Tentang Menjadi Seorang Guru Trainer: Menggali Potensi dan Persiapannya - Guruinovatif.id: Platform Online Learning Bersertifikat untuk Guru

Diterbitkan 05 Agu 2023

Tentang Menjadi Seorang Guru Trainer: Menggali Potensi dan Persiapannya

Temukan bagaimana seorang guru mampu menjelma menjadi seorang trainer yang sukses. Pelajari persiapan kunci dan keterampilan yang diperlukan untuk menjembatani peran ini dengan lancar.

Pelatihan Guru

Event Guru Inovatif

Kunjungi Profile
1368x
Bagikan

Di dunia pendidikan yang semakin dinamis, pertanyaan seputar apakah seorang guru dapat menjadi seorang trainer sering muncul. Memang, profesi guru dan trainer memiliki perbedaan, namun ada potensi besar bagi seorang guru untuk mengembangkan diri dan menjalankan peran ganda ini dengan sukses.

7 Hal Yang Perlu Disiapkan Calon Trainer Guru

Mari kita telaah hal-hal yang perlu dipersiapkan untuk calon trainer yang ingin menjembatani peran ini dengan harmoni.

1. Pemahaman Mendalam tentang Materi dan Pembelajaran

Seorang guru yang ingin menjadi seorang trainer perlu memiliki pemahaman yang mendalam tentang materi yang diajarkannya. Di samping itu, memahami berbagai pendekatan pembelajaran dan strategi pengajaran adalah penting. Calon trainer perlu mampu merancang sesi pelatihan yang tidak hanya informatif, tetapi juga interaktif dan menarik.

2. Kemampuan Komunikasi yang Luar Biasa

Seorang trainer harus mampu berkomunikasi dengan jelas dan efektif. Di sinilah kemampuan komunikasi seorang guru menjadi berharga. Namun, sebagai trainer, kemampuan komunikasi perlu lebih dipoles. Menggunakan bahasa yang variatif, penyampaian yang tegas, dan memanfaatkan alat bantu visual secara optimal dapat meningkatkan daya serap peserta pelatihan.

3. Adaptabilitas dan Fleksibilitas

Kehadiran seorang guru trainer dihadapkan pada beragam kelompok peserta. Dari siswa hingga profesional, mampu beradaptasi dengan audiens yang berbeda adalah kunci. Calon trainer perlu mempersiapkan diri untuk menyusun konten pelatihan yang relevan dan menyesuaikan gaya pengajaran sesuai dengan kebutuhan peserta.

4. Kemampuan Mengelola Kelas dan Pengelolaan Waktu

Kemampuan mengelola kelas dan waktu adalah pondasi penting bagi seorang guru. Namun, sebagai trainer, aspek ini bisa lebih kompleks. Menjaga disiplin peserta, menjawab pertanyaan dengan sigap, dan tetap mengikuti jadwal pelatihan memerlukan ketelitian yang tinggi.

5. Penguasaan Teknologi dan Platform Pembelajaran

Di era digital, penguasaan teknologi menjadi makin penting. Seorang calon trainer perlu memahami berbagai platform pembelajaran online, alat bantu virtual, dan penggunaan media dalam konteks pelatihan. Kreativitas dalam memanfaatkan teknologi dapat membuat sesi pelatihan menjadi lebih menarik dan interaktif.

6. Kepekaan terhadap Kebutuhan Peserta

Seorang guru cenderung lebih fokus pada aspek akademis. Namun, sebagai trainer, perhatian terhadap kebutuhan holistik peserta menjadi krusial. Mengetahui harapan, kekhawatiran, dan ekspektasi peserta dapat membentuk pengalaman pelatihan yang lebih berharga.

7. Pengembangan Diri Berkelanjutan

Berpindah peran dari guru menjadi trainer adalah sebuah perjalanan. Calon trainer perlu memiliki niat untuk terus belajar dan mengembangkan diri. Mengikuti pelatihan terkait pengembangan keterampilan trainer, membaca buku tentang strategi pelatihan, dan terlibat dalam komunitas profesional dapat mengasah kompetensi sebagai trainer.

Kesimpulan

Berdasarkan perbincangan di atas, menjadi seorang guru dan trainer bukanlah perpaduan yang mustahil. Calon trainer perlu mempersiapkan diri dengan pemahaman mendalam tentang materi, kemampuan komunikasi yang superior, adaptabilitas, manajemen kelas yang baik, penguasaan teknologi, dan fokus pada kebutuhan peserta. Pengembangan diri terus-menerus juga adalah elemen penting dalam perjalanan ini. Dengan hal-hal yang perlu dipersiapkan untuk calon trainer, peran ganda ini bisa memberikan dampak yang positif dalam dunia pendidikan dan pengembangan personal.

Bedah tuntas topik dan kurikulum pelatihan beserta tips & trik menjadi seorang trainer dalam webinar Introduction to Learning and Teaching Process. GRATIS!


Penulis: Eka | Penyunting: Putra

0

0

Komentar (0)

-Komentar belum tersedia-

Buat Akun Gratis di Guru Inovatif
Ayo buat akun Guru Inovatif secara gratis, ikuti pelatihan dan event secara gratis dan dapatkan sertifikat ber JP yang akan membantu Anda untuk kenaikan pangkat di tempat kerja.
Daftar Akun Gratis

Artikel Terkait

Kupas Tuntas Strategi Persiapan Tugas Akhir untuk Mahasiswa
2 min
Pemanfaatan Artificial Intelligence (AI) sebagai Asisten Guru dalam Peningkatan Literasi Digital di Era 4.0

ASRI PUJIHASTUTI

Sep 10, 2023
5 min
70 Kepala Sekolah di Yogyakarta Menghadiri Pelatihan School Leader Gathering Executive dari GuruInovatif.id
2 min
Manfaat IHT untuk Guru dan Sekolah
1 min
Webinar Gratis "Belajar UI/UX bagi Pemula" Sebagai Penunjang Pendidikan di Era Digital
1 min
GI Class #85: Perangi Perundungan di Sekolah "Stop Bullying”
3 min

Guru Inovatif

Jam operasional Customer Service

06.00 - 18.00 WIB

Kursus Webinar