Peran positif AI dalam menjaga kesehatan mental guru menghadapi Era Society 5.0 - Guruinovatif.id: Platform Online Learning Bersertifikat untuk Guru

Diterbitkan 30 Nov 2023

Peran positif AI dalam menjaga kesehatan mental guru menghadapi Era Society 5.0

Penggunaan Artificial Intelligence (AI) dalam dunia pendidikan sudah sering digunakan. Hal tersebut diharapkan dapat membantu menjaga kesehatan mental guru dalam menghadapi era society 5.0

Seputar Guru

Dita Pratiwi

Kunjungi Profile
385x
Bagikan

Era Society 5.0 merupakan konsep masyarakat yang berpusat pada kemajuan teknologi, hal ini dapat kita lihat pada pesatnya perkembangan Artificial Intelligence (AI) yang sudah menyebar ke segala aspek. Di era ini, seluruh lapisan masyarakat dituntut untuk menguasai teknologi secara cepat dan tepat.

Di bidang pendidikan, AI dapat dikatakan sudah mampu untuk memberikan kemudahan guru dalam menyelesaikan tugasnya. Munculnya AI memberikan dampak positif terhadap kesehatan mental guru, banyak kemudahan yang dirasakan guru dalam pembuatan konten maupun media pembelajaran yang inovatif dan kreatif. Administrasi pembelajaran juga dapat dikerjakan dalam waktu singkat dan memuat materi ajar yang lengkap sesuai dengan kebutuhan peserta didik.

Guru dapat menggunakan AI dimana saja, melalui Laptop maupun Smartphone. Banyak juga guru yang bertransformasi menjadi seorang Content Creator di bidang pendidikan, memanfaatkan AI untuk mengedit video, membuat bahan konten, maupun menulis narasi dengan topik bahasan yang sedang trending serta menarik perhatian. Menjadi seorang content creator tentu juga dapat memberikan dampak positif kepada orang sekitar maupun diri sendiri. Banyak orang yang akan termotivasi dengan karya yang dibuat, di sisi lain, menjadi seorang content creator juga mendapat penghasilan, mereka akan mendapatkan bayaran atas konten yang sudah dibuat.

Sementara itu, tantangan yang dihadapi guru saat ini adalah mengusahakan diri untuk melek teknologi. Banyaknya kegiatan yang harus diikuti seperti Lokakarya, Workshop maupun Bimtek yang mengharuskan guru untuk menguasai berbagai jenis Aplikasi baru yang masih asing bagi mereka. Tidak sedikit guru yang hampir memasuki masa purna enggan untuk mempelajari teknologi atau guru yang memiliki banyak tugas tambahan sehingga tidak memiliki waktu yang cukup untuk belajar hal baru. Pemerintah sudah berupaya dalam mengembangkan soft skill guru dalam bidang Teknologi, misalnya memberikan pelatihan-pelatihan yang menunjang proses pembelajaran dengan berbasis AI, seperti pembuatan video pembelajaran, pembuatan media pembelajaran dengan Canva, dan lain-lain. Tentu hal ini akan sangat membantu guru dalam mengembangkan kompetensi yang mereka miliki.

Dengan adanya kemudahan yang diberikan oleh AI tentunya dapat memperbaiki kesehatan mental guru dalam menghadapi kegiatan belajar mengajar di sekolah menuju era society 5.0. Kesehatan mental yang akan baik berdampak pada peningkatan kreativitas dan inovasi guru dalam meningkatkan proses pembelajaran. Kesehatan mental guru merupakan hal yang penting untuk diperhatikan, akan tetapi perlu kita ketahui bahwa tidak semua perkembangan teknologi berdampak buruk terhadap kesehatan mental guru, justru banyak manfaat dan kemudahan yang dapat kita terima dari setiap perubahan zaman dan dapat menjadikan kesehatan mental guru menjadi lebih baik.


Penyunting: Putra

0

0

Komentar (0)

-Komentar belum tersedia-

Buat Akun Gratis di Guru Inovatif
Ayo buat akun Guru Inovatif secara gratis, ikuti pelatihan dan event secara gratis dan dapatkan sertifikat ber JP yang akan membantu Anda untuk kenaikan pangkat di tempat kerja.
Daftar Akun Gratis

Artikel Terkait

Sehat Jasmani, Sehat Rohani, dan Sehat Mental
“Work-Life Balance ” untuk Kesehatan Mental Guru
1 min
MERDEKA BELAJAR BERSAMA GURU SEHAT DAN BERKUALITAS MENUJU PESERTA DIDIK UNGGUL KARAKTER DAN AKADEMIK
Prinsip Cara Menyusun Modul ajar sesuai Ketentuan Kemendikbud
2 min
Tips Menjadi Guru Hebat Dalam Mempersiapkan Siswa Menghadapi Era Society 5.0
3 min
5 Tips Manajemen Waktu untuk Tenaga Pendidik yang Sibuk
2 min

Guru Inovatif

Jam operasional Customer Service

06.00 - 18.00 WIB