Pentingnya Penguatan Literasi Digital Sejak Dini di Sekolah 3T - Guruinovatif.id: Platform Online Learning Bersertifikat untuk Guru

Diterbitkan 16 Agu 2023

Pentingnya Penguatan Literasi Digital Sejak Dini di Sekolah 3T

Artikel ini berisi tentang Pentingnya Penguatan Literasi Digital Sejak Dini di Sekolah Pelosok Negeri dengan Platform Digital

Dunia Pendidikan

Niken Eka Priyani

Kunjungi Profile
1076x
Bagikan

Di era penuh dengan kecanggihan teknologi saat ini khususnya di bidang pendidikan banyak perubahan yang terjadi. Media pembelajaran yang dulunya sederhana dan tradisional sekarang sudah mengalami perubahan dengan memanfaatkan platform-platform digital. Sebagai seorang guru di sekolah pelosok negeri tentunya tidak ingin peserta didik tertinggal oleh kemajuan teknologi. Guru juga harus mengupdate ilmu dan pengembangan diri dengan berbagai cara di antaranya adalah mengikuti Pelatihan Guru, Sertifikasi Guru maupun Pelatihan In House Training yang salah satunya diselenggarakan oleh GuruInovatif. Pelatihan-pelatihan tersebut sangat membantu guru dalam mengembangkan kreativitas dan inovasi dalam pembelajaran terutama di sekolah pelosok negeri dengan berbagai keterbatasan yang ada. Di sekolah pelosok negeri sangat penting penguatan literasi digital sejak dini kepada peserta didik dengan platform digital yang ada. Salah satunya di SD Negeri 29 Idai yang berada di Desa Idai Kecamatan Ketungau Hulu Kabupaten Sintang Provinsi Kalimantan Barat. Literasi digital merupakan sebuah keterampilan komputer dan kemampuan menggunakan komputer dan teknologi lainnya untuk meningkatkan pembelajaran, produktivitas, dan kinerja. Literasi digital di era revolusi industri 4.0 saat ini telah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam pembelajaran di kelas. Di kelas 1 peserta didik sudah mulai diperkenalkan dengan teknologi misalnya mengoperasikan laptop, belajar dengan video pembelajaran yang sudah dibuat oleh guru sendiri maupun video yang diunduh dari youtube serta edugame yang menarik yang bisa dimanfaatkan secara offline di pelosok negeri. Siswa sangat antusias dalam belajar memanfaatkan berbagai platform teknologi yang diberikan oleh guru sehingga literasi digital siswa meningkat, dimana yang awalnya siswa belum bisa mengoperasikan laptop, namun setelah belajar akhirnya menjadi tahu. 

Gambar 1. Peserta didik kelas 1 SD Negeri 29 Idai belajar menggunakan laptop

Gambar 2. Proses pembelajaran menggunakan video pembelajaran dan edugame menarik melalui laptop

Penguatan literasi digital sejak dini di sekolah pelosok negeri atau 3T (terdepan, terluar dan tertinggal) salah satunya di SD Negeri 29 Idai juga memerlukan dukungan atau kerja sama antara sekolah, orang tua, masyarakat, komite sekolah, maupun dinas pendidikan dan kebudayaan agar penguatan literasi digital dapat terwujud. Di SD Negeri 29 Idai sendiri sudah menjalin kerja sama dengan stakeholder terkait sehingga dapat mendukung dalam penguatan literasi digital peserta didik. Guru menggunakan berbagai platform digital yang bervariasi dalam proses pembelajaran sehingga membuat siswa tidak merasa bosan dan tetap semangat dalam belajar. Penguatan literasi digital sejak dini kepada peserta didik terutama di pelosok negeri memang sangat penting sekali dilakukan agar peserta didik tidak tertinggal oleh tantangan zaman. 

#Guruinovatif, #LombaArtikelS4, #ArtikelGI, #LombaGI


Penyunting: Putra

14

0

Komentar (14)

Hery, S.Pd.

Aug 20, 2023

tetap semangat di pelosok negeri bu

Ema, S.Pd.

Aug 19, 2023

semangat selalu kakak semoga terus berjuang demi mencerdaskan anak bangsa

Andi, S.Pd.

Aug 19, 2023

maju terus pantang mundur

Lihat Komentar Lainnya

Buat Akun Gratis di Guru Inovatif
Ayo buat akun Guru Inovatif secara gratis, ikuti pelatihan dan event secara gratis dan dapatkan sertifikat ber JP yang akan membantu Anda untuk kenaikan pangkat di tempat kerja.
Daftar Akun Gratis

Artikel Terkait

MANAJEMEN EKOSISTEM DIGITAL SEKOLAH DALAM MENGOPTIMALKAN IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SD ISLAM TERPADU ANNI’MAH
9 min
Pendidikan Karakter: Membangun Fondasi Moral dan Etika untuk Masyarakat yang Lebih Baik
3 min
Filosofi Pemikiran Ki Hadjar Dewantara yang "Hidup Kembali" di Kurikulum Merdeka

Oktina Utami

May 21, 2024
3 min
Literasi Digital bagi Kemajuan Negara
Penerapan Asas ”Trikon” dalam Kerangka Kurikulum Merdeka
5 min
Penguatan Literasi Digital di Sekolah: Platform Online Menyediakan Pengalaman Belajar yang Lebih Keren

MUHAMMAD MAHATIR

Sep 06, 2023
3 min

Guru Inovatif

Jam operasional Customer Service

06.00 - 18.00 WIB

Kursus Webinar