Pentingnya Meningkatkan Literasi Digital Bagi Tenaga Pendidik dan Anak Didik Di Era Digital - Guruinovatif.id: Platform Online Learning Bersertifikat untuk Guru

Diterbitkan 08 Sep 2023

Pentingnya Meningkatkan Literasi Digital Bagi Tenaga Pendidik dan Anak Didik Di Era Digital

Adanya pandemi Covid-19 dan pesatnya teknologi telah mengubah cara masyarakat beraktivitas dan bekerja. Kehadiran teknologi sebagai bagian dari kebutuhan masyarakat semakin mempertegas wawasan terhadap teknologi.

Dunia Pendidikan

Aries Fauzan Najib K, S.Pd.

Kunjungi Profile
1417x
Bagikan

Di zaman revolusi industri pendidik dan anak didik harus mampu dan cakap memanfaatkan kemajuan teknologi, sehingga perlu adanya literasi digital di dunia pendidikan, terutama terhadap tenaga pendidik dan anak didik. Literasi digital dalam dunia pendidikan antara lain, mengedukasi warga sekolah, terutama siswa dalam memanfaatkan perangkat digital dan alat-alat komunikasi, faktor yang mempengaruhi perkembangan literasi digital mencakup, usia, gender, tingkat pendidikan, domisili, pengaruh hoax, dan pengguna internet yang intensif. Tantangan dunia digital antara lain, perubahan karakter pada peserta didik, pola tingkah laku dan perilaku sosial, serta eksistensi budaya. Tantangan dunia pendidikan meliputi, meningkatkan kualitas diri, meningkatkan taraf kualitas pendidikan dan teknologi. Serta membawa manusia ke masa depan yang jauh lebih baik. Kemajuan teknologi tidak akan menghilangkan peran guru, peran guru sangat dibutuhkan untuk suatu pembelajaran yang berhasil terhadap anak didik. 

Menerapkan literasi digital pada dunia pendidikan akan lebih mudah apabila peserta didik dan pendidik memahami elemen yang dapat dikuasai dalam dunia digital. Penerapan elemen kemampuan digital tersebut dinilai dapat membantu beberapa aspek seperti :

  • Mendukung proses diskusi dan membangun konsensus mengenai kemampuan oleh organisasi digital
  • Merencanakan atau meninjau pengembangan pendidikan
  • Merencanakan atau meninjau kurikulum, dengan penyesuaian tuntutan bidang subjek
  • Menyusun dan menandai peluang pengembangan 
  • Merancang lencana digital dan memberikannya kepada siswa yang melakukan kegiatan pengembangan tertentu atau menunjukkan praktik tertentu
  • Untuk memetakan keahlian digital di berbagai peran siswa dalam tim, departemen, atau organisasi secara keseluruhan, mengidentifikasi kesenjangan dan mengenali dimana keahlian digital menambah nilai guna.

Dengan waktu yang terbatas dan anggaran yang semakin terjepit, membuat pengembangan literasi digital menjadi tantangan. Beberapa cara meningkatkan literasi digital pada beberapa tingkat dunia pendidikan dapat disiasati dengan cara yang murah dan mudah. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut, yang mungkin anda terapkan pada lingkungan anda.

  • Berkolaborasi dengan kolega : Pertimbangkan audit untuk mengetahui siapa di sekolah anda yang sudah mengajarkan literasi digital sebagai bagian dari pelajaran mereka. Perencanaan kolaboratif semacam itu telah terbukti meningkatkan pembelajaran lintas kurikuler dan memaksimalkan sumber daya lintas batas departemen, serta mendorong kerja sama dan kepercayaan di antarta para guru. Cari tahu cara membuat pelajaran yang lebih kolaboratif dan menyenangkan.
  • Fokus  pada kurikulum : Dapat dimengerti bahwa guru mungkin merasa kebingungan untuk menambah jadwal mengajar yang sudah sibuk. Cara terbaik untuk mengajarkan literasi digital adalah dengan mencari tahu apa artinya literasi digital bagi disiplin ilmu tertentu. Misalnya, guru bahasa Inggris dapat menggunakan blogging untuk memajukan literasi digital, sementara guru Kewarganegaraan dapat mempresentasikan kelas mereka dengan masalah dunia nyata dan mendorong siswa untuk menggunakan keterampilan komputasi mereka untuk merancang solusi.
  • Buat ruang kelas “modern” : Metode pedagogis baru seperti pembelajaran kolaboratif dan pembelajaran yang dipimpin siswa semakin populer berkat munculnya teknologi digital dalam pendidikan. Teknologi tersebut membantu guru menanamkan pembelajaran mendalam.
    Pedagogi berbasis bukti tersebut mendukung literasi digital. Guru dapat mencari tahu lebih lanjut tentang apa yang membuat ruang kelas lebih modern melalui penggunaan berbagai teknologi digital yang terjangkau.
  • Jadikan materi Anda digital : Saat ini sulit untuk mengajar siswa tentang apa yang dibutuhkan di dunia online tanpa menggunakan alat digital. Jadi guru sendiri harus merangkul pengembangan literasi digital. Pertimbangkan untuk menggunakan perangkat lunak pendidikan gratis dalam dunia pendidikan untuk membantu siswa terlibat dalam seni belajar online.
  • Meninjau Kebijakan Penggunaan yang Dapat Diterima : Sangat penting bahwa semua orang di sekolah Anda tahu apa yang diperbolehkan dan tidak diperbolehkan diterima ketika menggunakan teknologi di sekolah. Dengan demikian, Kebijakan Penggunaan yang Dapat Diterima mungkin sudah mencakup hal-hal seperti komunikasi Facebook yang tidak pantas dan tidak berbagi gambar secara online tanpa izin orang tua.
    Selain itu, kebijakan dan prosedur juga harus mempertimbangkan panduan terbaru mengenai keselamatan penggunaan teknologi digital. Hal ini termasuk seperti melakukan pelatihan reguler untuk memastikan bahwa setiap orang mengetahui aturan dan harapan keamanan online. Setiap regulasi pendidikan menetapkan proses pemantauan dan evaluasi untuk memastikan pemahaman, dan kepatuhan terhadap, kebijakan keamanan online.
  • Manfaat Literasi Digital di Dunia Pendidikan : Begitu pentingnya literasi digital dalam dunia pendidikan. Bahwasannya literasi digital yang digaung-gaungkan tersebut memang memiliki sejumlah manfaat yang akan sangat baik jika diterapkan.
  • Mendukung Kemajuan Pendidikan : Salah satu alasan pertama mengapa keterampilan literasi digital penting adalah karena meningkatnya penggunaan teknologi dalam pendidikan. Penggunaan teknologi sebagai alat pembelajaran telah berkembang dalam 15 tahun terakhir, dengan platform teknologi seperti komputer, tablet, dan internet menjadi semakin menonjol di sekolah dan universitas.
    Siswa dengan keterampilan literasi digital akan lebih nyaman dan percaya diri dalam platform pembelajaran ini, sementara mereka yang tidak memiliki keterampilan literasi digital mungkin kemajuannya terhalang oleh ketidakmampuan atau kurangnya kepercayaan diri dalam menavigasi teknologi terkait.
    Selain itu, dengan sebagian besar penilaian negara standar yang dikelola secara online, semakin penting bahwa siswa memiliki kepercayaan diri untuk fokus pada materi yang dipertanyakan daripada diperlambat atau terganggu dengan menggunakan teknologi untuk ujian.
  • Tingkatkan Keamanan Online
    Risiko online sangat kompleks dan selalu berubah, dengan individu atau kelompok jahat terus menemukan dan menciptakan cara baru untuk memanfaatkan orang lain. Meskipun literasi digital tidak dapat mencegah siswa menghadapi tantangan keamanan online, literasi digital dapat memberdayakan mereka dengan pengetahuan, alat, proses, dan sumber daya penting untuk membantu melindungi keamanan dan privasi mereka sebanyak mungkin.
  • Memahami Tanggung Jawab Digital
    Seiring dengan keamanan online, literasi digital juga mengajarkan tanggung jawab digital, yaitu kemampuan untuk mengkonsumsi dan mengkomunikasikan informasi secara etis secara online. Peningkatan ketergantungan teknologi menghadapkan siswa pada tantangan yang terkait dengan hak cipta dan plagiarisme, cyberbullying, memeriksa sumber informasi, dan berinteraksi secara bertanggung jawab dengan orang lain. Keterampilan literasi digital membantu siswa menguasai kemampuan mereka untuk memahami dan menavigasi tantangan ini secara efektif, menjadikan mereka warga digital yang lebih bertanggung jawab.
  • Meningkatkan Peluang Sosial
    Entah suka atau tidak, semakin banyak interaksi sosial terjadi secara online. Di satu sisi, literasi digital berperan untuk dapat bersosialisasi dengan orang-orang di luar wilayah terdekat Anda. Di mana persahabatan dan bahkan hubungan keluarga dulu bergantung pada komunikasi yang lambat, penggunaan teknologi menghilangkan hambatan lokasi dalam hal sosialisasi.
    Namun, dunia peluang sosial yang terbuka ini juga menghadapkan orang-orang – terutama kaum muda – pada skenario sosial yang berbahaya. Menguasai keterampilan literasi digital memungkinkan siswa untuk terhubung dengan orang lain secara online sambil melindungi informasi dan keamanan mereka.
  • Meningkatkan Kesetaraan Digital
    Kesetaraan digital juga membantu menjembatani kesenjangan digital. Bahkan dengan berkembangnya teknologi di rumah tangga dan lembaga pendidikan, masih ada jumlah pekerja minoritas yang tidak proporsional dengan keterampilan literasi digital yang terbatas.
    Dengan menjadikan literasi digital sebagai prioritas dalam pendidikan, institusi dapat membantu meningkatkan literasi digital di antara kelompok yang kurang terwakili, membantu meningkatkan keterampilan para siswa ini sehingga mereka dapat meningkatkan peluang karir di masa depan.
  • Mendukung Keterampilan Seumur Hidup
    Sementara teknologi selalu berubah, yayasan literasi digital memberdayakan siswa dengan pengetahuan dan keterampilan dasar yang dapat diterapkan pada berbagai jenis teknologi sekarang maupun di masa depan. Misalnya, mempelajari konsep dasar seperti input/output, operasi aplikasi, membedakan perangkat keras dan cara menggunakannya, dll., Dapat memberikan pengetahuan dasar yang dapat ditransfer yang dapat diterapkan pada teknologi baru dan yang sedang berkembang.

Kedepannya, siswa harus menghadapi tantangan dan ancaman yang datang karena teknologi digital. Meskipun pendidik mengekspos dan mempersiapkan mereka untuk itu ataupun tidak. Tentunya lebih baik menanamkan literasi digital yang mereka butuhkan untuk tetap aman dan berkembang.


Penyunting: Putra

0

0

Komentar (0)

-Komentar belum tersedia-

Buat Akun Gratis di Guru Inovatif
Ayo buat akun Guru Inovatif secara gratis, ikuti pelatihan dan event secara gratis dan dapatkan sertifikat ber JP yang akan membantu Anda untuk kenaikan pangkat di tempat kerja.
Daftar Akun Gratis

Artikel Terkait

Revitalisasi Pendidikan: Literasi Digital sebagai Kunci Kesuksesan di Era Digital
2 min
Generasi Emas Indonesia Bukan Fatamorgana
Fasilitasi Kebutuhan Belajar Peserta Didik untuk Memaksimalkan Potensi Dirinya

Khairani Lutfiana

May 20, 2024
4 min
Tips Menulis Kreatif bagi Pemula!
2 min
Mewujudkan Indonesia Emas 2045 Melalui Penerapan P5 Wirausaha “Market Day” Sejak Dini
3 min
Bahagiakan Jiwamu, Wahai Guru!

Ummu Madinah

Nov 29, 2023
2 min

Guru Inovatif

Jam operasional Customer Service

06.00 - 18.00 WIB

Kursus Webinar