Perkembangan Teknologi Semakin Pesat! Anda Harus Tahu Tentang Ini! - Guruinovatif.id: Platform Online Learning Bersertifikat untuk Guru

Diterbitkan 05 Mar 2024

Perkembangan Teknologi Semakin Pesat! Anda Harus Tahu Tentang Ini!

Perkembangan teknologi yang semakin maju harus diimbangi dengan literasi yang baik. Hal ini supaya ketimpangan antara manusia dan teknologi tidak besar. Oleh karena itu, artikel ini sangat membantu pandangan baru mengenai dunia digital di bidang pendidikan.

Dunia Pendidikan

Redaksi Guru Inovatif

Kunjungi Profile
182x
Bagikan

Dalam memahami peran teknologi dibutuhkan pendidikan yang baik sebagai langkah awal untuk menyiapkan siswa di era digital. Literasi digital menjadi sangat penting karena dapat membimbing siswa memasuki dunia teknologi yang semakin maju. Hal ini memungkinkan siswa memandang matematika dan seni gambar sebagai aktivitas yang menyenangkan, seperti permainan praktis, kompetisi, dan latihan. Melalui penguasaan literasi digital yang kerap digunakan untuk kehiduan sehari-hari. Oleh karena itu, memperoleh keterampilan digital menjadi hal yang penting untuk meningkatkan kualitas oengajaran dan mempersiapkan siswa untuk menyiapkan karir di masa depan yang semakin digital. Simak baik-baik ya dalam topik kali ini!

Apa itu Literasi Digital?

Literasi digital merupakan kemampuan untuk menggunakan, memahami, dan mengevaluasi secara efektif dalam dunia digital. Ini tidak hanya mencakup keterampilan teknis seperti mengoperasi perangkat lunak dan perangkat keras, tetapi juga kemampuan untuk memahami informasi secara kritis, menafsirkan data, dan menggunakan media digital dengan bijaksana.

Di era digital ini, teknologi masuk hampir di setiap aspek kehidupan, termasuk dalam pembelajaran, literasi digital membantu dan siswa memanfaatkan teknologi secara ptimal dalam proses pembelajaran. Untuk mendukung guru dalam mengembangkan keterampilan literasi digital mereka, platform daring seperti GuruInovatif.id hadir dengan berbagai kursus online, panduan praktis, dan sumber daya pembelajaran lainnya. Melalui akses ke sumber daya ini, guru dapat meningkatkan pemahaman dan keterampilan mereka dalam menggunakan media pembelajaran digital.

Baca juga:
4 Aplikasi Terbaik Gratis Untuk Mengajar Secara Online Buat Guru di Indonesia

GuruInovatif.id tidak hanya menjadi tempat untuk memperoleh pengetahuan baru, tetapi juga menjadi wadah bagi para pendidik untuk berbagai pengalaman dan praktif terbaik dalam penerapan teknologi pembelaran, seperti online course dan event. Selain itu, kehadiran GuruInovatif.id memberikan dorongan yang sangat dibutuhkan bagi guru untuk terus memperbaharui dan meningkatkan keterampilan literasi digital mereka.

Manfaat Literasi Digital untuk Pendidikan Indonesia

Dalam era di mana teknologi digital semakin meresap ke dalam berbagai aspek kehidupan, literasi digital menjadi sangat penting, terutama dalam konteks pendidikan. Literasi digital tidak hanya tentang kemampuan menggunakan perangkat lunak atau perangkat keras komputer, tetapi juga tentang kemampuan memahami, mengevaluasi, dan menggunakan informasi digital dengan bijak. Dalam konteks pendidikan, literasi digital memiliki beberapa manfaat yang signifikan. Berikut ini adalah beberapa manfaat penting literasi digital untuk pendidikan:

1. Meningkatkan aksesibilitas dan fleksibilitas pembelajaran

Dengan literasi digital, siswa dapat mengakses berbagai sumber belajar secara online dari mana saja dan kapan saja. Ini memungkinkan pembelajaran berlangsung secara fleksibel, sesuai dengan kebutuhan individu dan tanpa terbatas oleh batasan geografis atau waktu.

Baca juga:
Menggali Potensi Penguatan Literasi Digital Bagi Siswa dan Guru Melalui Aplikasi SIRI

2. Memperluas jangkauan materi pembelajaran

Literasi digital membuka pintu bagi beragam materi pembelajaran dalam berbagai format, seperti teks, gambar, audio, video, dan interaktif. Hal ini memungkinkan guru untuk menyajikan informasi dengan cara yang lebih menarik dan mudah dipahami oleh siswa, sehingga meningkatkan daya serap dan retensi informasi.

3. Mendorong keterlibatan aktif dan kreativitas

Dengan literasi digital, siswa tidak hanya menjadi konsumen pasif informasi, tetapi juga produsen konten kreatif mereka sendiri. Mereka dapat menggunakan berbagai alat digital untuk membuat proyek-proyek multimedia, presentasi, atau karya-karya seni digital yang memperkaya pembelajaran dan memungkinkan ekspresi kreativitas mereka.

4. Mengembangkan keterampilan yang relevan untuk masa depan

Di era di mana teknologi digital semakin mendominasi kehidupan dan dunia kerja, keterampilan literasi digital menjadi sangat berharga. Melalui pembelajaran dengan teknologi digital, siswa dapat mengembangkan keterampilan seperti pemecahan masalah, kritis berpikir, kolaborasi, komunikasi, dan kecakapan teknologi yang akan sangat berguna bagi masa depan mereka dalam karir dan kehidupan sehari-hari.

Perkembangan Teknologi Semakin Pesat! Anda Harus Tahu Literasi Tentang Literasi Ini!
Ilustrasi pembelajaran literasi digital

Literasi Digital Melalui Kurikulum Merdeka

Pemerintah Indonesia tengah mengambil langkah serius dalam mendorong literasi digital di kalangan siswa dan guru melalui implementasi Kurikulum Merdeka. Dengan menanamkan literasi digital ke dalam kurikulum, guru diberi keleluasaan untuk memilih media pembelajaran digital yang sesuai dengan kebutuhan dan minat siswa. Ini membuka pintu bagi penggunaan berbagai aplikasi dan teknologi dalam proses pembelajaran, seperti yang dibahas dalam artikel-artikel di Guru Inovatif. Yuk baca artikel GuruInovatif.id

Dengan menerapkan literasi digital melalui Kurikulum Merdeka dan memanfaatkan beragam aplikasi serta teknologi pendidikan, harapannya adalah siswa dan guru dapat lebih siap menghadapi tantangan dan peluang era digital. Kolaborasi antara pemerintah, guru, dan platform pendidikan online seperti GuruInovatif.id menjadi kunci dalam membangun ekosistem pendidikan yang inklusif dan berbasis teknologi di Indonesia. Di tengah dorongan untuk pendidikan yang berbasis teknologi, penting bagi guru untuk memahami dan menguasai teknologi dengan baik agar dapat memberikan pembelajaran yang relevan, interaktif, dan efektif bagi generasi penerus di era digital.

Referensi:
Acceptance of Digital Technologies Worldwide - Digital Literacy is Key
Literasi Digital Jadi Kunci Pemanfaatan Teknologi
Pentingnya Menguatkan Resiliensi dan Literasi Digital di Era Perkembangan Teknologi
Tantangan dalam Meningkatkan Literasi Digital


Penulis: Francois Rynasher Mamarimbing | Penyunting; Putra

0

0

Komentar (0)

-Komentar belum tersedia-

Buat Akun Gratis di Guru Inovatif
Ayo buat akun Guru Inovatif secara gratis, ikuti pelatihan dan event secara gratis dan dapatkan sertifikat ber JP yang akan membantu Anda untuk kenaikan pangkat di tempat kerja.
Daftar Akun Gratis

Artikel Terkait

Kurikulum Merdeka: Membangun Generasi Indonesia Emas 2045
3 min
Penguatan Literasi Digital bagi Siswa dan Guru Melalui Platform Digital

SRIAGUNGGB

Sep 06, 2023
5 min
PENGUATAN LITERASI MELALUI PLATFORM DIGITAL
Bentuk Kekerasan di Sekolah dan Dampaknya pada Anak-Anak
4 min
PEMANFAATAN OFFICE 365 DALAM PEMBELAJARAN
KURMER DALAM PEMBELAJARAN PRAKARYA DAN SENI, HASILKAN CUAN DAN WUJUDKAN GENERASI INDONESIA EMAS

Guru Inovatif

Jam operasional Customer Service

06.00 - 18.00 WIB