4 Aplikasi Terbaik Gratis Untuk Mengajar Secara Online Buat Guru di Indonesia - Guruinovatif.id: Platform Online Learning Bersertifikat untuk Guru

Diterbitkan 15 Sep 2023

4 Aplikasi Terbaik Gratis Untuk Mengajar Secara Online Buat Guru di Indonesia

Tips Kumpulan Aplikasi Terbaik dan Gratis Untuk Kegiatan Belajar-Mengajar Sekolah Secara Online

Seputar Guru

ROMI SAPUTRA

Kunjungi Profile
2021x
Bagikan

Musim sekolah secara offline sudah mulai tiba, namun beberapa hari ini kita di perlihatkan keadaan udara ataupun polusi terutama kota besar seperti Jakarta sedang tidak baik. 

Akibatnya beberapa sekolah di liburkan dan di ganti dengan metode pembelajaran online untuk beberapa hari saja.

city skyline under white sky during daytime

(Foto oleh Amir Hosseini dari Unsplash)

Dengan mempertimbangkan keselamatan siswa dan pengajar, sebagian besar sekolah di seluruh Indonesia  telah mengubah kurikulum mereka untuk memasukkan berbagai metode pengajaran alternatif sebagai tambahan atau sebagai pengganti kelas tatap muka yaitu daring atau mengadakan belajar secara online.

Salah satu aplikasi yang telah menjadi kebutuhan dasar bagi hampir semua instruktur adalah video conference online yang gratis dan bagus. Sekolah di seluruh Indonesia menawarkan beberapa platform terbaik kepada guru ataupun dosen. 

Namun dengan begitu banyak pilihan aplikasi yang dapat dipilih, mungkin sulit untuk memutuskan aplikasi apa yang gratis agar dapat memenuhi kebutuhan Anda sebagai pengajar. 

Seorang guru yang mencoba mencari platform yang tepat untuk siswa mereka agar kegiatan belajar-mengajar tetap berjalan lancer, berikut 4 aplikasi terbaik yang dapat di gunakan secara gratis untuk kegiatan belajar-mengajar.

1. Zoom

(Foto halaman depan website dari zoom.us/id)

Zoom telah menjadi salah satu platform video online konferensi terbaik yang digunakan oleh sekolah-sekolah di dunia maupun Indonesia. Termasuk kampus terkenal seperti UC Berkeley, Universitas Arizona, Universitas Pittsburgh, Princeton tempat Jeff Bezos belajar, dan banyak lagi untuk menyelenggarakan kelas pembelajaran online karena beberapa alasan.

Tim Zoom telah melakukan banyak pembaruan pada perangkat lunak mereka dalam hal keamanan dalam beberapa bulan terakhir untuk memastikan pengalaman pembelajaran online yang aman dan terjamin bagi semua orang. 

Mereka juga dikenal sebagai platform yang paling ramah pengguna dan mereka juga telah menghasilkan sejumlah sumber daya untuk guru yang baru menggunakan konferensi video. 

Para guru di Indonesia sebagian besar memanfaatkan Zoom sebagai alat konferensi video untuk menyelenggarakan kelas pembelajaran jarak jauh atau jam kerja virtual dengan siswa. 

2. Microsoft Teams

(Foto halaman website dari microsoft.com/id-id/microsoft-teams/log-in)

Aplikasi gratis teratas lainnya yang telah dipilih oleh banyak institusi pendidikan di dunia seperti Univeritas Texas, Univeritas Denver, Univeritas  Baylo, dan Univeritas Miami bahkan Universitas Indonesia adalah Microsoft Teams. 

Microsoft Teams adalah alat video konferensi online yang tidak terbatas pada panggilan video saja. 

Platform ini menawarkan opsi kolaborasi yang bagus termasuk berbagi file, obrolan, penyimpanan, dan banyak lagi. 

Para guru di dunia bahkan di Indonesia dapat memilih platform ini sebagai cara mudah untuk mengobrol dengan siswa, mengadakan jam kerja virtual, dan melakukan panggilan konferensi yang sebagian besar dilakukan dalam kelompok yang lebih kecil. 

Mereka juga menawarkan versi perangkat lunak yang premium, tetapi versi gratisnya menawarkan banyak fitur juga untuk siswa dan guru.

3. Google Class Meet

(Foto halaman website dari meet.google.com/landing)

Google Meet (sebelumnya bernama Google Hangout) adalah perangkat lunak lain yang dipilih para pendidik untuk di gunakan di sekolah maupun universitas. 

Banyak sekolah di dunia seperti Carnegie Mellon, Chapman, UC Riverside, Universitas Boston, Universitas Indonesia, Universitas Gajah Mada menggunakan aplikasi ini dan memberi siswa maupaun mahasiswa akses mudah ke konferensi video online dalam satu platform.

4. Webex

(Foto halaman website dari webex.com)

Opsi terakhir adalah platform Webex Cisco. Webex lebih umum digunakan untuk rapat konferensi video online dari perusahaan dan kegiatan bisnis, tetapi Webex juga telah merambah ke bidang pendidikan sebagai alat pembelajaran jarak jauh lainnya.

Banyak guru di sekolah maupun universitas internasional seperti Universitas Georgia, Universitas Purdue, Universitas Rutgers beralih ke Webex karena keamanannya lebih baik dari aplikasi lain. 

Itulah 4 aplikasi terbaik untuk mengajar online secara gratis buat guru maupun dosen, di harapkan dengan berbagai kemudahan dan aplikasi gratis tersebut, dapat memudahkan kegiatan belajar-mengajar di sekolah maupun kampus secara daring.


Penyunting: Putra

0

0

Komentar (0)

-Komentar belum tersedia-

Buat Akun Gratis di Guru Inovatif
Ayo buat akun Guru Inovatif secara gratis, ikuti pelatihan dan event secara gratis dan dapatkan sertifikat ber JP yang akan membantu Anda untuk kenaikan pangkat di tempat kerja.
Daftar Akun Gratis

Artikel Terkait

Kupas Singkat Mengenai Kurikulum Merdeka
4 min
Guru Wajib Tahu Empat Keterampilan di Era Industri 4.0
3 min
Cara Mudah Mengkomunikasikan Pembelajaran kepada Murid
KESEHATAN MENTAL GURU : ASPEK PENTING YANG SERING TERABAIKAN

MUHAMMAD MAIL

Dec 01, 2023
9 min
Clasroom Management, Solusi Terciptanya Suana Kelas yang Kondusif dan Harmonis
4 min

Guru Inovatif

Jam operasional Customer Service

06.00 - 18.00 WIB