelatihan pertama yang harus diikuti adalah PPG karena didalamnya terdapat beberapa pembelajaran yang ada untuk meningkatkan kualitas kita sebagai guru. maka dari itu saya akan membagikan pengalaman saya saat mengikuti pendidikan profesi guru ini. dalam mengikuti pembelajaran di PPG ini selama 1 tahun yang dibagi 2 semester, di setiap semester ada beberapa mata kuliah yang akan meningkatkan kemampuan kita dalam menjadi seorang guru yang profesiaonal dan mempunyai sertifikasi guru. yang paling berkesan saat saya mengikuti pembelajaran PPG di semester 1 pada mata kuliah âTeknologi Baru dalam pembelajaran dan pengajaranâ. hal ini juga sesuai dengan tema yang kita bahas yaitu indonesia emas 2045 karena yang difokuskan indonesia ini adalah digitaliasi. dimana usaha indonesia untuk dapat masuk dalam 10 besar negara digitalisasi dengan sebagian penerapannya dalam dunia pendidikan.. hal ini didukung oleh artikel yang dirulis di website https://digitalbisa.id/ dengan judul artikel â Urgensi Perkembangan Digitalisasi Pelosok Negeri Demi Generasi Indonesia Emas 2045â
Kembali ke cerita pengalaman saya mengikuti PPG di mata kuliah teknologi baru dalam pengajaran dan pembelajaran. Pengalaman belajar pada mata kuliah Teknologi Baru dalam Pengajaran dan Pembelajaran terdiri dari beberapa topik, yaitu:
Topik 2. Lingkungan Belajar Abad 21
Topik 3. Teknologi dan Media untuk Pembelajaran
Topik 4. Pemanfaatan Perangkat Digital
Topik 5. Perangkat WEB dalam Pembelajaran
Topik 6. Pembelajaran Jarak Jauh
Topik 7. Meningkatkan Pembelajaran dengan Multimedia
Berdasarkan topik-topik diatas, saya mimilih untuk merefleksi topik 7. Meningkatkan Pembelajaran dengan Multimedia. Di mana pada topik ini merupakan pengaplikasian teknologi dalam pembelajaran serta saya memperoleh pengalaman dalam pemanfaatan teknologi Pendidikan yang berimplikasi pada penggunaan berbagai media pembelajaran yang digunakan dalam proses pembelajaran, seperti Kahoot, Quizizz, Quizlet, Wordwall, Educandy dan lainnya. Karena
Pada dasarnya, dunia pendidikan saat ini tidak dapat dipisahkan dari penggunaan media berbasis pada teknologi. Berbagai kegiatan pembelajaran selalu berkembang dari sistem penyampaian pembelajaran dengan metode ceramah klasik hingga berganti dengan penggunaan multimedia. Terlebih, pada kegiatan pembelajaran yang menekankan pada kompetensi yang berkaitan dengan keterampilan proses, maka peran multimedia dalam pembelajaran menjadi sangat diperlukan, sehingga sebagai calon guru professional perlu memahami dan menerapkan media pembelajaran berbasis multimedia sebagai pembelajaran di abad 21. Topik tersebut penting untuk dipelajari karena mengingat dalam pembelajaran di abad 21 memerlukan dukungan peralatan multimedia dan SDM yang mumpuni, sehingga proses pembelajaran dapat terlaksana secara efektif, efisien, dan menyenangkan. Dengan demikian, arah pendekatan pembelajaran inovatif di era sekarang adalah belajar dan mengajar menggunakan teknologi yang dapat menampung berbagai gaya belajar peserta didik dengan pemanfaatan teknologi multimedia berupa media audio, video, teks, dan visual.
selain itu saya juga mendapat sebuah Pembelajaran bermakna setelah mempelajari topik 7 ini saya merasa bahwa penggunaan teknologi pada pembelajaran memberikan perubahan dan dampak yang siginifikan terhadap keefektifan pembelajaran. Penggunaan teknologi pembelajaran pada abad-21 memberikan pemahaman baru bahwa pembelajaran harus mengikuti kodrat zaman, dimana harus mengikuti adanya transformasi Pendidikan yang bertujuan meningkatkan kualitas pembelajaran. Penggunaan teknologi pembelajaran akan saya terapkan di kelas untuk menciptakan suasana belajar yang aman, nyaman, dan berpihak pada ekosistem pembelajaran.
Terdapat beberapa hal yang dapat saya Tarik sebagai pembelajaran yang bermakna, yaitu dimana saya menerapkan hal yang telah saya pelajari dalam pembelajaran. Tepatnya pada mata kuliah Teknologi Baru dalam Pengajaran dan Pembelajaran tepatnya pada topik 7 yang membahas mengenai meningkatkan. pembelajaran dengan multimedia, berdasarkan artefak pembelajaran yang telah saya kerjakan, bahwa dalam penerapan multimedia dalam pembelajaran di kelas sangat penting, di mana guru dapat melakukan pembelajaran dengan melibatkan berbagai perangkat teknologi dan media pembelajaran berbasis audio, video, teks, dan visual. Penggunaan multimedia telah saya lakukan di kelas dengan menggunakan media pembelajaran digital berupa aplikasi Quizizz sebagai wujud dari pembelajaran yang merdeka sesuai dengan paradigma pembelajaran abad 21. Penerapan media tersebut sangat membuat peserta didik menjadi antusias dalam belajar, semangat dalam bekerja sama, dan meningkatkan motivasi belajar. Berdasarkan hal tersebut, terdapat desain invensi atau inovasi pembelajaran yang dapat saya lakukan sesuai dengan hasil refleksi saya pada mata kuliah Teknologi Baru dalam Pengajaran dan Pembelajaran dalam penerapan multimedia sebagai media pembelajaran kreatif. Desain invensi atau inovasi pembelajaran tersebut
yaitu:
⢠Memaksimalkan perangkat digital yang tersedia di sekolah untuk membangkitkan penggunaan perangkat pembelajaran, seperti LCD proyektor, speaker, dll.
⢠Mengintegrasikan media pembelajaran yang melibatkan aplikasi pembelajaran kreatif sebagai bentuk dari metode gamifikasi. Penggunaan beberapa aplikasi tentu saja akan membuat pembelajaran menjadi lebih menarik perhatikan dan semangat belajar peserta didik
⢠Penggunaan metode ASSURE sebagai bentuk merdeka belajar dengan Menyusun strategi pembelajaran yang membangun pengetahuan siswa dalam penggunaan teknologi pembelajaran.
Dalam Prosesnya Setelah saya merefleksi mata kuliah yang telah saya tempuh, saya memiliki berbagai pengalaman dalam mempelajari setiap mata kuliah. Pengalaman yang bermakna muncul Ketika saya mempelajari di PPG ini. Saya mendapatkan pengalaman baik secara teori maupun praktik yang membuat saya mampu memahami setiap hal yang dipelajari pada mata kuliah di PPG. Pengalaman tersebut dibangun melalui alur MERDEKA di setiap topik, di mana pada alur tersebut diberikan berbagai kegiatan yang mengasah kemampuan dalam berpikir kritis, berkolaborasi, mendemosnstrasikan, mengkoneksikan, serta merealisasikan berupa aksi nyata.
Penerapan Kurikulum merdeka juga pertama saya dapatlan saat mengikuti pembelajaran di mata kuliah ini. dikarenakan ada beberapa tahapan yang ada di dalam makna kata merdeka itu sendiri. Saya mempelajari setiap topik pada mata kuliah Teknologi Baru dalam Pengajaran dan Pembelajaran yaitu pada topik 7. Meningkatkan Pembelajaran dengan Multimedia melalui alur MERDEKA.
Mulai dari Diri yaitu dengan merefleksi pengalaman pembelajaran yang pernah dilakukan serta memberikan umpan pengetahuan mengenai topik yang dibahas. Eksplorasi Konsep tredapat kajian teori di mana teori tersebut menjadi bahan pengetahuan untuk mengeksplor pembahasan di topik ini, yaitu multimedia pembelajaran, peningkatan kualitas pembelajaran dengan multimedia, serta meningkatkan pembelajaran dengan audio, video, teks, dan visual. Ruang kolaborasi terdapat forum yang dugunakan sebagai sarana ruang kolaborasi antara mahasiswa mengenai keuntungan dan kelemahan serta cara mengintegrasikan media pembelajaran (audio, video, teks dan visual). Demonstrasi Kontekstual dengan mengerjakan soal quis. Elaborasi Pemahaman berupa memberikan ulasan tentangpemanfaatan multimedia dalam pembelajaran Koneksi antar Materi berupa membuat tabel sederhana perbedaan pembelajaran abad 21 dan sebelum abad 20. Aksi Nyata membuat media pembelajaran berbasis audio, video, teks, atau visual tentang materi pembelajaran selain itu dalam pengimplementasian pembelajaran kurikulum merdeka dalam mata kuliah tersebut. juga terdapat beberapa startegi dalam pengimplementasian pembelajaran topik tersebut. yang dimplementasikan dalam mempelajari topik-topik tersebut penting bagi saya karena hal tersebut memberikan pengetahuan dan solusi bagi saya melalui diskusi dengan teman dalam kelompok. Mengapa hal tersebut penting, karena saya membutuhkan presepsi orang lain untuk membangun pemahaman dalam menyelesaikan maupun menjawab pertanyaan-pertanyaan yang disajikan di dalam topiknya. Selain itu, dengan mengaplikasikan pemahaman yang sudah diperoleh dengan membuat salah satu media pembelajaran multimedia yang digunakan sebagai media pembelajaran di kelas PPL. Selain itu, saya juga mencari berbagai sumber belajar yang bisa saya dapatkan baik dalam bentuk artikel, buku, jurnal, dan diskusi sebagai penunjang proses belajar.
selanjutnya pengalaman penerapan kurikulum merdeka disekolah saya dapatkan saat melaksnakan proses PPL di sekolah. saat itu saya mengajar materi sepak takraw dengan memanfaatkan sebuah media multimedia berupa tampilan slide di proyektor mengenai materi sepak takraw. di bawah ini akan saya lampirkan proses pembelajaran dan bahan ajar yang saya gunakan .
https://drive.google.com/file/d/1S4hUUkGAeH8CAGSHFBYNh-v0UdoOhMB5/view?usp=sharing.
dari beberapa pegalaman saya tersebut kita dapat mewujudkan indonesia emas 2045 dengan memperhatikan salah satu sektor yakni pendidikan. di dunia pendidikan bagian yang perlu ditingkatkan ialah kualitas manusia yang menjadi pelaku pendidikan. menurut saya PPG ini menjadi salah satu langkah awal dalam pembentukan seorang guru yang memiliki kompetensi dan profesionalime yang baik. setelah mengikuti pelatihan guru melalui pendidikan profesi guru , selanjutnya dapat mengembangkan keterampilan dan softskill yang dimiliki melalui pelatihan In House Training. pelatihan jenias ini dapat diikuti dengan mencari beberapa stackholder yang mengadakan pelatihan atau seminar mengenai pendidikan atau kompetensi guru. salah satu yang dapat dicoba dengan mengikuti pelathan yang diselenggarakan oleh GuruInovatif.id. GuruInovatif.id merupakan sebuah platform yang menyediakan berbagai pelatihan yang dapat diikuti secara gratis dan berbayar, serta ada beberpa penawaran untuk member yang mempunyai kelebihan dari fasilitas yang didapat saat mengikuti pelatihan yang diselenggarakan oleh stackholder ini. saya sendiri sudah mengikuti bebrapa pelatihan yang diselnggerakan oleg guru inovatif ini dan manfaat yang saya rasakan ini sangat berdampak sekali dari segi softskill maupun hardskill yang meningkat.
setelah kalian mengikuti beberapa pelatihan guru tersebut kalian juga sudah menyumbang sedikit usaha kalian untuk mewujudkan indoensia emas 2045 melalui bidang pendidikan. selain itu, kalian sebagai guru juga akan mendapatkan sebuah sertifikasi guru yang membuktikan kelayakan kalian sebagai seorang guru. sertifiikasi guru merupakan sebuah penghargaan dari kemendikbud beupa sertifikat profesi guru yang telah memenuhi standar profesional guru. Guru profesional merupakan syarat mutlak untuk menciptakan sistem dan praktik pendidikan yang berkualitas. selain itu sertifikasi guru ini juga mendapatkan sebuah tunjangan profesi setelah kalian menjadi seorang PNS/ASN.
sekian tullisan yang dapat saya buat, semoga pengalaman ini dapat menjadikan sebuah motivasi khsususnya bagi saya sendiri dalam perjuanagan saya menjadi seorang guru yang dapat memberi sedikit kontribudi dalam mengupayakan negara indoensia emas 2045. terimakasih
wassalamualaiakum wr wb.
Penyunting: Putra