"Era Digital: Transformasi Pendidikan melalui Penguatan Literasi Digital di Sekolah" - Guruinovatif.id: Platform Online Learning Bersertifikat untuk Guru

Diterbitkan 06 Sep 2023

"Era Digital: Transformasi Pendidikan melalui Penguatan Literasi Digital di Sekolah"

Artikel dengan judul ini kemungkinan akan membahas bagaimana perkembangan teknologi digital telah mengubah pendidikan di sekolah dan bagaimana penguatan literasi digital menjadi bagian integral dari transformasi ini.

Dunia Pendidikan

ALIF HARYO SIWI, S.Pd

Kunjungi Profile
1115x
Bagikan

Masa Depan Pendidikan: Literasi Digital sebagai Landasan Lewat Pelatihan In House Training

Era digital telah membawa perubahan yang mendalam dalam hampir setiap aspek kehidupan kita, termasuk pendidikan. Transformasi pendidikan menjadi lebih digital terasa lebih nyata daripada sebelumnya, terutama di sekolah-sekolah di seluruh dunia. Salah satu elemen kunci dari transformasi ini adalah penguatan literasi digital di kalangan siswa dan guru. Artikel ini akan menguraikan bagaimana era digital telah mengubah pendidikan di sekolah dan mengapa penguatan literasi digital menjadi komponen integral dalam proses transformasi ini. serta upaya lietrasi digital lewa pelatihan in house training.

1. Pendekatan Terhadap Pembelajaran yang Lebih Interaktif

Dengan adanya teknologi digital, siswa sekarang memiliki akses ke berbagai sumber informasi dan alat pembelajaran yang lebih interaktif. Ini memungkinkan mereka untuk belajar dengan cara yang lebih menarik dan efektif. Misalnya, e-book, video pembelajaran, simulasi, dan platform pembelajaran daring memungkinkan siswa untuk belajar dengan lebih mandiri dan aktif. 

2. Pembelajaran Personalisasi

Penguatan literasi digital memungkinkan guru untuk menyediakan pembelajaran yang lebih personalisasi. Melalui analisis data dan penggunaan platform pembelajaran yang canggih, guru dapat memahami kebutuhan dan tingkat kemampuan masing-masing siswa dengan lebih baik. Ini memungkinkan mereka untuk merancang pengalaman pembelajaran yang lebih sesuai dengan setiap siswa, membantu mereka untuk tumbuh dan berkembang secara individu.

3. Membantu Guru dalam Pengajaran dan Evaluasi

Penguatan literasi digital juga memberikan dukungan yang signifikan bagi guru dalam mengajar dan mengevaluasi siswa. Guru dapat menggunakan alat-alat digital untuk mengajar dengan lebih efisien, mengelola catatan siswa, dan bahkan menganalisis perkembangan siswa secara lebih mendalam. Hal ini dapat memungkinkan guru untuk memberikan umpan balik yang lebih konstruktif dan bermakna kepada siswa.

Pelatihan In House Training

Dari beberapa manfaat adanya literasi digital dalam dunia pendiikan tentunya ada upaya yang harus dilakukan untuk mewujudkan potensi yang ada dari penguasaan digitalisasi. salah satunya dengan mengikuti sebuah pelatihan in house training. Dalam lingkungan pendidikan, pelatihan in-house training adalah pendekatan di mana sekolah atau institusi pendidikan memberikan pelatihan kepada guru dan staf mereka menggunakan sumber daya internal. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kualitas pendidikan, mengembangkan kompetensi guru, dan memastikan bahwa pendekatan pembelajaran yang diterapkan sesuai dengan kebutuhan dan misi sekolah. 

Contoh Pelatihan In-House di Sekolah

a. Peningkatan Keterampilan Pengajaran: Pelatihan in-house dapat fokus pada pengembangan keterampilan pengajaran yang mencakup metode pembelajaran baru, penggunaan teknologi dalam pengajaran, dan manajemen kelas yang efektif.

b. Pengembangan Kurikulum: Guru dapat dilatih untuk mengembangkan kurikulum yang lebih relevan dan sesuai dengan perkembangan kurikulum nasional.

c. Penggunaan Alat dan Teknologi Pendidikan: Pelatihan in-house dapat mencakup penggunaan perangkat lunak pendidikan, platform e-learning, atau aplikasi pendidikan untuk meningkatkan pengalaman belajar siswa.

Pelatihan in House training juga dapat diikuti lewat platform guru inovatf, di dalam mengikuti pelatihan ini kita akan belajar bersama dengan trainer dari guru inovatif mengenai berbagai unsur yang ada di dalam dunia pendidian. setelah mengikuti peatihan in house training ini kalian akan mendapatkan sertifikasi guru dari platform ini berupa  sertifikasi internal sebagai pengakuan atas pencapaian dan keterampilan tertentu.

 

Kesimpulan

Era digital telah memicu transformasi mendalam dalam pendidikan di sekolah. Penguatan literasi digital di kalangan siswa dan guru adalah salah satu kunci utama dalam perubahan ini. Dengan penguatan literasi digital, pendidikan menjadi lebih interaktif, personal, dan relevan dengan tuntutan masa depan. Oleh karena itu, pendidikan di era digital bukan hanya tentang mengajar dan belajar, tetapi juga tentang mempersiapkan siswa untuk sukses dalam dunia yang semakin terhubung dan canggih. maka dari itu perlunya pelatihan untuk guru, Pelatihan in-house training di sekolah adalah alat yang kuat dalam meningkatkan kualitas pendidikan internal. Dengan merencanakan dan melaksanakan pelatihan in-house training dengan baik, sekolah dapat memastikan bahwa guru dan staf mereka terus berkembang dan bahwa pendidikan yang mereka tawarkan sesuai dengan standar tinggi. Hal ini berkontribusi pada perkembangan siswa dan pemenuhan misi pendidikan sekolah secara keseluruhan.


Penyunting: Putra

0

0

Komentar (0)

-Komentar belum tersedia-

Buat Akun Gratis di Guru Inovatif
Ayo buat akun Guru Inovatif secara gratis, ikuti pelatihan dan event secara gratis dan dapatkan sertifikat ber JP yang akan membantu Anda untuk kenaikan pangkat di tempat kerja.
Daftar Akun Gratis

Artikel Terkait

Pembelajaran Diferensiasi
Mewujudkan Indonesia Emas 2045 Bagi Peserta Didik Tunagrahita Melalui Kurikulum Merdeka

Dra. Sri Lestari

May 24, 2023
3 min
Bijak Sikapi Komentar Negatif di Dunia Digital

NOVIANITA

Sep 09, 2023
3 min
Pentingnya Penguatan Literasi Digital Sejak Dini di Sekolah 3T

Niken Eka Priyani

Aug 16, 2023
1 min
Mengintegrasikan Permainan Tradisional dalam Pembelajaran: Membangun Karakter Siswa dengan Nilai-Nilai Lokal
3 min
Penggunaan Platform Quizlet sebagai Upaya Penguatan Literasi Digital Guru dan Siswa

SRI YUANA PARTIWI

Sep 09, 2023
2 min

Guru Inovatif

Jam operasional Customer Service

06.00 - 18.00 WIB

Kursus Webinar