Rahasia Sukses Guru Abad 21: Wajib Ketahui 5 Kompetensi Penting Ini! - Guruinovatif.id: Platform Online Learning Bersertifikat untuk Guru

Diterbitkan 04 Mar 2024

Rahasia Sukses Guru Abad 21: Wajib Ketahui 5 Kompetensi Penting Ini!

Pemerintah Indonesia mendorong pengembangan kompetensi guru di era digital melalui Kurikulum Merdeka. Apa saja kopetensi yang harus dimiliki seorang guru? Untuk menghadapi tantangan abad 21 ini, GuruInovatif menjadi solusi dengan menyediakan sumber daya dan pelatihan untuk Bapak dan Ibu guru.

Seputar Guru

Redaksi Guru Inovatif

Kunjungi Profile
840x
Bagikan

Pendidikan di era digital saat ini dihadapkan pada tantangan besar karena karakter dan kebutuhan siswa generasi sekarang yang sangat berbeda dengan generasi sebelumnya. Salah satu ciri khas yang mencolok dari siswa saat ini adalah kecakapan dalam teknologi digital. Mereka sangat tertarik dengan segala hal yang berhubungan dengan teknologi dan dunia digital.

Sebagai seorang pendidik yang bertanggung jawab atas perkembangan siswa generasi ini, penting untuk terus meningkatkan kompetensi agar tetap relevan dan mampu memenuhi kebutuhan siswa.

Dalam hal ini guru harus tau apa saja yang perlu dimiliki untuk bisa memberikan terobosan baru di bidang pendidikan. Yuk simak baik-baik artikel ini Bapak dan Ibu!

Pembelajaran di Abad 21

Di zaman yang semakin digital ini, guru perlu mengembangkan diri. Hal ini untuk mengatasi tantangan baru dalam dunia pendidikan. Salah satu tren utama dalam pengembangan guru adalah pendekatan yang menekankan kolaborasi dan interaksi antar teknologi dan pendidikan. Program-program pengembangan yang didukung dengan kolaborasi sangat penting. Hal ini perlu dilaksanakan dan direncanakan dengan baik sangat penting untuk menjawab kebutuhan di dunia pendidikan.

Baca juga:
Menguatkan Fondasi Pendidikan di Abad 21 Melalui Empat Pilar Belajar

Penting bagi guru untuk fokus pada efektivitas pembelajaran. Hal ini mencakup pengembangan kepemimpinan guru dan penggunaan metode pembelajaran yang relevan dengan kegiatan sehari-hari di kelas. Strategi pembelajaran yang menekankan konteks sekolah membantu guru merasa lebih terhubung dan terbuka dalam belajar. Program pengembangan yang berpusat di sekolah juga memberikan manfaat besar bagi guru, termasuk peningkatan kemampuan mereka dalam merancang pembelajaran yang bermakna dan sesuai dengan kebutuhan siswa.

Apa Saja Kompetensi Guru di Abad 21?

Seiring dengan perkembangan teknologi dan dinamika masyarakat modern, peran seorang guru tidak lagi terbatas pada penyampaian materi pelajaran saja. Di era abad 21, guru perlu mengembangkan berbagai kompetensi supaya menghadapi tantangan baru dalam dunia pendidikan. Berikut adalah beberapa kompetensi yang menjadi kunci dalam menanggapi perubahan zaman dan kebutuhan siswa masa kini:

1. Kompetensi pedagogik (menguasai bahan ajaran)

Kemampuan guru dalam merancang dan melaksanakan proses pembelajaran yang efektif sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik siswa. Ini mencakup pemahaman tentang berbagai strategi pembelajaran, evaluasi hasil belajar, serta kemampuan untuk mengadaptasi metode pembelajaran sesuai dengan perkembangan teknologi dan tren pendidikan terkini.

2. Kompetensi kepribadian

Meliputi aspek kepribadian dan profesionalisme guru dalam berinteraksi dengan siswa, orang tua, dan rekan kerja. Hal ini mencakup kemampuan komunikasi yang baik, empati, integritas, serta sikap profesional dalam menjalankan tugasnya sebagai pendidik.

3. Kompetensi profesional

Mengacu pada pemahaman dan penguasaan guru terhadap isi kurikulum, materi pelajaran, serta perkembangan terbaru dalam bidang pendidikan. Guru perlu terus mengembangkan diri melalui pelatihan, workshop, dan literatur pendidikan guna meningkatkan kompetensi profesional mereka.

Baca juga:
Penguatan Literasi Digital Melalui Inovasi Teknologi Pendidikan

4. Kompetensi sosial

Kemampuan guru dalam berinteraksi secara efektif dengan beragam individu dan kelompok dalam lingkungan sekolah dan masyarakat. Ini mencakup kemampuan untuk membangun hubungan yang baik dengan siswa, orang tua, staf sekolah, serta kolaborasi dengan pihak terkait dalam meningkatkan mutu pendidikan.

5. Kompetensi teknologi

Menyadari pentingnya teknologi dalam proses pembelajaran, guru perlu memiliki kemampuan menggunakan dan mengintegrasikan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dalam kegiatan pembelajaran. Ini mencakup penggunaan perangkat lunak, aplikasi, media digital, serta keterampilan dalam mengelola dan mengevaluasi sumber daya digital untuk mendukung pembelajaran yang interaktif dan inovatif.

Rahasia Sukses Guru Abad 21: Wajib Ketahui 5 Kompetensi Penting Ini!
Ilustrasi pembelajaran di abad 21 (Gambar: Pexels/Diva Plavaguna)

Apakah Indonesia Sudah Menerapkan?

Pemerintah Indonesia telah memahami pentingnya mengintegrasikan teknologi dalam pendidikan untuk menghadapi tantangan abad 21. Salah satu langkah konkret yang diambil adalah dengan merancang Kurikulum Merdeka, yang menempatkan penekanan pada pembelajaran adaptif dan responsif terhadap kebutuhan siswa masa kini. Melalui kurikulum ini, guru didorong untuk memanfaatkan teknologi dalam proses pembelajaran, sehingga memberikan pengalaman belajar yang lebih dinamis dan relevan dengan zaman. Namun, pengembangan kompetensi guru dalam mengadopsi teknologi menjadi kunci dalam kesuksesan implementasi Kurikulum Merdeka ini.

Dalam rangka mendukung pengembangan kompetensi guru, platform online seperti GuruInovatif.id telah hadir sebagai solusi yang sangat membantu. GuruInovatif.id menyediakan beragam sumber daya dan pelatihan bagi guru, mulai dari panduan penggunaan teknologi dalam pembelajaran hingga konten-konten edukatif terkini. Dengan akses yang mudah dan beragamnya materi yang disediakan, guru dapat terus mengembangkan keterampilan digital mereka sehingga mampu menghadapi tantangan pendidikan abad 21 dengan lebih siap dan percaya diri. Dengan demikian, Kurikulum Merdeka bersama dengan dukungan dari platform GuruInovatif membawa harapan baru bagi kemajuan pendidikan di Indonesia menuju era digital yang lebih inklusif dan inovatif.

Course GuruInovatif

Referensi:
Guru profesional abad 21
Kompetensi Guru Abad 21 Ini Harus Dimiliki di Era Digital
Kompetensi Guru yang Unggur Sebagai Solusi Pendidikan Abad 21


Penulis: Francois Rynasher Mamarimbing | Penyunting: Putra

0

0

Komentar (0)

-Komentar belum tersedia-

Buat Akun Gratis di Guru Inovatif
Ayo buat akun Guru Inovatif secara gratis, ikuti pelatihan dan event secara gratis dan dapatkan sertifikat ber JP yang akan membantu Anda untuk kenaikan pangkat di tempat kerja.
Daftar Akun Gratis

Artikel Terkait

Kesehatan Mental Guru Kunci Kualitas Pendidikan Masa Kini

Sri Kartini

Dec 19, 2023
3 min
Jangan Membuat Mental Guru Terjegal

Dwi Rahayu, S.Pd.

Nov 30, 2023
3 min
4E STRATEGI MENJAGA KESEHATAN MENTAL GURU
2 min
Pentingnya Guru Menengok ke Bawah, Sawah, dan Lembah

Rozi Ahdar

Dec 08, 2023
2 min
10 Teknik Mendisiplinkan Peserta Didik
2 min

Guru Inovatif

Jam operasional Customer Service

06.00 - 18.00 WIB

Kursus Webinar